Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit Vertigo, Penyebab, Gejala, Bahaya, Dan Pengobatannya

Penyakit Vertigo, Penyebab, Gejala, Bahaya, Dan Pengobatannya

(19 Views) Juni 14, 2017 3:06 pm | Published by | No comment

Penyakit Vertigo, Penyebab, Gejala, Bahaya, Dan Pengobatannya

Penyakit Vertigo, Penyebab, Gejala, Bahaya, Dan Pengobatannya – Pusing mungkin merupakan perasaan yang sulit untuk dijelaskan. Kondisi pusing ini bisa digambarkan seperti kepala atau sekeliling kita mengalami putaran atau kondisi dimana tubuh seseorang tak stabil dan merasa ingin jatuh bahkan pingsan.

Penyakit Vertigo, Penyebab, Gejala, Bahaya, Dan Pengobatannya

Banyak orang yang merasa pening, sebetulnya mempunyai gejala vertigo yakni sejenis pening yang memunculkan rasa berputar atau tubuh tak seimbang. Penyakit Vertigo, Penyebab, Gejala, Bahaya, Dan Pengobatannya

Mungkin Anda merasa sedang bergerak atau berputar bahkan seolah-olah anda merasa ruangan disekitar anda bergerak atau berputar. Vertigo dapat disebabkan oleh beberapa hal yang melibatkan otak atau telinga.

Apa itu Vertigo?

Vertigo ialah suatu sensasi palsu dimana diri sendiri, lingkungan atau keduanya berputar atau bergerak, biasanya disertai dengan rasa mual serta kehilangan keseimbangan. Vertigo bisa terjadi akibat kondisi yang memengaruhi telinga dalam atau bagian otak manusia yang melibatkan keseimbangan tubuh.

  • Penyebab Vertigo

Vertigo, biasanya disebabkan adanya gangguan pada telinga bagian dalam. Gangguan tersebut akan memicu munculnya masalah mekanisme keseimbangan tubuh. Sedangkan penyebab umum lainnya antara lain :

  1. Vertigo Posisi Paroksismal Jinak atau istilahnya BBPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo) — vertigo yang dipicu oleh perubahan pada posisi kepala tertentu
  2. Migrain — sakit kepala tak tertahankan
  3. Penyakit Meniere — gangguan yang terjadi pada telinga bagian dalam
  4. Vestibular neuronitis, yakni inflamasi saraf vestibular di telinga bagian dalam
  5. Gangguan pada otak, seperti tumor
  6. Obat–obatan tertentu yang sebabkan kerusakan pada telinga
  7. Memiliki trauma atau luka dibagian kepala dan leher
  • Gejala Vertigo

Mengetahui gejala awal dapat menjadi cara penting untuk mencari penanganan yang paling tepat. Gejala ini dapat terjadi kapan saja dan dan pergi tanpa penanganan.

Berikut ini merupakan beberapa gejala awal penyakit vertigo :

  1. Sakit kepala tak tertahankan
  2. Putaran yang hebat saat kepala bergerak, goyang atau bangun tidur
  3. Muntah disertai mual yang hebat
  4. Reaksi mata yang kurang peka sebab bila ada gerakan secara mendadak maka kepala akan menjadi lebih pusing
  5. Keringat dingin
  6. Gangguan pendengaran ketika sakit kepala
  7. Pandangan kabur, semua objek tampak ganda
  8. Tubuh terasa lebih melemah dan susah untuk menjalankan aktivitas
  9. Nafsu makan berkurang, sulit sekali untuk menelan makanan
  • Bahaya Penyakit Vertigo

Apakah vertigo berbahaya? Ini salah satu pertanyaan yang paling sering diungkapkan oleh semua pengidap vertigo. Vertigo bisa sebabkan lingkungan atau hal apapun yang dilihat menjadi berputar–putar. Pengidap akan merasakan gangguan keseimbangan serius yang dapat saja terjadi dalam waktu tertentu.

Berikut merupakan sejumlah  bahaya penyakit vertigo :

√ Mengancam Nyawa

Pengidap vertigo menghadapi risiko yang lebih serius. Keadaan ini bisa terjadi saat pengidapnya sedang mengendarai kendaraan. Di mana serangan vertigo ketika sedang menyetir atau mengendarai motor bisa sebabkan menyebabkan pengidapnya alami gangguan konsentrasi. Bila keadaan ini diteruskan maka dapat mengancam nyawa pengidapnya atapun orang lain yang menggunakan  jalan tersebut.

√ Menyebabkan Penyakit Lain

Berdasarkan ahli, sebetulnya vertigo bukan termasuk ke dalam salah satu jenis penyakit tertentu, melainkan gangguan yang sebabkan vertigo dan biasanya selalu menjadi gejala awal dari sebuah penyakit tertentu yang berhubungan dengan otak dan telinga. Vertigo menjadi penyebab serius pada gejala awal tumor otak. Tumbuhnya tumor otak ini bisa berupa adanya penyebab sakit kepala yang berkelanjutan.

√ Kehilangan Pendengaran

Gangguan vertigo menjadi indikasi serius dalam gangguan pada telinga atau organ pendengaran. Infeksi terjadi di bagian dalam telinga mampu sebabkan kerusakan pada organ-organ telinga sehingga pengidapnya bisa kehilangan pendengaran secara permanen. Keadaan inilah yang harus  Anda waspadai sebagai pengidap vertigo.

√ Kehilangan Aktifitas

Pengidap vertigo memang tak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Hal ini karena serangan vertigo dapat muncul kapan saja. Ancaman tersebut menjadi keadaan serius karena pengidap vertigo dapat kehilangan pekerjaan serta masa produktif.

  • Pengobatan Vertigo

Vertigo bisa dilakukan dalam beberapa menit hingga beberapa jam. Kebanyakan, vertigo mengganggu namun hal ini bukan disebabkan oleh masalah serius. Pengobatan bertujuan untuk mengobati penyebab dasar, mengurangi gejala dan memulihkan rehabilitasi vestibular.

Pengobatan untuk gejala vertigo yang sudah parah, bisa dengan Anda menemui dokter. Dokter akan merekomendasikan obat untuk mengurangi gejala vertigo parah seperti misalnya muntah. Namun, pengobatan dengan obat biasanya tak dibutuhkan bila vertigo mereda hanya beberapa detik atau menit.

Pengobatan mungkin termasuk Antihistamin, obat anti muntah atau obat-obatan lain yang sesuai dengan kondisi pasien. Saat konsumsi obat ini Anda akan dibuat mengantuk, maka jangan dikonsumsi sebelum Anda bekerja atau berkendara. Anda hanya perlu mengambil resep obat untuk mengatasi vertigo yang parah dan harus berhenti saat gejala sudah berkurang.

Post by : jellygamatqnc.net

Penyakit Vertigo, Penyebab, Gejala, Bahaya, Dan Pengobatannya

Categorised in:

No comment for Penyakit Vertigo, Penyebab, Gejala, Bahaya, Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *