Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit Usus Buntu, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Penyakit Usus Buntu, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

(36 Views) Mei 16, 2017 3:57 pm | Published by | No comment

Penyakit Usus Buntu, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Penyakit Usus Buntu, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya – Usus buntu merupakan sebuah kantung yang terhubung pada usus penerapan dan bagian kolon yang naik dari usus besar. Pada awalnya, organ tersebut dianggap sebagai organ yang tak memiliki fungsi. Tapi saat ini sudah diketahui bahwa usus buntu berfungsi sebagai organ imunologik yang secara aktif mempunyai peran dalam sekresi immunoglobulin atau kekebalan tubuh dengan kelenjar limfoid didalamnya.

Penyakit Usus Buntu, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Biasanya, penyakit usus buntu disebabkan oleh pola makan yang tak teratur serta terlalu banyak konsumsi makanan tak sehat. Pada rentang usia 8–25 tahun, seseorang akan sangat rentan terjangkit penyakit ini.

Gejala Usus Buntu

Gejala usus buntu yang biasa dimunculkan yaitu adanya rasa nyeri di bagian perut, rasa nyeri tersebut kerap dirasakan dibagian perut kanan bawah. Ketika perut terasa sangat sakit, hal ini akan membuat pengidapnya kesulitan untuk menjalankan aktivitas sehari-harinya Sakit yang terjadi bisa berlangsung dalam kurun waktu hitungan jam, atau bahkan seharian penuh.

Gejala yang kedua yaitu adanya rasa mual bahkan muntah yang membuat pengidapnya kehilangan selera makan. Hal ini hampir serupa dengan penyakit maag atau lambung, perut terasa mual bahkan ingin muntah disertai dengan rasa sakit di bagian perut. Gejala selanjutnya yaitu tiba-tiba mengalami kesulitan saat bernapas.

Secara umum, penyakit ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa di bagian perut. Biasanya, langkah yang mereka tempuh dalam menyembuhkan usus buntu adalah dengan menjalankan operasi pembedahan. Namun bagi sebagian orang yang mempunyai ketakutan tersendiri terhadap operasi, kini sudah banyak ilmu pengetahuan yang mengatakan bahwa penyakit usus buntu bisa disembuhkan tanpa operasi.

Hal ini dapat dilakukan dengan tindakan pencegahan dan penyembuhan secara alami. Beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan yaitu :

  • Hindari makanan yang mempunyai aroma tajam seperti durian dan nangka.
  • Perbanyak konsumsi air putih.
  • Hindari minuman yang mengandung soda dan alkohol.
  • Tidak menahan buang gas (kentut).

Penyebab Usus Buntu

Pada beberapa kasus, biasanya terjadi akibat adanya suatu penyumbatan feses yang di dalamnya terkandung bakteri escherichia coli. Selain itu, mengonsumsi cabai beserta bijinya atau mengonsumsi jambu biji beserta dengan bijinya juga merupakan salah satu pemicu munculnya penyakit ini.

Hal ini dikarenakan biji-biji tersebut tidak bisa tercerna dengan baik, sehingga masuk ke saluran apendiks sebagai benda benda asing. Hal inilah yang memunculkan bakteri tumbuh dan berkembang sehingga terjadilah infeksi yang berujung pada adanya peradangan di usus buntu.

Pengobatan Usus Buntu

Mengobati usus buntu bisa dengan cara menggunakan beberapa ramuan herbal, seperti misalnya dengan meracik ramuan gula merah, kunyit, garam, dan jeruk nipis. Caranya juga sangat mudah, parut kunyit lalu ambil airnya kemudian campurkan dengan air jeruk nipis, dan tambahkan sedikit garam dan gula. Setelah itu, seduh dengan air hangat, minum dua hari sekali secara teratur sampai penyakit ini mereda.

Ramuan kedua yaitu terbuat dari buah mengkudu dan madu. Caranya, ambil perasan air buah mengkudu lalu tambahkan beberapa sendok makan madu. Minum ramuan ini secara rutin.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang penyakit usus buntu. Setelah Anda mengetahui segala hal mengenai penyakit usus buntu dan pengobatannya, maka anda dapat mulai menghindarinya dari sekarang. Semoga artikel ini bisa memperbanyak dan memperluas wawasan anda dan semoga bermanfaat.

Post by : jellygamatqnc.net

Penyakit Usus Buntu, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Categorised in:

No comment for Penyakit Usus Buntu, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *