Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit Tiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Penyakit Tiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

(26 Views) Mei 9, 2017 7:43 am | Published by | No comment

Penyakit Tiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Penyakit Tiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya – Penyakit tiroid ialah berbagai masalah atau  gangguan yang terjadi pada kelenjar tiroid. Kelenjar yang berada di bawah jakun tersebut bertugas untuk mengatur berbagai sistem metabolisme tubuh sehingga peranannya sangat penting bagi kita.

Penyakit Tiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Kinerja kelenjar tiroid dikendalikan oleh otak, saat tubuh mengalami kelebiban antara kekurangan hormon tiroid, otak akan menyerang dan merangsang kelenjar tiroid untuk menyesuaikan kinerjanya supaya kadar hormon kembali seimbang.

Penyebab Penyakit Tiroid

Jenis utama penyakit tiroid yaitu kadar hormon tiroid yang terlalu tinggi/rendah pada tubuh kita. Hal ini bisa dipicu oleh beberapa faktor yang meliputi :

  • Masalah pada kelenjar pituari diotak
  • Kelenjar tiroid yang rusak karena pajanan radiasi
  • Kadar iodin yang berlebihan pada tubuh
  • Pengaruh obat litium

Jenis-jenis Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid bisa dikategorikan kedalam beberapa jenis, diantaranya yaitu:

  • Hipotiroidisme

Hipotiroidisme yaitu kondisi terlalu rendahnya hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid sehingga tubuh mengalami defisiensi. Sering dialami oleh wanita, terlebih lansia. Mempunyai gejala umum seperti kelelahan, konstipasi, kenaikan berat badan tanpa penyebab yang jelas, kulit kering, dan lebih sensitif terhadap hawa dingin.

  • Hipertiroidisme

Bila kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid yang berlebihan pada tubuh, Anda dapat mengalami hipertiroidisme. Umumnya penyakit ini ditandai dengan detak jantung yang cepat atau tak beraturan, berat badan mengalami penurunan secara tiba-tiba meskipun nafsu makan meningkat, gugup, berkeringat, dan panik.

  • Penyakit gondok

Penyakit gondok ialah pembengkakan kelenjar tiroid yang umumnya menimbulkan benjolan di leher. Selain itu, pengidap penyakit ini juga akan mengalami perubahan suara, sulit bernafas dan menelan, serta rasa sesak di tenggorokan.

  • Nodul tiroid

Nodul tiroid yaitu benjolan padat atau berisi air yang muncul dalam kelenjar tiroid. Benjolan ini berupa kista atau tumor jinak. Nodul tiroid jarang menimbulkan gejala sehingga umumnya hanya terdeteksi saat pengidapnya melakukan pemeriksaan kesehatan umum. Akan tetapi, bila nodul tumbuh cukup besar, keadaan ini dapat menyebabkan kesulitan menelan, kesulitan bernapas, dan rasa nyeri di tenggorokan.

Bila ada tanda dan gejala di atas yang Anda rasakan, Ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan diri ke dokter agar penanganan dapat segera dilakukan.

Diagnosis Penyakit Tiroid

Proses diagnosis tiroid memerlukan beberapa tahap pemeriksaan yang sangat mendetail. Jenis pemeriksaan tersebut terdiri atas tes darah, USG, pemindaian melalui isotop radioaktif, dan biopsi dengan aspirasi jarum halus.

Tes darah yang disarankan ialah evaluasi fungsi kelenjar tiroid. Tes ini memiliki fungsi untuk mengukur kadar hormon tiroid dan thyroid-stimulating hormone (TSH) untuk memastikan keadaan hipertiroidisme atau hipotiroidisme yang diderita pasien.

Melalui USG & pemindaian isotop radioaktif, akan dilakukan deteksi ukuran dan jenis benjolan yang diderita oleh pasien. Sedangkan biopsi dengan aspirasi jarum halus bisa memungkinkan dokter untuk mengetahui jenis sel yang terdapat di dalam benjolan.

Pengobatan Penyakit Tiroid

Setelah Anda positif di diagnosis menderita penyakit tiroid, dokter akan merekomendasikan langkah pengobatan yang dapat Anda lakukan. Penentuan langkah tersebut tergantung kepada jenis penyakit tiroid yang diderita, usia, dan kondisi kesehatan pengidapnya.

Terdapat dua cara yang biasanya selalu diberikan untuk mengatasi penyakit tiroid. Langkah ini meliputi pemberian obat–obatan, terapi radioaktif dan tindakan operasi.

Obat–obatan yang diberikan mempunyai fungsi yang berbeda–beda, tergantung dari jenis penyakit tiroid yang dialami. Fungsi obat–obatan dan terapi ini umumnya untuk :

  • Menggantikan hormon tiroid pada tubuh.
  • Menghancurkan sel-sel tiroid.
  • Menurunkan produksi hormon tiroid pada tubuh.

Sementara tanda dan gejala hipertiroidisme (seperti detak jantung meningkat) juga akan diatasi dengan obat–obatan lain.

Bila dokter menyarankan operasi, jenis operasi yang akan dijalani oleh pasien umumnya yaitu proses pengangkatan kelenjar tiroid (tiroidektomi). Prosedur ini dapat dilakukan untuk mengatasi kelenjar tiroid yang membengkak atau benjolan yang ada didalamnya.

Sebagian besar, penyakit tiroid tidak membahayakan pengidapnya dan bisa dikendalikan melalui penanganan secara medis. Namun bila dibiarkan, penyakit tiroid bisa berkembang menjadi kanker tiroid yang harus segera ditangani secepat mungkin dan dengan saksama.

Post by : Jelly Gamat QnC

Penyakit Tiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Save

Categorised in:

No comment for Penyakit Tiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *