Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Alergi kulit, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Alergi kulit, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(95 Views) Mei 13, 2017 3:07 pm | Published by | No comment

Penyakit Alergi kulit, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Alergi kulit, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Penyakit alergi merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan karena reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh. Reaksi berlebihan ini ditunjukan terhadap zat-zat tertentu yang berasal dari luar. Seperti makanan, debu, kosmetik, obat, serbuk sari, udara, bulu binatang, dll. Zat yang menyebabkan alergi ini sering juga disebut alergen. Reaksi alergi yang timbul dapat berupa gatal-gatal di sekujur tubuh, bersin, hidung tersumbat, sesak napas, timbul ruam, mata berair, diare, merasa lemas , atau bahkan bisa menyebabkan kematian.

Penyakit Alergi kulit, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Gejala alergi yang timbul dapat berbeda pada setiap orang, tergantung pada jenis alergi nya sendiri. Seperti contoh berikut ini, alergi pada makanan dapat menimbulkan reaksi seperti kram perut, muntah, atau bahkan diare. Dan alergi yang disebabkan oleh serangga, dapat menyebabkan reaksi alergi berupa pembengkakan disekitar sengatan, berwarna kemarahan dan menimbulkan rasa nyeri.

Alergi yang terjadi pada kulit ini terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah:

  • Dermatitis: Alergi dermatitis adalah istilah yang menjelaskan terjadinya peradangan pada kulit. gejala yang ditimbulkan oleh alergi ini adalah munculnya ruam merah dengan rasa gatal yang tidak tertahankan.
  • Kulit kering: Kulit yang kering bisa terjadi karena beberapa sebab. Biasanya kulit gatal akibat alergi juga ditandai dengan gatal dan cracking. Kulit kering ini pada umumnya sering terjadi pada daerah kaki, lengan dan juga perut.
  • Gatal-gatal: Penyakit alergi kulit ini dapat menimbulkan rasa gatal dan meninggalkan luka pada kulit. Sering juga muncul bercak kemerahan dan rasa sakit saat disentuh, gejala alergi ini biasanya muncul disebabkan oleh reaksi negatif terhadap obat.

Itulah beberapa jenis penyakit alergi yang bisa terjadi pada siapa saja. Pada umumnya banyak orang yang menderita alergi yang diakibatkan karena konsumsi makanan atau karena benda dan hal lainnya. Seperti contohnya alergi makanan laut, alergi bulu hewan seperti kucing, alergi debu, dsb. Ada beberapa orang yang mengalami gejala alergi yang parah bila dirinya memakan atau berdekatan dengan benda yang dapat memicu timbulnya gejala alergi.

Penyebab Alergi Kulit

Alergi merupakan salah satu penyakit yang tidak menular, penyebab terjadinya penyakit ini kemungkinan apabila seseorang memiliki riwayat genetik atau faktor keturunan dan faktor lingkungan. Kedua faktor ini tidak dapat dipisahkan. sebab alergi terjadi karena interaksi antara kedua faktor tersebut yaitu ketika tubuh yang mempunyai genetik sensitif mengalami kontak dengan zat elergen (penyebab alergi). Alergi pada kulit merupakan suatu kondisi medis yang banyak dijumpai dikalangan masyarakat. Timbulnya reaksi pada kulit merupakan suatu bentuk yang paling umum dari respon alergi.

Faktor yang menyebabkan reaksi alergi itu muncul, bisa disebabkan oleh faktor makanan, benda dan hewan. Banyak orang yang mengalami penyakit alergi ini, Gejala dan penyebab yang mereka rasakan pun berbeda-beda. Karena penyakit alergi juga tergantung pada objek atau beda yang dapat memicu reaksi alergi itu muncul.

Reaksi alergi pada seseorang sering muncul secara tiba-tiba, terkadang setiap orang tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki alergi terhadap sesuatu tertentu. Oleh sebab itu ada baiknya anda mengetahui riwayat penyakit yang pernah diderita oleh anda sendiri. Ataupun oleh orang tua anda, sebab seperti yang sudah diterangkan diatas. Faktor penyebab datangnya reaksi alergi salah satunya adalah faktor keturunan.

Jika didalam anggota keluarga anda ada salah satu yang menderita alergi, contohnya ibu anda menderita alergi apabila dia memakan makanan seafood seperti udang atau kepiting. Maka kemungkinan besar anda juga dapat menderita alergi seperti yang diderita ibu anda. Untuk itu ada baiknya jika anda mencari tahu tentang riwayat penyakit yang pernah orang tua anda alami. Agar anda dapat melakukan antisipasi untuk mengurangi risiko terjadinya atau menurunnya penyakit itu kepada anda.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit Alergi kulit, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *