Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit Thalasemia, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Penyakit Thalasemia, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

(87 Views) Mei 11, 2017 2:11 pm | Published by | No comment

Penyakit Thalasemia, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Penyakit Thalasemia, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya – Thalassemia merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi akibat adanya kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika atau dari garis keturunan. Dimana kondisi sepertiini dapat menyebabkan protein yang ada di dalam hemoglobin (sel darah merah) tidak dapat berfungsi secara normal. Seseorang yang mengalami penyakit thalassemia ini mempunyai kadar hemoglobin yang sangat rendah. Sehingga tingkat oksigen yang ada dalam tubuh juga menjadi lebih rendah.

Penyakit Thalasemia, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Karena kadar oksigen yang lemah dalam tubuh penderita thalassemia terkadang harus mengalami terganggunya aktivitas yang dijalani. Pada umumnya penderita thalassemia akan mengalami beberpaa masalah seperti mudah letih, mudah mengantuk, pingsan, hingga mengalami kesulitan bernapas. Bukan hanya itu, jika penyakit yang satu ini tidak diatasi dengan cepat dan tepat maka bisa meningkatkan resiko timbulnya komplikasi penyakit kronis seperti gagal jantung, kerusakan pada organ tubuh, gangguan hati, hingga ancaman kematian.

Penyebab Thalasemia

Seperti yang telah di jelaskan di atas, bahwa penyakit thalassemia ini merupakan penyakit keturunan. Dimana jika seorang istri atau suami membawa gen penyebab thalassemia maka keturunannya akan mengalami penyakit thalassemia juga. Karena itulah, pencegahan penyakit thalassemia harus segera dilakukan. Jangan sampai keturunan anda kelak mengalami kondisi yang sangat memprihatinkan seperti penyakit thalassemia ini.

Gejala Thalasemia

Gejala penyakit thalassemia yang dialami oleh setiap biasanya berbeda-beda. Hal ini karena tergantung pada tingkat keparahan dan tipe thalassemia yang di alami. Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit thalassemia yang paling umum dan banyak di alami :

  • Perubahan warna urin menjadi keruh
  • Wajah terlihat memucat
  • Kelainan pada bentuk tulang wajah
  • Kulit dan bagian bola mata yang seharusnya berwarna putih menjadi kuning
  • Mengalami hambatan pada pertumbuhan tubuh
  • Perut menjadi bengkak akibat membesarnya limpa atau hati
  • Kekurangan sel darah merah atau anemia
  • Mengalami kesulitan bernafas
  • Tubuh mudah letih dan mudah ngantuk

Jika anda mengalami tanda-tanda seperti di atas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan agar mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Karena jika terus dibiarkan kondisi ini bisa semakin memperburuk kesehatan anda. Bahkan bisa meningkatkan resiko terjadinya komplikasi penyakit yang samakin parah dan mengancam kematian.

Bahaya dan Komplikasi Thalasemia

Penderita thalassemia yang tidak segera mengambil tindakan pengobatan kemungkinan akan mengalami resiko terkena penyakit yang semakin parah bahkan bisa mematikan. Berikut ini adalah beberapa jenis bahaya dan komplikasi penyakit thalassemia :

  • Gangguan Jantung

Tingginya kadar zat besi bisa menyebabkan terjadinya kerusakan jantung. Hal ini terjadi karena zat besi dapat menyebabkan penurunan kekuatan pompa jantung, aritmia atau detak jantung tidak teratur, gagal jantung, dan menumpuknya cairan di jaringan jantung. Kondisi seperti ini tentu harus di perhatikan karena jika terus dibiarkan kondisi kesehatan jantung akan semakin terganggu, dan bisa mengancam kematian.

  • Masalah pada Tulang

Bukan hanya dapat mengganggu kesehatan dan fungsi jantung saja. Ternyata, penyakit thalassemia ini juga bisa menimbulkan masalah pada tulang. Dimana akibat kurangnya sel darah merah yang sehat sumsum tulang akan berkembang dan memengaruhi tulang. Masalah tulang yang bisa timbul akibat kondisi seperti ini adalah nyeri persendian dan tulang, osteoporosis dan kelainan bentuk tulang.

  • Masalah pada Hati

Kondisi lain yang mungkin dapat dialami oleh penderita penyakit thalassemia adalah terjadinya kerusakan pada organ hati. Kondisi ini terjadi akibat tingginya kadar zat besi dalam darah yang bisa menyebabkan timbulnya pernyakit harus seperti hepatitis, fibrosis atau pembesaran hati. Bahkan penderita thalassemia yang mengalami masalah pada oragan hati, bisa mempunyai perut yang buncit akibat pembesaran limpa atau hati. Oleh karena itu, sangat di anjurkan bagi anda yang mengalami thalassemia untuk melakukan pemeriksaan fungsi hati minimal 4 kali dalam setahun.

Itulah informasi yang dapat kami sampikan tentang Penyakit Thalasemia, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya. Untuk cara pengobatan bisa langsung melakukan konsultasi dengan dokter agar tidak salah dalam mengambil tindakan pengobatan. Semoga informasi yang kami sampikan dalam artikel kesehatan kali ini bisa bermanfaat untuk anda.

Post by : jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit Thalasemia, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *