Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit tetanus, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit tetanus, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(96 Views) Mei 12, 2017 3:42 pm | Published by | No comment

Penyakit tetanus, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit tetanus, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Penyakit tetanus adalah penyakit yang disebabkan karena terjadinya infeksi bakteri. Yang menghasilkan racun neurotoxin yang dapat menyerang saraf sehingga dapat memicu terjadinya kontraksi otot yang menyakitkan. Terutama pada otot rahang dan leher, serta dapat mempengaruhi otot-otot pernapasan.

Oleh karena itu penyakit ini dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan cepat. Bakteri yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit tetanus adalah bakteri clostridium tetani. Yang dapat di temukan di tanah, kotoran hewan dan debu. Bakteri ini merupakan salah satu jenis bakteri yang dapat berkembang dalam situasi atau lingkungan yang kurang oksigen.

Penyakit tetanus, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Ketika bakteri ini masuk kedalam luka yang cukup dalam, maka spora bakteri dapat menghasilkan toksin yang sangat kuat yang disebut tetanospasmin. Secara otomatis, toksin ini dapat mengganggu neuron motorik. Yaitu sebuah saraf yang dapat mengendalikan pergerakan otot manusia. Dengan efek yang diberikan racun ini pada neuron motorik maka akan mengakibatkan kekakuan otot dan kejang yang menjadi salah satu dari tanda utama gejala penyakit tetanus.

Tetanus merupakan penyakit yang tidak menular, penyakit ini harus cepat di tangani karena apabila penanganan nya telat maka akan memperparah kondisi infeksi yang akan terjadi. Penyakit ini apabila diakibatkan tanpa penanganan apapun maka akan sangat berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Gejala Penyakit Tetanus

Gejala tetanus merupakan akibat dari salah satu jenis racun yang mempengaruhi sistem saraf, sehingga dapat menyebabkan tegangan dan kejang otot yang menyakitkan. Kontraksi racun yang terjadi pada otot memiliki tampilan seperti kejang. Kondisi ini dapat terjadi secara spontan atau terjadi karena adanya rangsangan sentuhan, visual, suara atau bunyi dan rasa emosional.

Kejang yang terjadi akan dapat bervariasi dalam berat dan frekuensinya, namun dapat cukup kuat untuk untuk menyebabkan patah tulang dan robeknya bagian dari otot  yang menghubungkan otot dengan tulang. Hal ini juga dapat menyebabkan gagal nya sistem pernapasan yang dapat membahayakan nyawa.

Berikut ini adalah gejala umum dari penyakit tetanus, diantaranya:

  1. Demam.
  2. Berkeringat.
  3. Tekanan darah tinggi.
  4. Denyut nadi atau jantung cepat.
  5. Spasme dan kaku pada otot rahang.
  6. Kekakuan pada otot leher.
  7. Kesulitan menelan.
  8. Otot perut menjadi kaku.
  9. Kejang tubuh yang menyakitkan.
  10. Tulang punggung melengkung (epistotonus).
  11. Kejang ini biasanya dipicu oleh kejadian kecil, seperti suara keras, sentuhan fisik atau cahaya.
  12. Kematian dapat terjadi karena kesulitan bernafas, lantaran otot-otot pernafasan tidak berfungsi normal.

Itulah beberapa gejala yang disebabkan  oleh penyakit tetanus. Jika anda pernah mengalami kecelakaan seperti tertusuk paku berkarat atau tergores pagar berkarat dan benda-benda lainnya. Sangat disarankan untuk mendapatkan penanganan pada luka dengan tetap, sebab ini dapat menjadi faktor awal penyebab terjadinya penyakit tetanus.

Penyebab Penyakit Tetanus

Penyebab penyakit tetanus adalah karena terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri clostridium tetani. bakteri clostridium tetani ini sering terdapat di tanah, kotoran manusia dan juga kotoran hewan. bakteri clostridium tetani dapat menghasilkan spora yang hanya akan hancur sempurna dengan alat pensterilan. Dengan melakukan perebusan saja, tidak akan membuat spora ini mati. Timbulnya gejala penyakit tetanus ini diakibatkan karena efek dari racun yang dihasilkan oleh bakteri ini.

Bahaya Penyakit Tetanus

Penyakit tetanus merupakan penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri yang sudah di jelaskan diatas. Infeksi tetanus menjadi salah satu infeksi yang dapat mematikan, sebab lebih dari 50% kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit tetanus ini terjadi. berikut ini adalah indikasi efek dari gejala yang disebabkan oleh penyakit tetanus.

  • Penderita tetanus akan mengalami demam tinggi.
  • Otot-otot perut menjadi kaku tanpa disertai rasa nyeri.
  • Kepala terasa tertarik ke belakang dan kaku pada leher.
  • Kesulitan menelan karena nyeri pada otot pengunyah disertai rasa kaku di rahang.
  • Penderita juga Keluar keringat yang berlebihan.
  • Ada rasa nyeri di punggung dan rasa yang tidak nyaman pada tubuh.
  • Kejang otot lebih sering terjadi karena rangsangan dari luar seperti sentuhan, cahaya, suara yang keras dan lain-lain.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit tetanus, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *