Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit sinusitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit sinusitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(235 Views) Mei 3, 2017 12:24 pm | Published by | No comment

Penyakit sinusitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit sinusitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Penyakit sinusitis adalah suatu kondisi dimana terjadinya peradangan yang terjadi pada dinding sinus. Sinus adalah suatu rongga kecil yang berisi udara, yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Penyakit sinusitis ini termasuk penyakit yang bisa menyerang semua kalangan usia. Sinusitis merupakan suatu ruang-ruang kecil yang saling berhubungan melalui saluran udara yang terdapat didalam tulang tengkorak.

Penyakit sinusitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Didalam kerangka kepala manusia, terdapat empat sinus yaitu di kedua sisi dari batang hidung, di belakang mata, di belakang tulang pipi dan dibelakang dahi. Sinus berfungsi untuk memproduksi lendir atau mukus yang berguna untuk mengendalikan suhu dan kelembapan udara yang masuk kedalam paru-paru. Lendir ini akan mengalir ke hidung melalui saluran-saluran kecil dan saluran ini dapat terhalang jika sinus mengalami peradangan atau infeksi.

Penyakit sinusitis ini paling sering terjadi pada orang dewasa, yang disebabkan karena terjadinya pembengkakan didalam dinding hidung. Kondisi ini biasanya sering terjadi disebabkan oleh virus pilek atau flu yang disebarkan oleh sinus dari saluran pernapasan atas. Faktor pemicu sinus lainnya yang terjadi pada orang dewasa selain infeksi virus adalah infeksi jamur, infeksi gigi dan kebiasaan merokok. Biasanya setelah terjadi pilek atau flu, infeksi bakteri bisa saja terjadi. Kondisi ini akan menyebabkan dinding dari sinus mengalami peradangan atau inflamasi.

Sedangkan kondisi sinus pada anak, biasanya terjadi karena disebabkan oleh  alergi atau tertular dari anak-anak lain yang biasa bermain dengannya dan kebiasaan menggunakan dot atau pun dari botol dalam keadaan berbaring serta tinggal di lingkungan yang berasap. Penyakit sinusitis dibagi menjadi beberapa tipe, berdasarkan lamanya perjalanan penyakit. Diantaranya:

  • Sinusitis akut.
  • Sinusitis Kambuhan.
  • Sinusitis Kronis.
  • Sinusitis Subakut.

Gejala Penyakit Sinusitis

Gejala penyakit sinusitis dapat di bagi menjadi beberapa kelompok, tergantung lamanya perjalanan penyakit. Seperti yang sudah ditulis diatas, diantaranya adalah:

1.  Sinusitis Kronis

Gejala sinusitis kronis adalah hidung beringus atau merasa tersumbat, terdapat nanah di bagian rongga hidung dan cairan hidung berubah warna, wajah terasa penuh, demam. Kondisi sinus ini dapat dikatakan buruk jika terjadi kemerahan dan rasa nyeri serta bengkak di sekitar dahi dan mata, demam tinggi, sakit kepala yang hebat, penglihatan ganda, leher kaku dan kebingungan. Kondisi yang di sebabkan  oleh gejala ini bisa bertahan hingga 3 bulan atau lebih.

2. Sinusitis Kambuhan

Gejala sinusitis kambuhan sama saja dengan gejala umum yang muncul pada awal penyakit sinus terjadi. Seperti Hidung tersumbat atau keluar cairan kuning kehijauan, napas berbau (halitosis), sakit kepala, nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan, demam dengan suhu 38°Celcius atau lebih, kehilangan indera penciuman. Dan kondisi ini biasanya akan terjadi beberapa kali dalam setahun.

3. Sinusitis akut

Gejala sinus akut pada umumnya sering timbul mendadak dan dapat bertahan hingga 14 hari atau bahkan 1 bulan.  Beberapa dari gejalanya adalah munculnya mukus atau lendir berwarna kuning atau hijau dari hidung, nyeri pada wajah terutama sekitar mata, pipi, dahi serta sakitkan akan lebih terasa hebat ketiha sedang membungkuk, sakit kepala, batuk, terganggunya indera penciuman, hidung beringus, demam, kelelahan, napas berbau dan sakit gigi. Gejala sinus akut ini biasanya terjadi setelah penderita mengalami pilek atau flu atau infeksi saluran pernapasan.

4. Sinusitis Subakut

Sinus subakut memiliki gejala yang sama yang di timbulkan seperti sinus kambuhan. Tetapi yang membedakan adalah gejala yang disebabkan oleh jenis sinus subakut dapat bertahan hingga 1-3 bulan lamanya.

Penyebab Penyakit Sinusitis

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sinus mengalami peradangan atau tersumbat. Penyebab yang paling umumnya disebabkan oleh flu yang disebabkan juga oleh infeksi virus atau pun infeksi bakteri. Tetapi penyebab dari sinusitis kronis, masih belum diketahui. Kemungkinan sinusitis kronis ini terjadi karena beberapa hal berikut ini:

  • Deviasi septum hidung: Septum hidung adalah dinding yang berada diantara lubang hidung, apabila septum membengkak maka bisa menghalangi saluran sinus.
  • Kondisi medis lainnya: Komplikasi yang terjadi di karenakan kondisi medis yang membuat kekebalan tubuh menurun, contoh HIV/AIDS.
  • Merokok: Perokok aktif lebih berisiko mengalami sinusitis.
  • Polip hidung: Jaringan tumbuh ini berada dibagian rongga hidung, apabila polip ini membesar atau membengkak maka bisa menghalangi saluran hidung.
  • Alergi: Alergi seperti hay fever, asma, dan rinitis alergi ini dapat menyebabkan sumbatnya saluran sinus.

Itulah beberapa kemungkinan yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit sinusitis. Seperti yang sudah di bahas diatas, penyakit  ini dapat menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan usia lanjut. Untuk itu tetap waspada dan melakukan pencegahan dengan cara menjalankan pola hidup sehat, dsb.

Bahaya Penyakit Sinusitis

Bahaya penyakitn sinusitis adalah jika seseorang mengalami penyakit ini dan tidak mengobatinya maka dapat menyebabkan timbunya beberapa bahaya seperti :

  • Bronkitis.
  • Pneumonia.
  • Sesak napas.
  • Batuk rejan.
  • Sakit tenggorokan.
  • Penumpukan lendir yang menyebabkan saluran pernapasan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Penyakit sinusitis memang tidak termasuk kedalam penyakit yang membahayakan, tetapi tetap saja apabila tidak dilakukan penanganan yang benar maka penyakit sinusitis ini akan semakin parah. Dan menimbulkan gejala yang lebih parah lagi dari gejala sebelumnya. Untuk itu jika anda telah merasa mengalami gejala-gejala awal dari penyakit sinusitis, maka segeralah memeriksakan diri anda kepada dokter atau anggota medis lainnya.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit sinusitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *