Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Rematik, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Penyakit Rematik, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

(80 Views) Mei 10, 2017 3:47 pm | Published by | No comment

PENYAKIT REMATIK, PENYEBAB, GEJALA, BAHAYA DAN PENGOBATANNYA

Penyakit Rematik, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya – Penyakit rematik sebenarnya kondisi yang sangat tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Rematik merupakan penyakit yang menyerang anggota gerak, seperti sendi tulang, otot dan jaringan sekitarnya. Suatu keluhan yang kerap muncul dan terjadi ialah bengkak, nyeri dan kaku saat tubuh mengalami pergerakan. Penyakit ini hampir sama ketika anda mengalami keseleo atau terkilir, hanya saja persendian mengalami inflamasi dan muncul kemerahan pada kulit.

Penyakit Rematik, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Apa itu PENYAKIT REMATIK? 

Penyakit rematik merupakan suatu kondisi penyakit yang sangat populer di masyarakat dan salah satu kelompok yang menyerang tulang serta sendi. Rematik ialah penyakit kronis yang dapat menjadi menahun sehingga menimbulkan rasa nyeri hingga pembengkakan pada bagian sendi dan tendon. Rematik terbagi ke beberapa jenis, yaitu Osteoarthritis, rheumatoid arthritis dan gout arthritis.

  • Osteoarthritis
    Jenis rematik ini biasanya menyerang usia diatas 30 tahun dan rematik ini disebabkan oleh sistem kinerja tulang sendi yang menurun dan adanya kerusakan pada bagian rawan sendi. Osteoarthritis biasanya ditandai dengan adanya rasa nyeri juga mengalami pembengkakan pada sendi. Orang yang mengidap penyakit ini biasanya banyak menyerang wanita daripada pria. Karena itu, wanita lebih mudah mengalami penurunan sistem hormon dan salah satu penyebab Osteoarthritis adalah diakibatkan kelainan pada tulang dan kepadatan tulang.
  • Rheumatoid Arthritis
    Rematik jenis Rheumatoid Arthritis sering menyerang bagian sendi tangan dan kaki. Gejala yang umum pada Rheumatoid Arthritis adalah pembengkakan, timbul nyeri dan menimbulkan kerusakan dalam sendi. Penderita Rheumatoid Arthritis ini sering dialami oleh wanita dibandingkan pria dan bisa menyerang usia muda 25 tahun ke atas.
  • Gout Arthritis
    Gout Arthritis dikenal dengan asam urat. Asam urat sangat erat kaitannya dengan jenis rematik yang satu ini. Karena itu, akibat dari kedua penyakit ini saling berhubungan dan sering menyerang bagian persendian.

PENYEBAB & GEJALA

Penyakit rematik sangat berpengaruh sekali pada organ tubuh seperti paru-paru, pembuluh darah, kulit dan jantung. Semua serangan dari rematik tertuju pada bagian persendian. Penyebab rematik memang cukup beragam dan inilah beberapa penyebab yang perlu anda waspadai saat ini.

  • Penyakit Asam Urat
  • Osteoporosis
  • Sering Mandi Pada Malam Hari
  • Faktor Usia 40 tahun ke atas
  • Melakukan Suatu Pekerjaan yang Berat
  • Sering Berpergian Pada Malam Hari
  • Mengkonsumsi Minuman Keras
  • Sering Konsumsi Makanan yang Mengandung Zat Purin Tinggi

Penyakit Rematik, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya. Seperti hal yang umum, rematik memiliki ciri dan gejala yang perlu anda perhatikan, agar mendapatkan penanganan secara cepat dan sebelum terlambat. Berikut ini ciri dan gejala penyakit rematik, antara lain : mengalami kesemutan, terlihat bagian persendian membengkak, kaku, dada terasa sakit, muncul benjolan, terdapat cairan pada kantung sendi. Selain itu, permukaan kulit memerah, mudah mengalami memar pada sendi dll.

BAHAYA & PENGOBATAN

Bahaya rematik sendiri tidak menyebabkan kematian dan menimbulkan penyakit kronis, namun tetap saja memberikan beberapa komplikasi. Berikut ini bahaya komplikasi terjadi pada rematik.

  • Bahaya yang pertama kali menyerang pada kasus rematik ini adalah terhambatnya aktivitas kehidupan sehari-hari. Selain itu, kondisi lainnya seperti bahaya yang timbul dari penyakit asam urat.
  • Menyebabkan nyeri pada otot dan sendi yang berlebihan
  • Rasa nyeri yang ditimbulkan rematik dapat mempengaruhi struktur tulang belakang
  • Bisa menyebabkan kelumpuhan

Bahaya rematik yang paling parah ialah terjadinya kelumpuhan. Tentu rematik dapat menyebabkan kelumpuhan, jika dibiarkan tidak melakukan perawatan medis atau melakukan pengobatan secara tradisional.

Langkah pengobatan rematik dapat dilakukan dengan meredekan gejala yang sempat timbul dengan melakukan pengobatan tradisional dan perawatan medis. Selain mengkonsumsi obat-obatan, anda juga perlu melakukan hal lain yang dapat meredakan rematik, seperti berolahraga secara rutin, istrirahat yang cukup, menjaga polah makan yang sehat dan menjalani pola diet yang seimbang.

Post by : jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit Rematik, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *