Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit Psoriasis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Psoriasis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(58 Views) Juni 7, 2017 2:23 pm | Published by | No comment

Penyakit Psoriasis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Psoriasis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Psoriasis ialah penyakit peradangan kulit menahun (kronis). Psoriasis umumnya ditandai oleh ruam memerah, menebal, kulit terkelupas, terasa kering dan bersisik.

Penyakit Psoriasis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Ciri-ciri tersebut juga kerap disertai dengan rasa gatal maupun perih. Semua bagian tubuh dapat terserang gejala penyakit psoriasis. Akan tetapi, biasanya kondisi ini muncul pada kulit kepala, lutut, siku, dan punggung bagian bawah.

  • Gejala Penyakit Psoriasis

Intensitas gejala psoriasis pada setiap penderita berbeda-beda. Ada yang merasakan gejala ringan ataupun tidak sama sekali dalam kurun waktu tertentu. Tapi, gejala tersebut juga bisa bertambah parah hingga mengganggu kenyamanan penderitanya selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan sebelum pada akhirnya berkurang/berhenti.

Tak semua penderita psoriasis merasakan gejala yang sama, sebab psoriasis mempunyai banyak jenis. Umumnya, gejala psoriasis meliputi :

  1. Beberapa bagian kulit memerah, kering, menebal dan bersisik.
  2. Kulit pecah–pecah yang kadang-kadang bisa berdarah.
  3. Kuku menebal dengan tekstur tak rata.
  4. Persendian membengkak dan kaku.
  • Penyebab Penyakit Psoriasis

Penyebab pasti dari penyakit psoriasis memang masih belum diketahui. Tetapi, psoriasis diduga berhubungan dengan gangguan autoimun, yakni sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang sel–sel kulit sehat.

Penyakit ini muncul saat produksi sel–sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan. Normalnya, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel–sel kulit mati dalam beberapa minggu sekali. Sedangkan bagi mereka yang menderita psoriasis akan mengalaminya hanya dalam hitungan hari sehingga terjadilah penumpukan sel kulit yang pada akhirnya membentuk penebalan.

Faktor keturunan juga kerap dianggap memiliki peranan dalam kemunculan psoriasis. Di samping itu, ada beberapa faktor pencetus yang diduga bisa memicu psoriasis. Di antaranya ialah infeksi tenggorokan, cedera pada kulit, obesitas, stres, mengidap HIV serta akibat pemakaian obat–obatan tertentu.

Penderita psoriasis dengan mudah mencegah kekambuhan atau perkembangan gejala mereka asalkan mengetahui dan menjauhi faktor pemicunya. Adapun sejumlah faktor pemicu kambuhnya penyakit psoriasis antara lain :

  1. Psoriasis gutata yang kerap menyerang anak–anak dan remaja kadang-kadang muncul setelah penderita mengalami infeksi tenggorokan
  2. Cedera pada kulit, seperti gigitan serangga, tergores atau terbakar matahari
  3. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan
  4. Obat–obatan tertentu seperti litium, obat hipertensi dan obat antimalaria
  5. Merokok
  6. Gangguan pada sistem kekebalan tubuh, seperti karena menderita penyakit HIV
  7. Stres
  8. Obesitas
  9. Perubahan hormon, terutama pada wanita saat haid atau menopause
  • Bahaya Penyakit Psoriasis

Menurut Journal of the American Academy of Dermatology ( 2008), mengatakan bahwa penderita Psoriasis berkemungkinan juga untuk mengalami gangguan dari penyakit lain yang lebih berbahaya seperti penyakit Kardiovaskular, Diabetes, Obesitas, Hipertensi, Depresi dan Kanker. Oleh sebab itu, pasien Psoriasis sangat dianjurkan untuk menjalankan pemeriksaan secara lengkap dan teratur.

  • Pengobatan Penyakit Psoriasis

Langkah penyembuhan psoriasis belum ada hingga saat ini. Umumnya penanganan psoriasis bertujuan untuk :

  1. Mencegah pertumbuhan sel–sel kulit
  2. Kurangi gejala
  3. Memperbaiki tekstur kulit yang terserang

Langkah cara mengobati psoriasis bisa sangat beragam dan ditentukan hal ini berdasarkan jenis dam tingkat keparahannya. Psoriasis dapat ditangani dengan menggunakan obat oles, mengonsumsi obat-obatan, fototerapi, dan suntikan. Pengobatan ini tidak berkemampuan untuk sembuhkan psoriasis, tapi bertujuan untuk mengurangi gejala dan memperbaiki tekstur kulit yang terserang psoriasis.

Post by : jellygamatqnc.net

Penyakit Psoriasis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Save

Save

Categorised in:

No comment for Penyakit Psoriasis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *