Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit prostat, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit prostat, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(47 Views) Mei 10, 2017 3:53 pm | Published by | No comment

Penyakit prostat, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit prostat, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Kelenjar prostat merupakan sebuah kelenjar kecil berukuran sebesar biji kenari yang hanya dimiliki oleh kaum pria. Kelenjar ini terletak diantara penis dan kandung kemih serta mengelilingi uretra yaitu saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke penis. Ketika prostat mengalami gangguan. Pada umumnya gejala yang di timbulkan tidak begitu dirasakan bila masih pada tahap awal. Gejala yang ditimbulkan ketika kelenjar prostat berada dalam masalah. Umumnya sama dengan sakit kencing batu atau terganggunya saluran kandung kemih.

Penyakit prostat, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Seiring dengan bertambahnya usia, setiap orang memiliki tingkat risiko terkena beberapa penyakit. Dengan jurang nya pemeliharaan kesehatan menjadikan tingkat terjadinya suatu penyakit menjadi lebih besar.  Salah satu penyakit yang hanya menyerang kaum laki-laki adalah penyakit prostat. Gangguan pada prostat ini bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1. Prostatitis atau peradangan pada kelenjar prostat.
  2. Kanker prostat.
  3. Pembesaran prostat.

Masalah atau gangguan pada prostat ini lebih sering dialami oleh laki-laki yang berusia diatas 40 tahun keatas. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum laki-laki, karena masalah ini dapat menyangkut masalah kejantanannya.

Berikut ini adalah gejala umum dari penyakit prostat, diantaranya:

  • Kencing tidak tuntas.
  • Rasa ingin kencing lagi sesudah kencing.
  • Tidak lampias saat berkemih.
  • Inkontinensia (beser).
  • Pancaran saat kencing lemah.
  • Rasa sakit waktu kencing.
  • Infeksi saluran kemih.
  • Aliran kencing terputus-putus.
  • Fungsi ginjal berkurang.
  • Sering kencing saat malam hari.
  • Mengejan saat kencing.
  • Pembentukan batu dalam kandung kemih.
  • Keluarnya sisa kencing selama beberapa detik pada akhir kencing.

Itulah beberapa umum dari gejala penyakit prostat, apabila anda mengalami gejala seperti yang ada diatas. Maka ada baiknya jika anda segera menemui dokter  untuk memeriksa kondisi kesehatan anda. Prostat merupakan salah satu alat reproduksi pria yang sangat penting sekali karena memiliki tugas untuk memproduksi semen atau air mani. Cairan semen adalah nutrisi bagi sperma dan sekaligus menjadi media penghantar sperma keluar dari penis saat ejakulasi terjadi. Sampai sekarang dokter belum mengetahui apa penyebab terjadinya pembesaran pada prostat. Tetapi beberapa penelitian telah mengungkap bahwa pembesaran terjadi berhubungan dengan produksi hormon testosteron.

Pembesaran prostat harus segera diobati, karena jika tidak kondisi nya akan semakin parah. Gejala yang muncul juga akan berbeda-beda . Ada yang mengalami gejala yang sangat parah padahal kondisi pembesaran prostat nya kecil. Dan ada yang mengalami gejala biasa saja tetapi pembesaran prostatnya sudah sangat besar. Semua gejala yang timbul terhadap penderita penyakit prostat sebenarnya tergantung kepada tingkat keparahan penyakit yang dideritanya.

Faktor risiko terjadinya pembesaran pada kelenjar prostat, diantaranya adalah :

1. Faktor genetik

Jika anda memiliki anggota keluarga yang pernah menderita penyakit prostat atau pembesaran pada kelenjar prostat. Maka anda harus waspada, karena risiko penyakit prostat akan lebih tinggi terhadap diri anda. Untuk itu selalu lakukan pencegahan dan apabila anda mengalami masalah atau gejala seperti yang ada diatas. Maka segeralah mendatangi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjur agar tidak terjadi kondisi yang lebih buruk lagi.

2. Faktor Usia

Pada umumnya faktor usia memang bisa memengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Karena semakin bertambahnya umur seseorang, maka sistem kinerja tubuhnya juga akan semakin menurun. Pria dibawah usia 40 tahun sangat jarang sekali menderita pembesaran prostat. Tetapi pada usia 55 tahun ke atas, 1 dari 4 pria mengalami gejala pembesaran prostat dan ketika memasuki usia 75 tahun seorang pria rentan mengalami gangguan pada prostat. Untuk itu biasakan menjalani pola hidup sehat dari usia muda, agar risiko terjadinya masalah prostat pada saat usia tua dapat berkurang.

3. Faktor Wilayah

Menurut penelitian, membuktikan bahwa faktor pembesaran kelenjar prostat salah satunya disebabkan karena faktor wilayah. Kasus pembesaran prostat lebih sering terjadi di sekitar wilayah Amerika dan Australia dibanding dengan daerah Asia seperti Cina, India dan Jepang yang lebih sedikit.

Itulah beberapa faktor penyebab terjadinya pembesaran pada kelenjar prostat yang sering di alami oleh kaum pria. Untuk mencegah agar risiko terjadinya pembesaran pada prostat tidak meningkat. Maka anda harus melakukan pencegahan mulai dari sekarang, dengan cara menjalankan gaya hidup sehat, mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, berolahraga dengan teratur. Langkah pencegahan seperti ini yang dilakukan sejak saat usia muda, terbukti bisa menurunkan risiko terjadinya pembesaran kelenjar prostat atau masalah gangguan pada prostat lainnya diusia tua.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit prostat, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *