Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Pneumonia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Pneumonia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(33 Views) Mei 6, 2017 3:41 pm | Published by | No comment

Penyakit Pneumonia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Pneumonia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Pneumonia adalah istilah ilmiah medis untuk penyakit paru-paru. Pneumonia merupakan penyakit yang terjadi oleh virus, terutama virus influenza yang mengakibatkan melemahnya organ paru-paru. Infeksinya paru-paru dapat menyerang berbagai kalangan usia, sehingga menyerang orang yang perokok aktif, orang tua dan seseorang yang mengidap penyakit paru-paru kronis. Seseorang yang mempunyai sistem kekebalan tubuhnya lemah secara umum sering berisiko terkena penyakit pneumonia.

Penyakit Pneumonia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Pneumonia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya. Pneumonia dikenal juga dengan istilah paru-paru basah yang memicu peradangan pada kantong udara di salah satu paru-paru. Pengidap pneumonia, sekelompok kantong udara yang terdapat pada saluran pernapasan didalam paru-paru akan terjadi pembengkakan dan penuh dengan cairan. Sehingga penyakit ini sering disebut bronkopneumnia, pneumonia bilateral dan pneumonia lobular.

Penderita pneumonia yang terjadi di Indonesia merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan penyakit jenis ini dapat memicu 15% dari seluruh kematian anak-anak dengan usia dibawah 5 tahun. Di Indonesia sendiri penyakit pneumonia telah merenggut nyawa sekitar 25.000 jiwa pada tahun 2013.

Streptococcus pneumoniae adalah salah satu jenis bakteri yang paling umum bisa menyebabkan penyakit pneumonia, namun penyakit ini juga bisa dipicu oleh beberapa virus ini. Pneumonia akibat virus flu atau pilek, Pneumonia akibat jamur (sistem kekebalan tubuh lemah) dan Pneumonia Aspirasi (makanan, minuman, muntah atau ludah).

Gejala pneumonia sangatlah bervariasi, namun berdasarkan tingkat keparahannya. Gejala-gejala umum yang dapat muncul, meliputi :Demam tinggi, menggigil dan berkeringat. Selain itu, batuk kering, kesulitan bernapas, sakit pada dada, diarem mual dan muntah dll. Jika anda mengalami seperti gejal tersenut, segera periksakan diri anda ke dokter agar gejala yang muncul tidak semakin parah menyerang anda.

Apa yang meningkatkan risiko terkena sakit pneumonia?

faktor risiko tersebut adalah anda sendiri menderita penyakit kronis, kekebelan tubuh menurun, merokok dan seseorang yang sedang di rawat. Apabila resiko tersebut dimiliki oleh anda, bukan berarti anda terkena pneumonia dan untuk lebih jelasnya bisa berdiskusi dengan medis.

Penyebab Dan Gejala Sakit Pneumonia

Penyakit Pneumonia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya. Gejala pneumonia rentan dialami oleh kalangan bayi dan anak-anak, terutama pada mereka yang berusia dibawah 2 tahun. Tidak hanya menyerang pada anak-anak, sakit ini mampu menyerang orang yang sudah berusia lanjut dll. Gejala sakit pneumonia bisa muncul secara tiba-tiba juga dapat perlahan-lahan dalam waktu beberapa hari. Gejala ini hampir serupa dengan gejala infeksi saluran pernapasan. Adapun gejala pada penderita pneumonia, sebagai berikut.

  • Mengalami sakit kepala. Jika anda mengalami riwayat gejala seperti ini sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Sakit kepala pada penderita pneumonia ini terjadi karena kadar oksigen yang masuk sangat relatif kurang.
  • Demam tinggi. Selain mengalami sakit kepala, pneumonia cenderung ditandai dengan gejala demam. Demam ini muncu, karena adanya infeksi pada paru-paru dan infeksoi terebut memicu pada kesehatan tubuh.
  • Batuk kering dan batuk berdahak. Penderita biasanya mengalami gejala ini, biasanya batuk berdahak tersebut akan berwarna kuning, hijau bahkan keluar darah.
  • Kesulitan bernapas. Penderita memiliki kondisi kantong udara kecil sehingga berisi cairan dan membengkak. Dari hasil tersebut sakit pneumonia akan mengalami kesulitan bernapas.
  • Dada terasa sakit saat batuk. Terinfeksinya paru-paru oleh bakteri dan virus, maka dada akan terasa sakit pada saat bernapas.

Penyebab Pneumonia. Sakit pneumonia kerap disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Seliain itu sakit ini bisa melalui penularan dari kuman-kuman yang masuk melalui aliran darah. Akan tetapi, saat ini kasus yang menunjukan pada penderita pneumonia adalah segai berikut. Pneumonia yang disebabkan oleh jenis bakteri, virus, menghirup objek asing, dll. Bahaya sakit pneumonia merupakan kondisi yang menyerang gangguan pada sistem perpasan. Biasanya penyakit ini di derita oleh berbagai kalangan usia dan penyakit ini sangatlah berbahaya yang dapat mengancam noyawa penderita. Bahaya sakit pneumonia bisa mengalami sesak nafas, penyakit asma, batuk dan demam.

Post by : jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit Pneumonia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *