Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit paru paru basah, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit paru paru basah, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(46 Views) Mei 24, 2017 9:17 am | Published by | No comment

Penyakit paru paru basah, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit paru paru basah, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Sebagai orang Indonesia, tentu kita sangat sering mendengar istilah dari salah satu jenis penyakit yang bisa membuat kita penasaran ”Paru Paru Basah” Ya, ini adalah istilah awam yang menggambarkan adanya gangguan pada paru-paru.

Penyakit paru paru basah, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Dalam ilmu kedokteran, istilah yang paling tepat untuk paru paru basah ialah Pneumonia. Gangguan ini ditandai adanya infeksi pada salah satu atau kedua paru paru. Infeksi bisa disebabkan oleh virus, jamur atau bakteri. Pada pneumonia, terjadi infeksi atau peradangan pada kantung–kantung udara pada paru paru (alveoli). Dalam kondisi ini, cairan atau nanah memenuhi alveoli, maka tidak mengherankan, jika dokter-dokter terdahulu menyebutnya paru paru basah.

Gejala dari paru paru basah ragam macamnya, mulai dari yang ringan, sedang dan berat yang bisa sampai mengancam keselamatan. Penyakit ini sudah banyak mengakibatkan kematian diseluruh dunia jika dibandingkan dengan penyakit paru lainnya. Biasanya, tingkat keparahan paru paru basah tergantung pada penyebab dan jenis organisme yang menyebabkan peradangan atau infeksi, usia serta kondisi kesehatan umum.

Tanda dan Gejala Paru Paru Basah

Tanda dan Gejala umum paru paru basah karena bakteri bisa berkembang dengan sangat cepat, berikut adalah gejalanya :

  • Nyeri dada
  • Batuk kering
  • Mual bahkan muntah
  • Nyeri otot
  • Kesulitan bernapas
  • Demam dan menggigil
  • Napas tak teratur (lebih cepat)
  • Denyut jantung cepat

Beberapa gejala paru paru basah yang menunjukkan situasi darurat medis, meliputi :

  • Kulit berubah menjadi kebiruan (akibat kekurangan oksigen)
  • Kebingungan
  • Sesak napas
  • Demam tinggi (39°C atau lebih)
  • Batuk berdarah
  • Denyut jantung cepat

Jenis dan Penyebab Paru Paru Basah

Bila ditelusuri lebih lanjut, ada beberapa jenis utama paru paru basah, pengelompokan ini telah disesuaikan dengan penyebabnya :

  • Pneumonia Bakteri

Paru paru basah yang disebabkan bakteri bisa menyerang siapa saja di usia berapapun. Dapat muncul begitu saja atau dapat didahului penyakit flu serius. Umumnya, bakteri penyebab pneumonia ialah streptococcus pneumoniae. Bisa juga disebabkan oleh Legionella pneumophila atau Chlamydophila pneumonia.

  • Pneumonia Virus

Sebagian besar kasus, virus pernapasan juga sebabkan paru paru basah terlebih pada orang tua dan anak-anak. Pneumonia jenis ini biasanya berlangsung dalam waktu yang singkat dan tak sampai serius. Tetapi, virus flu mampu sebabkan peradangan paru–paru menjadi parah/fatal. Ini akan sangat berbahaya bagi ibu hamil atau orang dengan masalah jantung dan paru-paru.

  • Mycoplasma Pneumonia

Mycoplasma bukan merupakan virus dan bakteri, namun organisme ini mempunyai ciri umum dari keduanya. Pada umumnya, mycoplasma memunculkan kasus–kasus paru paru basah ringan, paling sering terjadi pada anak-anak dan orang dewasa.

  • Jenis Paru Paru Basah Lainnya

Ada banyak jenis pneumonia lainnya yang mampu memengaruhi individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pneumocystis carinii pneumonia (PCP) dan TBC. Umumnya sering menyerang orang yang menderita AIDS, bahkan PCP mampu menjadi salah satu ciri utama pada AIDS.

Bahaya Paru Paru Basah

Paru paru basah jika tidak diobati bisa memberikan efek dan bahaya serius bagi penderitanya, di mana paru paru basah yang tidak diobati akan memunculkan beragam gangguan kesehatan serius seperti lubang bernanah pada paru paru atau abses paru paru, infeksi darah, TBC, bronkitis, tumor dan kanker paru paru.

Pengobatan Paru Paru Basah

Pengobatan yang biasanya akan dilakukan untuk mengatasi paru paru basah tergantung pada jenis dan berat serta ringgannya penyakit. Pada banyak kasus, paru paru basah masih dapat diobati dengan cara melakukan perawatan di rumah.

Perawatan dilakukan dengan mengonsumsi obat yang diresepkan dan mengikuti setiap perawatan tindak lanjut. Pada prosesnya, mungkin akan diperlukan pemeriksaan rongsen dada untuk memastikan apakah pneumonia sudah berhasil diobati.

  • Mengobati Paru paru Basah Bakteri

Antibiotik dipakai untuk mengatasi paru paru basah yang disebabkan oleh bakteri. Obat antibioti terseut harus Anda minum sesuai petunjuk dokter. Bila pemakaian antibiotik dihentikan sebelum waktu yang sudah ditentukan, maka paru paru basah dapat mudah sekali untuk kambuh kembali. Jadi Anda harus sabar, sebab kebanyakan orang akan membaik usai 1–3 hari pengobatan.

  • Mengobati Paru paru Basah Virus

Antibiotik tak berguna bila virus ialah penyebabnya. Akan tetapi, obat antivirus mampu membantu atasi kondisi tersebut. Setelah diobati, gejala biasanya akan mulai membaik dalam waktu 1–3 minggu.

Siapapun dengan asma, diabetes dan masalah kesehatan lainnya yang parah atau kronis, mempunyai resiko tinggi untuk terserang paru paru basah. Tapi, dibanyak kasus, hal itu bisa dicegah, yaitu bisa dilakukan dengan pemberian vaksin virus terhadap penyebab paru paru basah. Dan perubahan perilaku seperti berhenti merokok akan sangat membantu dalam menurunkan risiko pneumonia.

Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Penyakit paru paru basah, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya. Semoga artikel kesehatan ini bisa bermanfaat bagi semuanya. Salam sehat!

Post by : jellygamatqnc.net

Penyakit paru paru basah, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Categorised in:

No comment for Penyakit paru paru basah, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *