Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Parkinson, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Penyakit Parkinson, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

(52 Views) April 28, 2017 2:53 pm | Published by | No comment

Penyakit Parkinson, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Penyakit Parkinson, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya – Penyakit parkinson merupakan degenerasi sel saraf pada otak bagian tengah yang berfungsi untuk mengatur pergerakan tubuh. Secara bertahap, penyebab parkison adalah adanya kerusakan neuron. Yaitu unit  terkecil pada otak yang berperan untuk meneruskan pesan dari otak menuju ke syaraf sebelum pesan sampai ke anggota tubuh lainnya. Gejala awal penyakit ini sulit di kenali tetapi gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah terjadinya tremor atau bergetar. Berikut ini merupakan dua contoh gejala awal yang kan di rasakan oleh penderita penyakit parkinson, yaitu:

  • Gemetar halus di salah satu tangan pada saat beristirahat.
  • Tubuh terasa kaku dan lemah.

 

Setelah muncul gejala awal yang ada di atas, maka kemungkinan akan muncul gejala-gejala lainnya. Sampai saat ini diperkirakan, kurang lebih 10 ribu orang mengalami penyakit parkinson ini. Semua orang bisa mengalami atau terkena penyakit ini. Namun penyakit ini lebih sering menyerang orang tua dan kalangan laki-laki. Tetapi ternyata parkinson bisa juga di alami pada usia muda yaitu anak-anak yang mengalami trauma otak atau mempunyai bakat parkinson.

Gejala Penyakit Parkinson

Penyakit parkinson akan menyerang penderitanya dengan cara yang berbeda-beda, perbedaan ini dikarenakan gejala yang di alami oleh setiap penderita kan berbeda-beda. Gejala awal yang akan di rasakan oleh penderita penyakit parkinson mungkin akan terasa cukup ringan bahkan mungkin terabaikan. Tetapi jika di biarkan maka gejala-gejala tersebut akan berangsur memburuk. Gejala- gejala umum yang akan di alami oleh penderita parkinson diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tremor.
  2. Insomnia .
  3. Demensia.
  4. Konstipasi.
  5. Kekakuan otot.
  6. Disfungsi ereksi.
  7. Kesulitan menulis.
  8. Gangguan sensoris.
  9. Perubahan cara bicara.
  10. Gangguan keseimbangan.
  11. Depresi atau merasa cemas.
  12. Kesulitan menelan makanan.
  13. Hilangnya indera penciuman.
  14. Melambatnya gerakan tubuh.
  15. Produksi keringat dan air liur berlebih.
  16. Kehilangan kemampuan gerak otomatis.
  17. Pusing, penglihatan buram hingga pingsan.

Gejala-gejala di atas tidak semuanya akan dialami oleh penderita penyakit parkinson, karena ada sebagian dari penderita parkinson yang hanya mengalami gejala yang ringan dan tidak menganggu aktivitas sehari-hari mereka.

Penyebab Terjadinya Penyakit Parkinson

Penyakit parkison pada umumnya di sebabkan karena berkurangnya dopamine dalam otak yang menyebabkan aktivitas otak tidak dapat berfungsi dnegan normal. Penyebab penurunan dopamine sampai saat ini belum di ketahui, tetapi ada beberapa faktor yang dapat memicu turunnya dopamine, yaitu:

1. Faktor keturunan

Mutasi genetik tertentu bisa menyebabkan meningkatnya risiko terkena penyakit Parkinson. Diduga ada gen yang tidak sehat yang disalurkan kepada anak oleh orang tua, tapi hal ini sangat jarang terjadi.

2. Faktor lingkungan

Pajanan terhadap racun tertentu yang ada di lingkungan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit Parkinson, misalnya pestisida, herbisida, asap kendaraan bermotor, dan polusi pabrik. Tapi risikonya cukup kecil dan belum ada bukti kuat yang bisa dikaitkan dengan penyakit Parkinson.

Masih ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan munculnya gejala utama dari penyakit parkinson ini, seperti tremor, otot kaku, dan melambatnya gerakan. Tapi faktor-faktor ini hanya menimbulkan gejala Parkinson dan tidak berarti orang yang mengalaminya menderita penyakit Parkinson. Faktor yang dimaksud adalah:

  • Stroke. Jika terjadi serangan stroke yang parah, beberapa bagian otak bisa tidak berfungsi lagi.
  • Gangguan otak lainnya yang bersifat progresif.
  • Efek samping obat-obatan. Ada beberapa obat yang bisa mengakibatkan munculnya gejala Parkinson seperti tremor dan otot yang kaku.

Bahaya Penyakit Parkinson

Penyakit parkinson mungkin tidak akan menimbulkan gejala yang mencurigakan, penderita mungkin saja menganggapnya hanya sebagai gejala tubuh kelelahan biasa. Padahal penyakit ini jika tidak di atasi dengan benar akan berakibat fatal bagi kesehatan tubuh anda. Gejala awal yang tidak terlalu di tanggap akan berubah menjadi gejala yang lebih buruk bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan.

Gejala gejala buruk yang terus terjadi tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Penyakit parkinson memang belum diketahui penyebabnya, tetapi kemungkinan besar penyakit ini terjadi dikarenakan penurunan fungsi syaraf yang terjadi karena usia lanjut. Radikal bebas juga disangka menjadi salah satu penyebabnya, radikal bebas dapat membuat sel-sel syaraf otak yang berada pada substantia nigra mengalami kerusakan.

Maka dari itu, perubahan pola hidup sehat mulai dari sekarang harus anda lalukan. Untuk mencegah radikal bebas agar tidak masuk ke dalam tubuh dan mengganggu sistem kerja organ tubuh anda. Mulai mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur serta meninggalkan makan-makanan yang tidak baik untuk kesehatan. Anda juga harus rajin berolahraga dan istirahat yang cukup untuk menjaga agar metabolisme tubuh  tetap berjaland engan normal.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit Parkinson, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *