Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Mata Minus, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Penyakit Mata Minus, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

(66 Views) April 29, 2017 10:59 am | Published by | No comment

Penyakit Mata Minus, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Penyakit Mata Minus, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya – Mata minus atau Miopia (myopia) adalah gangguan penglihatan yang diakibatkan oleh kesalahan bias umum dari mata yang membuatnya kesulitan untuk melihat dengan fokus pada objek yang jauh. Artinya, mereka yang mengalami gejala mata minus akan bisa melihat benda atau objek dekat secara jelas, akan tetapi ketika melihat benda atau objek dengan jarak jauh penglihatan akan menjadi kabur atau buram.

Penyakit Mata Minus, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Gangguan atau gejala mata minus dapat muncul di usia dini dan bisa memburuk di usia remaja. Maka dari itu, Anda perlu tahu bagaiamana cara memelihara kesehatan mata supaya terhindar dari gangguan penglihatan seperti mata minus.

Mata minus ialah gangguan penglihatan yang umum terjadi, bukan merupakan penyakit mata. Kesalahan bias merupakan penyebab dari gangguan ini, di mana mata tidak bisa membiaskan cahaya dengan baik pada titik fokus tunggal untuk bisa melihat gambar atau objek secara jelas. Normalnnya, gambar difokuskan ke retina dibelakang mata, tetapi pada kasus mata minus titik fokus jatuh pendek dari retina, sehingga penderita bisa melihat objek dekat lebih jelas, namun objek jarak jauh akan terlihat kabur.

Penyebab Mata Minus

Alasan tepat mengapa gangguan mata minus bisa terjadi, belum sepenuhnya di pahami. Akan tetapi ada beberapa faktor yang diyakini bisa tingkatkan risiko seseorang untuk mempunyai mata minus, antara lain :

  • Faktor Keturunan. Mereka yang mempunyai gangguan mata minus bisa menurunkan risiko gangguan yang sama kepada keturunannya.
  • Stres mata. Stres mata yang berlebihan serta berkepanjangan mampu tingkatkan risiko seseorang untuk mengembangkan mata minus. Stres dapat disebabkan oleh aktivitas yang memerlukan penggunaan penglihatan dekat.

Gejala Mata Minus

Berikut ini merupakan beberapa tanda dan gejala mata minus :

  • Pandangan Buram atau Kabur

Hal ini terjadi ketika seseorang berusaha untuk melihat benda atau objek yang jauh jaraknya. Untuk mengatasinya, penderita biasanya akan menyipitkan mata secara terus-menerus, atau lebih mendekatkan pandangan dengan benda atau objek yang ingin dilihat.

  • Sakit Kepala atau Pusing

Mereka yang mempunyai gangguan mata minus bisa mengalami pusing atau sakit kepala karena tingkat ketegangan pada mata secara berlebihan akan menyebabkan mata menjadi lelah. Salah satu yang memunculkan adanya penyebab pusing, karena aliran darah tersumbat sehingga mencegah darah mengalir lancar ke bagian kepala.

  • Penglihatan Menjadi Lebih Buruk pada Malam Hari

Orang deengan gangguan mata minus sering mengalami kesulitan saat melihat terlebih ketika sedang mengemudikan kendaraan dimalam hari. Hal ini kerap disebut night myopia.

  • Lebih Mendekat pada Objek atau Benda

Bila ingin melihat objek dengan jelas, mereka pengidap mata minus biasanya akan lebih mendekatkan diri dengan objek yang ingin dilihatnya. Seperti saat nonton TV maupun objek-objek yang lain.

  • Sering Mengucek atau Berkedip

Hal ini kerap dilakukan oleh pengidap mata minus dengan tujuan untuk memperjelas penglihatan yang semula terlihat kabur. Tidak sedikit orang yang tidak mengetahui bahaya dari mengucek mata dengan tangan. Siapa yang menduga bila mengucek mata menggunakan tangan hanya akan memperparah penglihatan hingga mengobati kerusakan saraf pada mata.

Gejala mata minus dapat menjadi pertanda tidak normalnya kadar gula darah pada pengidap diabetes atau sebagai indikasi awal terjadinya  katarak. Untuk melakukan pengobatan terhadap mata minus, memang ada baiknya mengenali dan memahami gejala mata minus yang dialami. Menjaga kesahatan mata sangat penting sebab mata bisa dikatakan organ paling penting dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Bahaya Mata Minus

Jika minus terlalu tinggi (> 6 D) akibatnya tidak dilakukan pencegahan dan pengobatan, maka akan ada beberapa efek / komplikasi yang mungkin timbul yaitu :

  • Ablasio retina.¬† Lepasnya retina mata akibat rabun yang tinggi
  • Glukoma. Berkurangnya lapang pandang akibat rabun
  • Tidak bisa bersin terlalu kuat
  • Kebutaan
  • dll

Posy by : jellygamatqnc.net

Penyakit Mata Minus, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Categorised in:

No comment for Penyakit Mata Minus, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *