Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit maag, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit maag, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(38 Views) Mei 1, 2017 12:25 pm | Published by | No comment

Penyakit maag, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit maag, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Penyakit maag merupakan penyakit yang menyerang organ pencernaan manusia. Penyakit maag biasa menimbulkan gejala seperti nyeri yang berasal dari lambung, usus halus. Atau bahkan kerongkongan yang disebabkan oleh sebuah kondisi. Sebutan lain dari penyakit maag adalah dispepsia, sakit maag dapat di sebabkan oleh banyak hal. Diantaranya akibat adanya luka terbuka yang muncul pada lapisan lambung atau tulak lambung, infeksi bakteri Helicobacter pylori, stres dan efek penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid.

Penyakit maag, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Meskipun penyakit maag ini bisa ditangani tanpa harus berkonsultasi kepada dokter. Namun pemeriksaan medis tetap harus dilakukan jika penyakit maag di sertai dengan gejala yang parah. Jika anda sudah positif menderita sakit maag maka harus dilakukan penanganan yang tepat agar penyakit maag tidak berangsur parah dan lama.

Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang sudah umum dikalangan masyarakat Indonesia. Survey membuktikan bahwa sekitar 7000 kasus maag dengan 86,4% dari jumlah tersebut merupakan dispepsia fungsional atau penyakit maag yang tidak diketahui penyebabnya.

Gejala Penyakit Maag

Selain menimbulkan nyeri pada perut bagian atas, masih banyak lagi gejala dari penyakit maag yang sering dirasakan oleh mereka yang menderita penyakit maag ini. berikut adalah sebagian dari gejalanya:

  1. Nyeri pada ulu hati atau rasa panas tepat di tengah dada yang terkadang muncul ketika selesai makan.
  2. Cepat merasa kenyang berkepanjangan setelah makan.
  3. Muntah.
  4. Mual.
  5. Perut kembung.
  6. Refluks.
  7. Sering bersendawa.

Sakit maag dengan disertai gejala rasa panas di dalam dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan, merupakan salah satu jenis penyakit maag yang sering terjadi. Pada penderita maag, gejala biasanya akan menjadi semakin buruk ketika dirinya mengalami stres.

Penyebab Penyakit Maag

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan munculnya penyakit maag, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Obesitas
  • Penyakit refluks gastroesofagus
  • Terlalu banyak makan
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafein, alkohol , atau minuman soda
  • Mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, dan pedas
  • Merokok
  • Efek samping penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid
  • Tukak lambung atau luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung
  • Masalah psikologi (misalnya cemas dan stres)
  • Makan terlalu cepat
  • Konstipasi
  • Terlalu banyak mengkonsumsi cokelat
  • Infeksi bakteri Helicobacter pylori

Selain kondisi diatas, penyakit maag juga bisa terjadi diakibatkan karena komplikasi suatu penyakit. Contoh penyakit yang bisa menyebabkan penyakit maag adalah penyakit radang pankreas, batu empedu, penyakit iskemia usus, penyakit celiac, penyumbatan usus, penyakit hernia dan kanker lambung. Sebagian kasus penyakit maag memang tidak membutuhkan pemeriksaan dokter, namun temuilah dokter jika gejala seperti yang sudah dituliskan diatas sering terjadi.

Bahaya Penyakit Maag

Bahaya penyakit maag salah satunya adalah bisa menimbulkan gejala kanker lambung, karena itu jika anda menderita penyakit maag maka anda harus segera memeriksanya ke dokter. Agar sesuatu buruk yang disebabkan oleh penyakit ini dapat anda hindari. Penyakit maag merupakan suatu kondisi yang akan sangat mengganggu aktivitas bila tidak ditangani dengan tepat. penyakit ini dapat berakibat fatal jika tidak dilakukan penanganan sama sekali.

Penyakit maag lebih sering dialami oleh mereka yang masih dalam usia produktif, karena itu penyakit ini termasuk kedalam penyakit yang tidak pandang usia. Di Indonesia, tingkat kesadaran masyarakat dalam mengatasi masalah penyakit ini masih kurang. Padahal penyakit maag ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, selain itu penyakit ini jika dibiarkan bisa merusak fungsi lambung.

Dikota-kota besar banyak sekali penduduk yang di sibukan dengan aktivitas pekerjaan mereka sehari-hari. Oleh sebab itu, pola makan mereka menjadi tidak terkontrol dan lebih banyak memakan makanan sembarangan. Ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penyakit maag dapat menyerang tubuh kapan saja. Untuk itu selalu jaga kesehatan terutama kesehatan lambung dengan lebih memperhatikan asupan makanan yang akan di konsumsi. Agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit menyerang tubuh termasuk penyakit maag ini.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit maag, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *