Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit Lyme, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Lyme, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(49 Views) Juni 10, 2017 10:19 am | Published by | No comment

Penyakit Lyme, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Lyme, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Lyme merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Borrelia burgdorferi. Penyakit lyme yang menular ini dapat menyebar melalui gigitan kutu.

Penyakit Lyme, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penanganan yang dijalankan secepat dan seefektif mungkin mampu menjamin proses kesembuhan yang lebih cepat. Bila dibiarkan begitu saja, tentunya gejala–gejala penyakit Lyme akan terus berkembang menjadi semakin parah dan berkelanjutan.

  • Gejala dan Bahaya Penyakit Lyme

Penyakit ini mempunyai banyak gejala yang timbul secara bertahap. Pada awalnya, bintik merah bisa timbul di bagian yang digigit oleh kutu. Namun, Anda belum pasti langsung tertular penyakit Lyme bila mengalami hal ini. Ada sejumlah indikasi lain yang menandakan penularan Lyme.

Gejala-gejala tersebut umumnya timbul dalam jangka waktu 4 minggu dan meliputi :

  1. Muncul ruam pada kulit yang digigit kutu dan biasanya tak menimbulkan rasa nyeri ataupun gatal. Bentuk ruam nantinya akan melebar membentuk cincin dengan bulatan merah ditengah. Hampir terlihat seperti mata banteng. Ruam tersebut akan timbul dalam tiga hari sampai satu bulan setelah tergigit.
  2. Kelelahan.
  3. Demam.
  4. Pegal-pegal.
  5. Menggigil.

Bila Anda mengalami tanda dan gejala di atas, ada baiknya untuk segera pergi menemui dokter untuk menerima pengobatan secepat mungkin. Sekalipun tanda dan gejala lanjutan telah hilang, Anda tetap harus dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan diri ke dokter. Gejala yang mereda bukan berarti Lyme yang Anda derita telah sembuh.

Jika dibiarkan, penyakit Lyme bisa memicu tanda dan gejala lebih serius yang timbul berbulan–bulan dan bahkan bertahun–tahun kemudian. Contoh indikasi yang mungkin saja timbul yaitu :

  1. Gangguan sistem saraf, seperti otot wajah yang lumpuh atau tangan terasa kaku.
  2. Nyeri dan bengkak di sendi yang bisa berpindah–pindah ke sendi lainnya.
  3. Peradangan di selaput pelindung otak / meningitis.
  4. Gangguan jantung, peradangan mata, dan hati.
  • Diagnosis Penyakit Lyme

Umumnya penyakit ini sangat sulit didiagnosis, lantaran tanda dan gejalanya yang cenderung menyerupai penyakit lain. Cara paling mudah untuk mengetahui apakah Anda menderita penyakit atau tidak yaitu melalui pemeriksaan pada ruam kulit tersebut. Mungkin dokter akan bertanya tentang riwayat tergigit binatang, meskipun demikian banyak pengidap yang  tak bisa mengingat digigit binatang.

Jika pengidapnya tak bisa mengingat digigit oleh binatang dan ruam tak benar-benar unik, maka dokter akan menyarankan untuk menjalankan tes darah hal ini untuk memastikan diagnosis. Pemeriksaan tersebut akan dijalankan secara berkala atau selama kurang lebih 1 bulan sejak perkiraan penularan.

Saat tes darah berlangsung, dokter memeriksa keberadaan dan juga kadar antibodi pada Lyme dalam darah.. Hasilnya hanyalah untuk membuktikan bahwa pengidap pernah terinfeksi bakteri ini tanpa tahu apakah infeksi masih aktif/tidak.

Pengidap yang alami gangguan sistem persarafan harus memeriksakan cairan sumsum tulang belakangnya. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi ada atau tidaknya peradangan pada otak atau susunan saraf pusat dan kadar antibodi terhdap bakteri tersebut.

  • Pengobatan Penyakit Lyme

Langkah cara pengobatan yang paling utama untuk Lyme yaitu dengan antibiotik. Durasi penggunaan antibiotik umumnya memakan waktu sekitar 2 minggu hingga satu bulan. Adapun pererbedaan durasi di tiap pasien akan tergantung pada tingkat keparahan infeksi yang dialami pasien. Antibiotik harus dipakai sesuai dengan durasi yang telah disarankan dokter agar bakteri pada tubuh Anda benar-benar musnah.

Setelah pengobatan selesai, tanda dan gejala seperti pegal–pegal dan kelelahan mungkin masih akan dialami oleh pasien. Sejumlah ahli menduga bahwa hal ini dipicu oleh respons daya tahan tubuh yang masih aktif untuk melawan bakteri penyebab Lyme.

  • Pencegahan Penyakit Lyme

Proses pencegahan Lyme bisa Anda lakukann secara ia bisa dilakukan dengan langkah sederhana. Cara yang paling efektif ialah dengan menjauhi tempat–tempat yang mungkin menjadi habitat kutu penyebar sakit Lyme, misalnya rerumputan atau semak belukar.

Berikut ini merupakan langkah sederhana lainnya yang dapat kita lakukan, seperti :

  1. Menjaga kebersihan dalam keluarga, khususnya setelah bepergian.
  2. ruam tak benar-benar unik
  3. Memakai pakaian tertutup, terutama saat berada di luar ruangan.
  4. Menggunakan losion antiserangga.
  5. Rutin periksakan hewan peliharaan Anda supaya terbebas dari kutu.

Post by : jellygamatqnc.net

Penyakit Lyme, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Save

Categorised in:

No comment for Penyakit Lyme, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *