Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit leukemia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit leukemia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(86 Views) Mei 3, 2017 2:58 pm | Published by | No comment

Penyakit leukemia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit leukemia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Penyakit leukemia  atau kanker darah, adalah jenis kanker yang menyerang sel darah putih. Sel darah tubuh merupakan sel yang dapat melindungi tubuh dari benda asing atau penyakit. Sel darah putih adalah sel yang di hasilkan oleh sumsum tulang belakang. Pada saat kondisi normal, sel darah putih akan akan berkembang dengan teratur pada saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yang sedang terjadi pada tubuh. Namun, lain hal dengan orang yang  mengidap kanker darah. Pada penderita kanker darah, sumsum tulang belakang akan memproduksi sel darah putih yang abnormal, tidak dapat berfungsi dengan baik dan secara berlebihan.

Penyakit leukemia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Jumlahnya yang berlebihan, akan menyebabkan terjadinya penumpukan sel darah putih pada sumsum tulang sehingga sel-sel darah yang sehat akan berkurang. Selain menumpuk, sel-sel darah abnormal tersebut juga akan menyebar ke organ lain seperti hati, ginjal, limpa, paru-paru bahkan hingga ke otak dan tulang belakang. Kanker darah terbagi menjadi beberapa jenis, hal ini di bedakan berdasarkan kecepatan perkembangannya. Kanker ini juga dapat di kelompokan menjadi kanker akut dan kronis.

Kanker darah akut dapat berkembang dengan cepat akibat banyaknya pertumbuhan sel darah merah yang abnormal. Atau sel yang belum matang sehingga tidak dapat berfungsi secara normal sebagaimana mestinya. kondisi ini jika terus dibiarkan maka akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Kelebihan sel darah putih akan membuat tubuh menjadi kekurangan oksigen, dan membuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit atau infeksi menurun. Kanker darah juga dapat dikategorikan menurut sel darah putih yang diserang.

Berikut ini adalah beberapa jenis kanker darah yang bisa menyerang siapa saja:

  • Jenis leukemia limfotik kronis atau dalam bahasa medis chronic lymphocytic leukemia (CLL).
  • Jenis leukemia limfotik akut atau dalam bahasa medis acute lymphocytic leukemia (ALL).
  • Jenis leukemia mielogen kronis atau dalam bahasa medis Chronic myelogenous leukemia (CML).
  • Jenis leukemia mielogen akut atau dalam bahasa medis acute myelogenous leukemia (AML).

Secara umum leukemia atau kanker darah menyangkut sumsum tulang belakang yang menjadi tempat pembuatan sel darah putih. Sel yang tadinya dapat mencegah terjadinya infeksi ini tumbuh menjadi tidak normal sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh menjadi tidak berfungsi dengan normal.

Gejala Penyakit Leukemia

Gejala penyakit ini sangatlah beragam, setiap penderita akan merasakan gejala yang berbeda-beda. Tergantung kanker darah jenis apa yang diidap. Indikasi gejala kanker ini juga sangat sulit dikenali, karena cenderung mirip dengan kondisi lain seperti flu. Untuk itu kita perlu waspada jika sedang mengalami keluhan tertentu yang tak kunjung membaik.

Berikut ini merupakan beberapa gejala umum yang biasanya muncul pada penderita kanker darah atau leukemia:

  1. Sakit kepala.
  2. Nyeri pada tulang atau sendi.
  3. Lemas atau kelelahan yang berkelanjutan.
  4. Muncul infeksi yang parah atau sering terjadi.
  5. Muncul bintik-bintik merah pada pada kulit.
  6. Penurunan berat badan.
  7. Demam.
  8. Menggigil.
  9. Mudah mengalami pendarahan seperti mimisan, dll.
  10. Keringat berlebihan, terutama pada malam hari.
  11. Muntah-muntah.
  12. Pembengkakan pada limfa noda, hati, atau limpa.

Itulah beberapa gejala umum yang dapat dirasakan oleh penderita kanker darah. Jika anda atau anak anda mengalami gejala seperti diatas, maka segeralah memeriksakan diri kepada dokter. Terutama apabila anda mengalami salah satu gejala di atas yang tak kunjung membaik.

Penyebab Penyakit Leukemia

Penyebab penyakit leukemia atau kanker darah ini belum diketahui dengan jelas, namun menurut dugaan adanya mutasi DNA dalam sel darah putih yang menyebabkan perubahan tindakan pada setiap sel. Selain itu perubahan sel darah putih yang di akibatkan karena aktor gen dan lingkungan juga merupakan faktor pemicu munculnya penyakit leukemia.

Berikut ini adalah beberapa faktor pemicu meningkatnya risiko kanker darah putih:

  • Merokok.
  • Keturunan.
  • Pernah menjalani pengobatan kanker.
  • pernah mengalami pajanan terhadap radiasi tingkat tinggi atau zat-zat kimia tertentu.

Bahaya Leukemia atau Kanker Darah

Kanker darah atau leukemia, merupakan salah satu penyakit berat yang banyak menyerang orang. Mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga lansia. Jika anda menderita gejala atau keluhan seperti yang sudah di terangkan di atas, maka sebaiknya anda segera pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjur. Agar jika anda di diagnosis menderita kanker darah. Maka pengobatan bisa dilakukan sedini mungkin.

Penyakit kanker darah merupakan penyakit yang mematikan. Karena penyakit ini sudah banyak merenggut nyawa, di Indonesia terdapat lebih dari 20% penduduknya menderita penyakit kanker darah. Penyakit ini adalah penyakit yang sangat berbahaya, dan apabila tidak segera di obati dan dilakukan penanganan yang tepat maka akan memberikan dampak buruk seperti menurunkan daya tahan tubuh, menimbulkan komplikasi yang serius atau bahkan kematian.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit leukemia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *