Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit lepra, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit lepra, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(63 Views) Mei 15, 2017 3:06 pm | Published by | No comment

Penyakit lepra, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit lepra, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya РPenyakit lepra atau lebih dikenal dengan penyakit kusta. Merupakan penyakit kulit yang menyebabkan terjadinya infeksi kronis menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Lepra merupakan penyakit menahun, beberapa orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Selain menahun, penyakit lepra ini juga merupakan suatu penyakit yang menular dan dikenal sebagai penyakit tahunan atau musiman.

Penyakit lepra, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyebab utama dari jenis penyakit kulit kronis ini yakni bakteri Mycobacterium leprae. Bagian tubuh yang sering dipengaruhi adalah saraf ektremitas, lapisan hidung dan saluran pernapasan bagian atas. Apakah penyakit ini dapat merusak kulit? Ya, tentu saja. Bahkan selain kulit yang terluka, lepra juga bisa menyebabkan kerusakan saraf dan kelemahan pada otot.

Diatas telah dikatakan bahwa ini merupakan penyakit yang menular. Lantas bagaimana cara penyakit lepra atau kusta ini menular?

Lepra atau kusta dapat menular melalui kontak dengan lendir orang yang terinfeksi. Hal tersebut biasanya terjadi saat orang yang terinfeksi bersin atau batuk. Kemudian bakteri yang bertanggung jawab untuk mengatasi lepra akan berkembang biak dengan sangat lambat sehingga penyakit ini akan terinfeksi dalam waktu yang cukup lama yakni sekitar 3 sampai 5 tahun.

Gejala Penyakit Lepra

Ada 3 gejala umum yang sering muncul dan mempengaruhi penyakit ini. berikut adalah ke-3 gejala yang dimaksud, diantaranya adalah:

  1. Kelemahan otot
  2. Mati rasa di tangan, kaki, dan lengan
  3. Lesi kulit yang mengalami penurunan suhu dan nyeri.

Gejala lainnya yang muncul dari penyakit lepra :

  • Adanya penebalan kulit dan saraf perifer.
  • Ulserasi pada kulit.
  • Suara menjadi serak.
  • Adanya keterlibatan mata yang menyebabkan sakit mata, kemerahan pada mata, atau bahkan adanya.
  • Mata mengering dan tidak mampu¬†untuk menutup kelopak mata atau jarang berkedip, ulkus kornea dan kebutaan.
  • Hilangnya alis dan bulu mata.

Penyebab Penyakit Lepra

Selain dari bakteri Mycobacterium leprae, penyakit lepra ini juga memiliki sebab lainnya yaitu adanya kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Ada sebuah penelitian dimana penelitian tersebut memberikan Beberapa bukti yang menguatkan bahwa kerusakan genetik pada sistem kekebalan tubuh yang bisa menimbulkan orang-orang tertentu lebih mungkin untuk terinfeksi penyakit ini. Itu sebabnya mengapa orang yang memiliki imunitas rendah lebih cenderung mudah terinfeksi oleh bakteri lepra.

Perlu diketahui bahwa selain dari banyaknya berbagai sebab, jenis lepra yang sering ditemukan yakni Lepra Multibasiler. Lepra ini menyebabkan lesi kulit menjadi tidak beraturan dengan jumlah yang lebih banyak dari lesi kulit normal pada umumnya. Sehingga yang sering terjadi yaitu ketidak stabilan saraf tepi dengan kelemahan yang menimbulkan kehilangan rasa rangsangan pada tubuh. Maka dari itu sangat penting sekali jika anda merasakan gejala seperti yang ada diatas. Ada baiknya anda segera memeriksakan diri untuk mendapat penanganan yang tepat, karena penyakit ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja.

Bahaya Penyakit Lepra

Apabila penyakit lepra ini tidak segera diobati, maka dapat menimbulkan berbagai macam bahaya diantaranya adalah kerusakan permanen pada saraf jari lengan, jari kaki, kaki dan tangan. Hal ini juga dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk merasakan sakit dan suhu di area bagian tubuh tersebut. Bahaya lainnya yang muncul dari penyakit ini adalah terjadinya cedera berulang dan kerusakan saraf yang pada akhirnya dapat menyebabkan kelainan bentuk bahkan hilangnya jari tangan dan kaki.

Lepra yang tidak diatasi juga dapat menyebabkan pembengkakan, luka pada kulit dan lesi yang lebih parah. Terlebih jika penyakit lepra yang diderita merusak lapisan kulit hidung, sangat berbahaya jika tidak segera ditangani karena anda bisa mengalami mimisan dan kekakuan yang konstan. Apakah masih ada bahaya lainnya yang muncul? Tentu. Lepra juga dapat membahayakan mata yang akhirnya menyebabkan glaukoma bahkan kebutaan. Satu hal yang tak kalah pentingnya adalah penyakit lepra yang terjadi pada laki-laki dapat membahayakan jumlah hormon testosteron dan jumlah sperma pria yang menyebabkan ketidaksuburan.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit lepra, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *