Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » Penyakit asam lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit asam lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(32 Views) Mei 5, 2017 3:46 pm | Published by | No comment

Penyakit asam lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit asam lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Penyakit asam lambung adalah penyakit yang di sebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus atau dikenal juga sebagai kerongkongan yang menghubungkan mulut dan lambung, penyakit ini sudah cukup umum di kalangan masyarakat, karena hampir dari semua mempunyai keluhan pada asam lambung. Asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) yang naik ini di sebabkan karena tidak berfungsinya lingkaran otot atau ower esophageal sphincter (LES) pada bagian bawah esofagus, LES berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman masuk melalui kerongkongan, setelah itu LES akan kembali menutup untuk mencegah naiknya asam lambung dan makanan di dalam perut agar tidak naik kembali ke kerongkongan.

Penyakit asam lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Jika LES mengalami gangguan atau rusak, maka asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung, penyakit asam lambung ini bisa terjadi karena beberapa faktor seperti kelebihan berat badan, keadaan hamil atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Gejala yang akan dirasakan oleh penderita asam lambung pada umumnya adalah sensasi rasa terbakar pada bagian dada atau nyeri pada ulu hati, oleh sebab itu maka kita akan merasa tidak nyaman pada saat setelah mengkonsumsi makanan, mulut dan kerongkongan juga terasa tidak enak, merasa sakit dan kesulitan pada saat menelan makanan . Jika gejala ini dialami secara terus menerus maka harus dilakukan perawatan secara serius.

Berikut adalah gejala-gejala yang paling umum di derita oleh penderita asam lambung:

  • Refluks asam lambung atau regurgitasi.
  • Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati.
  • Kesulitan menelan.
  • Merasa seperti ada benjolan di kerongkongan saat menelan.
  • Laringitis: terjadi peradangan pada laring atau pita suara yang dapat menyebabkan tenggorokan sakit serta suara menjadi parau.
  • Batuk kering yang sering terjadi pada malam hari.
  • Sakit dada.
  • Mengi
  • Gigi menjadi rusak.
  • Bau napas tidak sedap.
  • Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.

Penyakit asam lambung yang ringan biasanya terjadi duka kali dalam sebulan dan tidak terlalu memerlukan intervensi medis. Anda hanya perlu membatasi makanan dan mengubah menu makan serta menghindari makanan yang dapat memicu naiknya GERD, ketika gejalanya muncul anda bisa membeli obat di apotek. Tetapi jika gejala yang muncul cukup parah dan sering terjadi, maka anda sangat di anjurkan untuk pergi kedokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Asam lambung sebagian di sebabkan oleh tidak berfungsinya LES pada organ pencernaan. Seperti yang telah saya sebutkan di atas, LES adalah lingkaran otot yang akan terbuka ketika makanan atau minuman masuk dan setelah itu LES akan kembali menutup untuk mencegah agar makanan dan asam lambung tidak naik lagi ke kerongkongan. Pengobatan asam lambung atau GERD terdapat beberapa macam, mulai dari penanganan secara mandiri atau tanpa bantuan medis, penggunaan obat-obatan khusus, menggunakan pengobatan herbal hingga menempuh jalan operasi sebagai langkah akhir.

Berikut ini adalah beberapa lah yang bisa anda lakukan untuk meredakan gejala GERD:

  1. Hindari minum alkohol dan kopi.
  2. Berhenti merokok.
  3. Tidur dengan bantal yang agak tinggi.
  4. Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat.
  5. Menurunkan berat badan jika diperlukan.
  6. Makan dalam porsi kecil tapi lebih sering.
  7. Jangan langsung berbaring setelah makan.
  8. Hindari cokelat, tomat, makanan berlemak, dan pedas.

Bahaya penyakit asam lambung pada kurun waktu yang lama dan tidak di tangani secara tepat maka penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi yang serius untuk kesehatan tubuh anda, ada berbagai komplikasi yang mungkin akan di alami oleh pengidap penyakit lambung, tingkat komplikasi yang akan dialami juga beragam,dari komplikasi ringan sampai komplikasi yang parah dan mengancam kesehatan tubuh. Sebagian besar komplikasi yang di alami adalah peradangan atau inflamsi pada dinding kerongkongan, kemudian komplikasi ini dapat memicu kondisi lain. Penyakit asam lambung juga dapat memperparah gejala pada penyakit lainnya, khususnya penyakit asma.

Berikut adalah komplikasi-komplikasi yang bisa terjadi pada penderita asam lambung:

1. Luka pada dinding esofagus atau tulak esofagus

Asam lambung ini bisa mengikis lapisan dinding esofagus dengan parah, dan ini dapat menyebabkan luka atau tukak terbentuk, tukak esofagus bisa berdarah dan akan menimbulkan rasa nyeri ketika menelan.

2. Asma

Gejala asma pada penderita asam lambung akan memburuk, hal ini disebabkan karena memburuknya saluran udara yang terganggu oleh asam lambung, efek samping dari obat-obatan asma juga akan memperparah gejala GERD.

3. Kanker esofagus

selain di sebabkan oleh gejala penyakit GERD yang terus berlanjut, ternyata terdapat juga beberapa pemicu meningkatnya penyakit kanker esofagus. Risiko ini seketika akan meningkat jika penderita asam lambung adalah seorang pria, peminum alkohol dan perokok, mengalami obesitas atau kegemukan. Gejala paling umum yang akan di alami oleh penderita kanker esofagus adalah kesulitan menelan karena rasa sakit di sekitar esofagus serta menurunnya berat badan dengan drastis.

4. Penyempitan saluran esofagus

Penyempitan saluran esofagus yaitu suatu kondisi kerusakan yang terjadi pada dinding bagian bawah dari esofagus yang disebabkan karena terjadinya teriritasi oleh asam lambung secara terus menerus. kemudian setelah terjadinya iritasi secara terus-menerus, disekitar esofagus dapat terjadi pembentukan luka yang mengakibatkan penderita mengalami kesusahan menelan makanan.

5. Esofagus Barrett

Perubahan sel yang terjadi di sekitar esofagus ini bisa saja terjadi setelah esofagus mengalami iritasi berkali-kali. Kondisi seperti ini disebut dengan Esofagus Barrett atau bisa dianggap sebagai kondisi prakanker. Perubahan sel yang terjadi belum memiliki sifat-sifat kanker. Tetapi di kemudian hari sel tersebut dapat menjadi pemicu munculnya kanker, walaupun hal ini sangat terhitung jarang.

Itulah sedikit penjelasan tentang asam lambung, gejala dan beberapa penanganan kecil untuk meredakan gejala asam lambung serta berbagai komplikasi yang dapat terjadi pada tubuh di karenakan efek dari GERD atau penyakit asam lambung yang sudah di derita dalam kurun waktu yang lama, jika anda mengalami gejala seperti di atas dan telah terjadi dalam kurun waktu yang lama, maka saya sarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter karena penanggulangan penyakit sejak dini akan mengurangi resiko penyakit semakin parah.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit asam lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *