Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Kulit Eksim, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Kulit Eksim, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(99 Views) Mei 8, 2017 3:35 pm | Published by | No comment

Penyakit Kulit Eksim, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Kulit Eksim, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Eksim muncul akibat meradangnya kulit dan terjadi iritasi. Dengan bahasa ilmiahnya penyakit eksim ialah dermatitis. Dermatitis merupakan sebutan medis untuk kelainan kulit yang iritasi dan meradang. Penyakit ini nyatanya bisa menyerang kulit sehingga dapat tumbuh di seluruh bagian tubuh mana saja. Namun, pada umumnya eksim menyerang pada bagian tangan dan kaki. Eksim dengan jenis dermatitis atopik ini paling banyak ditemui dan terjadi di Indonesia. Terlihat secara jelas, bentuk pada salah satu penyakit ini mulai dari iritasi kulit ringan dengan muncul kemerahan sehingga memiliki bentuk yang parah dengan disertai kulit kemerahan dan bernanah.

Penyakit Kulit Eksim, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Dermatitis atopik merupakan suatu kondisi kulit menjadi kering, gatal, pecah-pecah dan memiliki warna kemerahan. Eksim atopik ialah jenis penyakit yang memiliki jangka panjang dan gejalanya bisa membaik kemudian dapat menjadi parah. Eksim ini paling umum terjadi dengan sendirinya, karena kondisi peradangan. Atopik ini sendiri ialah seseorang yang cenderung memiliki alergi tertentu.

Jenis Eksim yang patut anda ketahui, ialah dermatitis discoid, verikosa, dermatitis kontak, dishidrotik, seboroik dan dermatitis statis. Eksim sering muncu pada anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan bisa menyerang dewasa, lansia dll. Umum terjadi eksim rentan menyerang seseorang yang mengidap asma, hay fever serta kerusakan pelindung pada kulit yang menyebabkan bakteri masuk ke dalam tubuh. Lokasi yang sering kemunculan penyakit eksim, meliputi kepala dan wajah, tangan, bagian dalam siku, lutut dan kaki.

Penyebab Penyakit Kulit Eksim

Penyakit Kulit Eksim, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya. Salah satu penyebab kulit eksim saat ini masih belum diketahui secara pasti, namun para peneliti ahli mencurigai eksim sangat erat kaitannya dengan pertahanan tubuh yang berlebihanm. Dengan begitu, dapat menyebabkan tubuh mengalami reaksi terhadap iritasi dan bakteri yang berbahaya pada kulit. Oleh karena itu, eksim biasanya terjadi pada keluarga yang memiliki riwayat penyakit asma atau alergi.

Pada umumnya setiap orang memiliki penyebab eksim yang berbeda-beda. Namun, beberapa diantaranya orang tersebut mengalami gatal yang luar biasa pada area kulit. Makanan bisa menjadi penyebab tertentu dengan tumbuhnya eksim dan diduga makan tersebut ialah, telur, kacang susu, gandum dll. Bahkan pada mereka yang memiliki alergi cenderung bisa mengalami eksim atau dermatitis. Beberapa hal yang dapat memicu munculnya eksim, seperti bahan pakaian, cuaca yang dingin, sabun yang dipakai dengan memiliki bahan kimia yang sangat keras dan udara lembab. Inilah beberapa faktor yang dapat memperburuk gejala eksim, diantaranya :

  • Menggaruk permukaan kulit sehingga mengalami iritasi dan luka
  • Memiliki kulit kering
  • Infeksi bakteri dan virus
  • Konsumsi makanan seperti, telur, susu, kedelai
  • Asap rokok dan polusi udara
  • Kain dengan bahan wol, seperti pakaian atau karpet dll.

Itulah penyebab dari munculnya penyakit eksim, penyakit eksim bisa hilang sendirinya tanpa memerlukan pengobatan yang khusus.

Gejala Kulit Eksim

Eksim yang terjadi pada bayi biasanya dapat hilang dengan sendirinya, bahkan bisa juga bertahan sampai dewasa. Jenis penyakit ini memiliki waktu tertentu dengan gejala yang akan membaik dan ada pula gejala yang akan menjadi buruk. Gejala utama pada penyakit ini ialah rasa gatal, kulit akan menjadi pecah-pecah sehingga berubah warna menjadi kemerah-merahan yang memppengaruhi tubuh. daerah lokasi yang sering terkena penyakit eksim ialah lengan pada siku, lutut, pipi, tangan dll.

Berikut Beberapa Gejala Kulit Eksim Menyebar Pada Permukaan Kulit, antara lain :

  • Terdapat cairan seperti nanah dan darah kotor
  • Eksim yang tumbuh akan menjadi lebih luas dan bertambah buruk
  • Sakit dan membengkak
  • Adanya cairan putih dan kuning pada permukaan eksim
  • Badan merasa demam dengan suhu tubuh yang tinggi
  • Merasa gatal pada saat malam hari
  • Ruam merah
  • Kulit akan menjadi pecah-pecah, kering dan bersisik, dll

Bahaya kulit eksim adalah penyakit yang sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari. Penyakit ini dapat menyerang berbagai kalangan usia. Memang penyakit ini cenderung terlihat sederhana, akan tetapi sangat bermasalah. Tidak hanya memiliki masalah pada permukaan kulit, jamur yang terjadi bisa menembus dan masuk ke area darah dan tumbuh dibagian organ-organ tertentu.

Post by : jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit Kulit Eksim, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *