Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit kolesterol, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit kolesterol, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(24 Views) Mei 8, 2017 3:41 pm | Published by | No comment

Penyakit kolesterol, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit kolesterol, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar di produksi oleh hati dan sebagiannya lagi di dapat dari sumber makanan yang mengandung lemak tinggi. Kolesterol bisa dikatakan sebagai lemak juga, namun jenis nya berbeda karena lemak sendiri terdiri dari berbagai macam dan kolesterol termasuk kedalam jenis lemak.

Penyakit kolesterol, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Kolesterol didalam tubuh memiliki peranan sangat penting. Hampir seluruh bagian tubuh memerlukan kolesterol, secara intinya kolesterol memiliki peran yang sangat baik untuk keseimbangan tubuh dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.Namun demikian jika kadar kolesterol didalam tubuh melebihi batas normal. Maka akan berdampak buruk terhadap tubuh dan bisa menyebabkan penyakit berat. Pada dasarnya kolesterol di bagi menjadi dua yaitu Kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein Cholesterol) dan Kolesterol baik HDL (High Density Lipoprotein).

Berikut adalah pengertian dari dua kolesterol diatas:

1. Kolesterol jahat

Kolesterol jahat atau dalam bahasa medisnya Low Density Lipoprotein Cholesterol yang biasa disingkat LDL memiliki peranan baik didalam tubuh. Yaitu mendistribusikan kolesterol dari hati ke organ tubuh yang membutuhkannya. Tetapi jika kadar kolesterol jahat di dalam tubuh berlebih maka akan menyebabkan melekatnya kolesterol dalam dinding-dinding pembuluh darah pada saat transportasi darah dilakukan. Melekatnya kolesterol didalam pembuluh darah, lama kelamaan akan menjadi plak dan dapat menyumbat aliran darah atau penyumbatan pada aliran darah.

2. Kolesterol baik

Kolesterol baik atau dalam bahasa medis sering di sebut dengan High Density Lipoprotein. Atau di singkat HDL memiliki kandungan protein lebih banyak dari pada lemak sehingga kolesterol ini di sebut dengan kolesterol baik. Peran HDL pada tubuh adalah kebalikan dari LDL atau kolesterol jahat. Yaitu mengangkut kolesterol dari organ tubuh yang tidak terpakai kembali ke organ hati untuk di proses kembali. Namun demikian kadar HDL juga tidak boleh berlebih karena mempunyai resiko buruk terhadap tubuh.

Maka dari itu keseimbangan kolesterol sangatlah penting bagi tubuh. Agar tidak terjadi hal-hal buruk yang berdampak pada kesehatan tubuh. Penyakit kolesterol ini sudah menjadi umum di kalangan masyarakat karena hampir 28% penduduk Indonesia mengidap kolesterol tinggi. Yang disebut kolesterol tinggi adalah senyawa kolesterol jahat yakni LDL di dalam darah. Kolesterol tinggi inilah yang sangat berbahaya karena bisa menciptakan plak yang akan menyumbat pembuluh darah. Sehingga terjadi penyumbatan dan menyebabkan serangan jantung, stroke bahkan kematian.

Gejala Kolesterol Tinggi

Gejala kolesterol tinggi pada tubuh sangat tidak sulit untuk dirasakan. Karena kondisi naiknya kadar kolesterol pada tubuh sangat berdampak sekali pada kinerja tubuh. Gejala yang bisa sering dialami oleh penderita kolesterol tinggi sangatlah beragam tetapi pada umumnya gejala yang paling sering dirasakan adalah sebagai berikut:

  • Sakit Kepala.
  • Mual dan Muntah.
  • Sering kesemutan.
  • Nyeri Leher dan Punggung.
  • Sulit Bernafas.
  • Nyeri Dada.
  • Otot Kaki Lemah.
  • Kehilangan Keseimbangan.
  • Wajah Merah.
  • Emosi Tidak Stabil.
  • Tubuh Sangat Lelah.
  • Sakit Kaki dan Tangan.

Itulah beberapa gejala umum yang sering dirasakan oleh penderita kolesterol. Jika anda pernah merasakan gejala seperti diatas, maka ada baiknya anda mengukur kadar kolesterol dalam darah anda. Karena jika kadar kolesterol didalam darah anda melebihi batas normal, maka kemungkinan anda mengidap penyakit kolesterol tinggi dan harus segera diobati. Pengobatan kolesterol tinggi memang sangat diperlukan, karena lama kelamaan kolesterol akan menumpuk pada pembuluh darah dan membentuk plak yang akan menyumbat laju aliran darah didalam pembuluh darah anda. Jika kondisi ini terjadi, maka akan sangat membahayakan kesehatan anda karena penyumbatan didalam pembuluh darah bisa berisiko memunculkan penyakit seperti yang sudah disebutkan diatas.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyakit kolesterol disebabkan karena beberapa faktor. Salah satu faktor yang paling kuat dalam memicu penyakit kolesterol adalah gaya hidup tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat memang dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit. Gaya hidup yang tidak sehat akan banyak mempengaruhi kehidupan anda. Dampak buruk dari mengkonsumsi makanan sembarangan, jarang berolahraga, merokok, mengkonsumsi alkohol, dapat menyebabkan datangnya penyakit serius seperti penyakit kolesterol.

Selain faktor gaya hidup yang tidak sehat, faktor genetik juga dapat menjadi pemicu munculnya penyakit kolesterol yang anda alami. Faktor genetik atau faktor keturunan  juga dapat menjadi penyebab awal munculnya penyakit kolesterol. Memiliki anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit kolesterol bisa menjadi pemicu meningkatnya risiko penyakit kolesterol pada diri anda.

Bahaya Penyakit Kolesterol

Penyakit kolesterol merupakan suatu penyakit yang jika dibiarkan tanpa penanganan apapun, maka akan berakibat buruk bagi kesehatan anda. Kolesterol tinggi jika dibiarkan maka alan menjadi pemicu munculnya berbagai jenis penyakit seperti:

  1. Pembuluh darah pecah.
  2. Nyeri dada .
  3. Jantung Serangan atau penyakit jantung koroner.
  4. Stroke.
  5. Penyempitan atau pengerasan pembuluh arteri (Aterosklerosis).

Itulah beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari penyakit kolesterol tinggi. Ada baiknya anda melakukan pencegahan dengan menjalankan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh, berolahraga dengan teratur karena dengan berolahraga, pembakaran lemak didalam tubuh bisa berjalan dengan maksimal. Olahraga juga dapat membuat laju metabolisme didalam tubuh anda berjalan dengan lancar dan membuat tubuh semakin sehat.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit kolesterol, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *