Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit kolera, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit kolera, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(117 Views) Mei 9, 2017 11:14 am | Published by | No comment

Penyakit kolera, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit kolera, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Penyakit kolera merupakan suatu kondisi dimana penderitanya terinfeksi virus yang menyebabkan terjadinya dehidrasi. Yang diakibatkan karena diare yang parah. Hal ini disebabkan karena adanya infeksi akut yang merupakan dampak dari mengkonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh bakteri kolera yang bernama vibrio cholerae (v. cholerae). Penularan penyakit kolera biasanya air, penduduk yang tinggal di pemukiman padat dan di tepi sungai yang kotor kemungkinan besar sangat mudah terkontaminasi virus ini. Jika tidak ditangani dengan benar, penyakit ini dapat berakibat fatal hanya dalam hitungan jam saja.

Penyakit kolera, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Seseorang yang menderita kolera, pada umumnya akan mengalami diare yang hebat dan dehidrasi yang jika tidak cepat ditangani akan berujung kematian. Reaksi dari bakteri vibrio cholerae (v. cholerae) akan terjadi sekitar satu sampai lima jam setelah seseorang mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut. Tetapi dengan penanganan yang tepat, penyakit kolera bisa di tangani dengan baik. Ketika anda terserang penyakit kolera. Anda bisa menggunakan pengobatan yang mudah dan murah dengan cara mengkonsumsi oralit untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Gejala Penyakit Kolera

Penyakit kolera merupakan suatu penyakit yang tidak memiliki gejala yang jelas. Karena tidak semua orang yang menderita penyakit kolera ini mengalami gejala. Dari keseluruhan penderita penyakit ini, hanya 10% saja yang mengalami gejala yang disebabkan oleh penyakit ini. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa dirinya telah mengalami dampak dari infeksi bakteri kolera. Oleh sebab itu, sangat penting sekali bagi anda untuk mengetahui gejala-gejala yang  ditimbulkan jika anda terinfeksi bakteri kolera.

Berikut ini adalah gejala yang disebabkan oleh bakteri kolera, diantaranya adalah:

  1. Tubuh lesu.
  2. Aritmia atau gangguan irama jantung.
  3. Mata cekung.
  4. Volume keluarnya urine sangat sedikit atau bahkan tidak ada.
  5. Merasa sangat haus.
  6. Mulut terasa kering.
  7. Hipotensi atau tekanan darah rendah.
  8. Letargi.
  9. Mudah marah.
  10. Kulit berkerut dan kering.
  11. Dehidrasi.
  12. Kram perut.
  13. Mual dan muntah.
  14. Diare.

Gejala-gejala diatas bisa saja terjadi dengan tiba-tiba. Termasuk gejala diare, diare akibat kolera bisa menghilangkan cairan tubuh dengan cepat. Sekitar 1 liter per jam cairan didalam tubuh akan hilang. Ini merupakan salah satu penyebab terjadinya dehidrasi yang dapat membahayakan tubuh jika tidak ditangani dengan baik. Untuk membedakan diare akibat kolera dengan diare biasanya adalah dengan membedakan mimik wajah. Karena biasanya orang yang menderita diare disebabkan karena bakteri kolera akan menandakan wajah yang pucat.

Penyebab Penyakit Kolera

Penyebab dari penyakit kolera adalah terjadinya infeksi pada usus yang disebabkan oleh virus atau bakteri bernama vibrio cholerae. Bakteri ini memproduksi racun yang berpotensi mengganggu kinerja usus. Racun yang berasal dari bakteri ini akan menempel pada dinding usus dan mengganggu aliran mineral sodium dan klorida sehingga pada akhirnya menyebabkan tubuh mengeluarkan air dalam jumlah yang berlebihan (diare) yang mengakibatkan tubuh kekurangan elektrolit dan cairan.

Bakteri vibrio cholerae biasa ditemukan pada air kotor atau pada pasokan air minum yang telah terkontaminasi dengan kotoran yang mengandung bakteri tersebut. Penyakit ini sangat jarang sekali menular melalui kontak langsung antar orang, tetapi bakteri ini akan masuk kedalam tubuh melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi olehnya. Bakteri ini sering mengontaminasi air atau makanan seperti berikut ini:

  • Makanan dan minuman yang tidak higiene.
  •  Ikan dan kerang  mentah dan makanan laut lain yang berasal dari perairan yang sudah tercemar limbah.
  • Pasokan air massal.
  • Sayuran yang tumbuh dengan diairi limbah.
  • Es yang terbuat dari sumber air massal.

Untuk itu selalu waspada sebelum anda mengkonsumsi makanan atau memakai air yang berasal dari penampungan atau sungai yang kotor. Agar anda terhindar dari bakteri ini maka sebaiknya anda selalu memperhatikan kebersihan makanan yang akan anda konsumsi, terutama yang akan dikonsumsi oleh anak-anak. Gejala kolera yang menyerang anak-anak akan lebih parah dibandingkan dengan orang dewasa.

Anak-anak yang telah terinfeksi oleh bakteri kolera akan lebih rentan mengalami hipoglikemia atau kadar gula darah rendah yang akan menyebabkan terjadinya kejang hingga kehilangan kesadaran dan bahkan koma. Ketika anda atau anak anda mengalami kondisi diare yang sangat parah, maka sangat dianjurkan untuk segera mendatangi dokter agar cepat ditangani. Dan tidak akan berakibat buruk pada kondisi kesehatan anda.

Bahaya Penyakit Kolera

Bakteri kolera merupakan bakteri yang bisa bertahan lama didalam air penampungan yang kotor, sungai atau saluran lainnya. Bakteri ini akan mengganggu saluran pencernaan manusia, yang menyebabkan terjadinya diare dengan keluarnya kotoran berwarna putih seperti cucian beras. Dengan bau yang amis, bahaya dari penyakit ini adalah dapat menyebabkan dehidrasi yang hebat terhadap tubuh. Dehidrasi ini akan sangat membahayakan tubuh, dampak dari dehidrasi ini adalah kekurangan cairan tubuh. Bahkan yang lebih parahnya lagi menyebabkan kematian.

Penyakit ini memang bukan bagian dari penyakit yang berbahaya. Tetapi jika penyakit ini tidak ditangani dengan baik maka akan sangat membahayakan kesehatan tubuh. Risiko kematian yang disebabkan karena terinfeksi bakteri kolera akan meningkat jika benar-benar tidak dilakukan penanganan apapun. Terutama jika bakteri ini menyerang anak-anak, reaksi atau gejala yang dapat di timbulkan juga akan lebih parah dari orang dewasa. Untuk itu jika anda atau anak anda mengalami ciri-ciri seperti terinfeksi bakteri kolera, maka harus segera melakukan tindakan medis dengan mendatangi dokter. Agar risiko terjadinya hal buruk dapat berkurang.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit kolera, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *