Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Kelenjar getah bening, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Kelenjar getah bening, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(24 Views) Mei 6, 2017 3:45 pm | Published by | No comment

Penyakit Kelenjar getah bening, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Kelenjar getah bening, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Kelenjar getah bening merupakan salah satu bagian dari organ tubuh yang sangat penting. Yaitu sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri dan hal lainnya. Ketika tubuh mengalami infeksi, kelenjar getah bening akan membengkak untuk memberikan tanda. Dan akan kembali mengempis dengan sendirinya.

Penyakit Kelenjar getah bening, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Kelenjar getah bening (limfosit) ialah jaringan kecil yang terdapat dalam tubuh dan memiliki fungsi sebagai penghasil penyaring cairan. Getah bening sangat berperan aktif dalam mengeluarkan jaringan sel-sel mati yang paling utama pada tubuh. Selain itu, berfungsi sebagai sistem peredaran dengan keseluruhan mengatur kinerja pada sistem kekebalan tubuh. Indikasinya penyakit ini disebabkan oleh infeksi, virus dan kanker. Umumnya penyakit ini mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening, karena itu infeksi sudah menjalar pada sistem kekebalan tubuh.

Penyakit yang menyerang kelenjar getah bening memang bermacam-macam. Dari mulai penyakit yang disebabkan oleh infeksi sampai keganasan yang dapat menyerang siapa saja. Kelenjar getah bening juga menjadi tempat pematangan sel darah putih yang selanjutnya akan memegang peranan untuk melawan kuman dan penyakit. Kelenjar getah bening ini tersebar diseluruh tubuh. Berukuran kecil seperti biji kacang dan menjadi bagian yang sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Ketika kelenjar getah bening mengalami pembengkakan, hal ini sebabkan karena telah terjadi infeksi atau sebuah tanda bahwa tubuh sedang terserang oleh penyakit tertentu. Jika memang pembengkakan yang terjadi tidak menimbulkan sesuatu yang dapat mengganggu anda maka anda tidak usah khawatir. tetapi meskipun begitu anda harus tetap waspada. Jika pembengkakan yang terjadi seperti kondisi di bawah ini. Maka anda harus segera mendatangi dokter untuk mengetahui lebih lanjut apa penyebab pembengkakan pada kelenjar getah bening yang anda alami.

Berikut ini adalah kondisi yang patut membuat anda waspada, diantaranya adalah:

  • Demam yang tidak kunjung mereda.
  • Selalu berkeringat di malam hari.
  • Kelenjar getah bening membengkak tanpa sebab yang jelas.
  • Badan terasa lemas.
  • Mengalami sakit tenggorokan yang menyebabkan sulit menelan atau bernapas.
  • Terjadi pembengkakan dan pembesaran pada kelenjar getah bening yang berlangsung selama lebih dari dua minggu.
  • Kelenjar getah bening terasa keras pada saat ditekan.
  • Mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Pada umumnya kelenjar getah bening tersebar diseluruh bagian tubuh. Namun kondisi pembengkakan biasa terjadi di sekitar ketiak, leher, dibawah dagu dan di pangkal paha. Apabila anda mengalami kondisi seperti diatas maka anda harus segera mendatangi dokter untuk mengetahui faktor penyebab kelenjar getah bening mengalami pembengkakan. Dikhawatirkan telah terjadi sesuatu pada tubuh anda, karena pembengkakan kelenjar getah bening bisa menjadi awal atau tanda terjadinya penyakit tertentu.

Infeksi bakteri atau infeksi virus yang tergolong ringan merupakan faktor yang paling sering menjadi penyebab pembengkakan kelenjar getah bening. Beberapa contoh penyebab dari infeksi ringan kelenjar tersebut adalah pilek, radang amandel, demam kelenjar, infeksi tenggorokan, Infeksi telinga, infeksi kulit dan infeksi gigi. Kelenjar getah bening yang mengalami infeksi biasanya juga disertai rasa sakit, demam, batuk dan nyeri pada tenggorokan. Pada kasus yang jarang terjadi, penyebab terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening juga bisa di sebabkan oleh faktor-faktor berikut ini:

  1. Sarcoidosis.
  2. Rubella.
  3. Kanker.
  4. Rheumatoid arthritis.
  5. Tuberkulosis.
  6. Cytomegalovirus.
  7. Penyakit lupus.
  8. HIV.
  9. Sifilis.
  10. Campak.

Itulah beberapa faktor penyebab terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Untuk mencegah agar hal itu tidak terjadi, maka anda harus menjaga atau memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat. dengan melakukan olah raga secara teratur agar metabolisme didalam tubuh berjalan dengan normal. Sehingga risiko terserang infeksi virus atau bakteri dapat menurun. Konsumsi makanan yang sehat dan hindari memakan atau melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan faktor penyebab diatas terjadi.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit Kelenjar getah bening, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *