Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit Kardiovaskuler, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Kardiovaskuler, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(35 Views) Juni 3, 2017 12:54 pm | Published by | No comment

Penyakit Kardiovaskuler, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Kardiovaskuler, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Penyakit kardiovaskuler atau yang lebih dikenal sebagai penyakit jantung ialah berbagai kondisi dimana terjadi penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah yang mampu sebabkan serangan jantung, angina, atau stroke.

Penyakit Kardiovaskuler, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Beberapa penyakit yang dikategorikan sebagai penyakit jantung yaitu :

  1. Cacat jantung bawaan.
  2. Aritmia, masalah irama jantung.
  3. Penyakit pembuluh darah, seperti arteri koroner
  4. Kondisi jantung lainnya, seperti kondisi yang memengaruhi katup jantung, otot jantung atau irama jantung.

Penyakit jantung bisa terjadi pada siapapun disegala usia, jenis kelamin, pekerjaan dan gaya hidup. Perlu Anda ketahui, penyakit jantung tidak dapat disembuhkan. Keadaan ini memerlukan  pengobatan serta pemantauan yang sangat ekstra hati-hati sepanjang masa hidup. Penyakit Kardiovaskuler, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

  • Gejala

Beberapa jenis penyakit jantung bisa diketahui tanpa pemeriksaan seperti misalnya bila anak lahir dengan kondisi cacat jantung yang serius, maka dapat segera terdeteksi setelah lahir. Pada kasus lain, penyakit jantung bisa didiagnosis saat situasi darurat, misalnya serangan jantung.

Meskipun demikian, Anda tidak merasakan gejala penyakit jantung, carilah perawatan medis darurat bila Anda merasakan gejala penyakit jantung seperti :

  1. Sesak napas
  2. Sakit dada
  3. Pingsan
  • Penyebab

Penyakit jantung koroner ialah bentuk utama dari penyakit jantung. Hasil riset membuktikan bahwa PKJ atau penyakit jantung koroner timbul setelah adanya kerusakan lapisan dalam dari arteri koroner (jantung). Berikut adalah sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap kerusakan tersebut ialah :

  1. Merokok.
  2. Tekanan darah tinggi/hipertensi.
  3. Kadar kolesterol tertentu yang tinggi dalam darah.
  4. Kadar gula yang tinggi dalam darah karena diabetes atau resistensi insulin.
  5. Peradangan pembuluh darah.

Plak bisa mulai menumpuk di arteri yang rusak. Penumpukan plak tersebut mungkin mulai terjadi di masa kanak-kanak.

Seiring berjalannya waktu, plak bisa mengeras atau bahkan pecah. Plak yang mengeras tersebut dapat mempersempit arteri koroner serta kurangi suplai aliran darah yang kaya oksigen ke jantung. Ini bisa sebabkan sakit dada atau ketidaknyamanan yang disebut dengan angina.

Bila plak pecah, fragmen sel darah atau platelet akan menempel di lokasi cedera. Platelet mungkin akan mengumpul membentuk suatu bekuan darah. Penyakit Kardiovaskuler, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Gumpalan darah tersebut bisa lebih mempersempit arteri koroner dan memperparah angina. Bila bekuan menjadi cukup besar, hal ini bisa memblokir arteri koroner secara keseluruhan dan mengakibatkan serangan jantung.

  • Bahaya

Komplikasi penyakit jantung meliputi :

  1. Gagal jantung. Terjadi saat jantung Anda tak mampu memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Gagal jantung diakibatkan oleh berbagai macam penyakit jantung, termasuk penyakit katup jantung, infeksi jantung, cacat jantung, atau kardiomiopati.
  2. Serangan jantung. Kondisi ini bisa menghancurkan atau merusak bagian dari otot jantung. Aterosklerosis bisa sebabkan serangan jantung.
  3. Stroke. Faktor resiko yang memunculkan penyakit kardiovaskuler juga bisa sebabkan stroke iskemik, yang terjadi saat arteri ke otak Anda tersumbat atau menyempit, sehingga darah terlalu sedikit mencapai otak. Stroke adalah kondisi medis darurat akibat jaringan otak mulai mati hanya dalam beberapa menit saat stroke terjadi.
  4. Aneurisma. Merupakan tonjolan pada dinding arteri. Bila aneurisma mengalami kebocoran, Mungkin Anda akan mengalami perdarahan internal yang bisa mengancam keselamatan.
  5. Penyakit arteri perifer atau PAP. Aterosklerosis juga bisa sebabkan penyakit arteri perifer. Saat Anda menderita arteri perifer, bagian tubuh bawah biasanya kaki, tidak bisa mendapatkan aliran darah yang cukup. Hal ini bisa memunculkan tanda dan gejala terutama sakit kaki saat berjalan.
  6. Serangan jantung mendadak. Serangan jantung mendadak merupakan kondisi yang terjadi secara tiba-tiba, gangguan yang tak terduga dari fungsi jantung, pernafasan dan kesadaran, sering disebabkan oleh aritmia. Serangan jantung mendadak yaitu kondisi medis darurat. Apabila tidak segera diobati, maka akan fatal akibatnya, yaitu bisa sebabkan kematian jantung  secara mendadak.
  • Pengobatan

Pengobatan penyakit jantung akan tergantung pada kondisinya. Seperti misalnya bila Anda mempunyai infeksi jantung, mungkin Anda akan diberikan antibiotik. Umumnya, pengobatan untuk penyakit jantung meliputi :

  1. Perubahan gaya hidup. Hal ini termasuk konsumsi makanan dengan rendah lemak dan diet rendah natrium, berolahraga  ringan setidaknya 30 menit di beberapa hari hari dalam seminggu, membatasi asupan alkohol dan berhenti merokok.
  2. Obat. Bila dengan perubahan gaya hidup saja tak cukup, dokter bisa meresepkan obat untuk mengontrol penyakit jantung Anda. Jenis obat bisa tergantung pada jenis penyakit jantung.
  3. Tindakan medis atau operasi. Bila obat juga tak cukup, dokter berkemungkinan akan menyarankan Anda untuk menjalani prosedur atau tindakan operasi tertentu. Jenis operasi akan tergantung kepada jenis penyakit jantung dan sejauh mana kerusakan jantung  Anda.

Nah itulah informasi mengenai Penyakit Kardiovaskuler, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya. Semoga bisa membantu menambah ilmu serta wawasan pembacanya. Salam sehat!

Post by : jellygamatqnc.net

Penyakit Kardiovaskuler, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Categorised in:

No comment for Penyakit Kardiovaskuler, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *