Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Kanker Serviks, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Kanker Serviks, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(24 Views) Mei 4, 2017 3:32 pm | Published by | No comment

Penyakit Kanker Serviks, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Kanker Serviks, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Kanker serviks adalah penyakit yang terjadi pada leher rahim wanita. Wanita sangat berisiko sekali menderita kanker serviks. Karena kanker ini tidak memandang usia, namun cenderung mempengaruhi organ intim wanita yang aktif dalam seksual. Tahap awal terjadinya penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang aneh. Namun, gejala yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi pada saat berhubungan seksual.

Penyakit Kanker Serviks, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tetapi adanya pendarahan saat behubungan tersebut bukan berarti anda menderia kanker serviks. Dan untuk memastikan kondisi tersebut anda, segera melakukan pengecekan kepada medis.

Human Papillomavirus Menjadi Penyebab Utama Kanker Serviks

Sebagian besar kasus ini disebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV). HPV adalah sekelompok virus yang dapat menyebabkan kutil pada tangan, kaki dan alat kelamin. Virus ini sebenarnya tidak berbahaya, akan tetapi virus ini dapat mengganggu jaringan sel leher rahim sehingga dapat memicu kanker serviks.

Virus HPV dapat ditularkan melalui hubungan seks dan dapat menjadi penyebab munculnya kanker serviks. Dari banyaknya virus, jenis virus yang paling berbahaya adalah HPV 16 dan HPV 18. Sudah banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi, karena itu HPV jenis ini tidak memberikan gejala. Sangat penting sekali untuk anda dalam kebersihan organ intim.

HPV memang bisa dilindungi oleh kondom saat berhubungan seks, akan tetapi hal itu tidak selalu berhasil dalam pencegahan terjadinya infeksi. Pada saat terinfeksi, sistem kekebalan tubuh seorang wanita dapat mencegah virus untuk melukai rahim, namun sebagian wanita bisa bertahan selam bertahun-tahun lamanya. Hal ini mengakibatkan sel-sel di permukaan leher rahim berubah menjadi sel kanker.

Penyebab Dan Gejala Kanker Serviks

Penyakit Kanker Serviks, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya. Banyak diberitakan kanker leher rahim ini menjadi penyebab kematian nomor satu pada wanita di Indonesia. Berikut beberapa penyebab kanker serviks, antara lain :

  • Salah satu penyebab utama kanker serviks adalah HPV yang dapat menular melalui hubugan seksual.
  • Berhubungan intim sebelum berusia 20 tahun
  • Mulut rahim sudah teracuni nikotin
  • Bakteri menyerang vagina
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Faktor Genetik atau keturunan

Kanker serviks adalah salah satu penyakit yang berbahaya, karena tidak sedikit wanita sudah banyak menjadi korban penyakit ini. Kanker ini menyerang tubuh dengan secara perlahan-lahan sehingga sulit untuk melakukan pemeriksaan dan menyembuhkannya. Ciri-ciri kanker serviks tidak hanya disebabkan oleh virus, melainkan beberapa pemicu bisa terjadi seperti keputihan tidak normal, terjadi pendarahan, sakit pada area pinggul, dan sakit pada bagian paha.

Kebanyakan gejala yang di dapat pada penyakit ini tidak memiliki gejala pada umumnya. Namun itu hanya pada stadium awal dan setelah menyebar gejala-gejala dapat muncul. Berikut gejala yang perlu anda waspadai, antara lain : Nyeri punggung, pada urin terdapat darah, sembelit, kelelahan, kehilangan nafsu makan. Selain itu, keluar keputihan berbau busuk, mudah terjadi pendarahan dll.

Bahaya kanker serviks atau kanker leher rahim sudah mendapat urutan teratas dan salah satunya penyakit yang membubuh wanita di dunia. Penyakit ini sangat mengerikan sekali bagi para wanita di Indonesia, karena setiap harinya seorang wanita memiliki peluang resiko terkena kanker serviks. Pada keganasan penyakit ini, tidak memandang usia dan golongan.

Pengobatan kanker serviks tidak hanya bisa bergantung pada beberapa penyebab kanker tersebut terjadi. Karena kanker serviks dapat diobati dengan cara operasi, jika masih dalam tingkat awal. Pengobatan kanker serviks yang masih dalam tingkat awal dapat dilakukan dengan prosedur operasi dan hanya serviksnya saja yang akan diangkat. Namun pada kondisi orang yang sudah parah rahim juga sangat perlu sekali diangkat seluruhnya. Pada kasus ini bisa juga dengan melakukan prosedur radioterapi dan hal yang dilakukan adalah alternatif bagi penyakit kanker serviks stadium awal. Untuk kasus lanjutan, bisanya menggunakan metode kemoterapi dan radioterapi. Akan tetapi beberapa penanganan ini memiliki efek yang berat, termasuk menyebabkan kemandulan dan monopause.

by : jellygamatqnc.net/

Categorised in:

No comment for Penyakit Kanker Serviks, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *