Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Ispa, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Ispa, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(32 Views) Mei 2, 2017 9:06 am | Published by | No comment

Penyakit Ispa, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Ispa, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang berkaitan dengan saluran pada bagian hidung atas, sinusitis dll. Salah satu dari penyebab ISPA ialah virus yang masuk kedalam tubuh penderita. Virus ini yang umum menyerang ialah virus rhinovirus dan masih banyak yang lainnya. Diagnosa penyakit ini hanya bisa dilakukan oleh dokter yang ahli atau sudah tahu pada gejala yang di deritanya.

Penyakit Ispa, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Memang ada yang mirip dengan penyakit seperti ini, yaitu penyakit alergi dan influenza dan perbedaannya dapat dilihat dari gejala yang terjadi. Gejala yang mungkin dapat terjadi pada penderita ISPA ialah seseorang akan mengalami batuk-batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, sakit kepala, demam tinggi, bersin-bersin dll. Gejala tersebut biasanya terjadi 2-3 hari setelah seseorang terserang dan penyakit ini akan bertahan lama sekitar 2 minggu.

Bahaya yang ditimbulkan dari ISPA, antara lain :

» Gangguan saluran pernapasan

Penyakit ini sangat berperan aktif menyerang sistem pernapasan pada manusia dan memkberikan dampak yang buruk bagi kesehatan manusia, hal utamanya ialah kesulitan untuk bernafas. Pada sistem pernapasan terganggu maka, sistem organ lain juga akan terganggu.

» Sakit bagian tenggorokan

Sakit tenggorokan memang salah satu gejala penyakit ISPA, sering terjadi sakit tenggorokan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu sakit tenggorokan dapat menimbulkan sesuatu yang parah jika tidak melakukan pengobatan.

» Sakit Kepala

Sakit kepala memang sangat mengganggu pada kegiatan pada si penderita. Sakit yang tidak tertahankan mungkin akan muncul pada penyakit yang satu ini.

» Aktivitas terganggu

Gejala yang diberikan oleh penyakit ISPA memang sangat mengganggu aktivitas dalam kehidupan sehari-harinya. Jadi, jika begitu penyakit ini harus segera diobati dengan baik sehingga penderita dapat beraktivitas seperti biasa.

» Bisa menular pada orang lain

Penularan penyakit ini bisa melalui udara, berinteraksi langsung dengan penderita, bisa juga dari konsumsi makanan, dll. Ispa memang perlu ditangani secara baik dan mendapatkan penanganan agar segera sembuh.

» Bisa menyebabkan kematian

Bahaya yang paling ditakuti penyakit ispa ialah kematian mendadak. Penyebab dari kematian ini dapat dipengaruhi oleh kurangnya perawatan yang intensif, pengobatan yang tidak sesuai, dll.

Untuk siapapun anda yang menderita penyakit ISPA sebaiknya segera tangani langsung dengan baik sebelum kematian menjemput anda.

ISPA yang tidak segera ditangani dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan dan dapat menyebabkan tubuh tidak mendapatkan oksigen secara teratur. Kondisi parahnya penyakit ini bisa berujung kematian. Seseorang yang memiliki kelainan pada sistem kekebalan tubuh dan lanjut usian memang mudah terserang. Dengan itu, pentingnya kita untuk mengetahui gejala dan penyebab yang diberikan oleh penyakit ini.

Gejala Penyakit ISPA

Hidung dan saluran pernapasan menjadi hal utama dari gejala ini, infeksi virus yang menempel disaluran pernapasan.

  • Bersin-bersin
  • Hidung berair dan tersumbat
  • Sering mengalami batuk
  • Sakit pada tenggorokan
  • Rentan mengalami lelah dan timbul demaml tinggi
  • Sering pusing kepala
  • Kesulitan bernapas
  • Menggigil
  • Paru-paru merasa terhambat

Beberapa gejala tersebut dapat berlangsung berkisar 1-2 minggu dan biasanya akan berlangsung kurang dari satu bulan. Salah satu penyebab ISPA ditularkan oleh infeksi virus dan bakteri dan inilah beberapa penyebab dari munculnya penyakit ISPA, antara lain :

  • Virus adenovirus merupakan penyebab dari pernapasan yang ditularkan oleh pilek, bronkitis dll.
  • Virus rhinovirus merupakan virus yang dapat munculnya pilek
  • Virus pneumokokus ialah penyakit yang menyebabkan penyakit meningitis dengan memicu pada sistem pernapasan.

Kekebalan tubuh memang patut kita jaga, karena tubuh seseorang sangat berpengaruh sekali dalam melawan infeksi virus dan bakteri yang menyerang tubuh manusia. Karena itu, beberapa risiko memiliki infeksi atau terserangnya virus bakteri dapat meningkat ketika kekbalan tubuh lemah.

Post by : jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit Ispa, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *