Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit infeksi lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit infeksi lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(40 Views) Mei 19, 2017 3:46 pm | Published by | No comment

Penyakit infeksi lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit infeksi lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Ada banyak jenis penyakit yang memengaruhi lambung, seperti asam lambung, peradangan dan lain sebagainya. Semua akan memunculkan gejala-gejala yang kita tahu sebagai sakit maag, termasuk dalam kasus infeksi lambung.

Penyakit infeksi lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Banyak orang yang tak menyadari bahwa mereka mengalami infeksi lambung. Hal ini wajar, karena tahap awal gejala infeksi lambung hampir sama dengan gejala maag biasa, seperti nyeri ulu hati, mual, kembung, dan sebagainya. Justru masalah lambung yang mereka tengah hadapi sebetulnya lebih serius dari sekadar maag biasa. Infeksi mampu sebabkan tukak lambung yang dalam dan jika dibiarkan begitu saja lambung bisa menjadi bocor membentuk lubang dan hal ini dapat mengancam nyawa penderitanya.

Infeksi Lambung ialah inflamasi/peradangan yang terjadi yang terjadi pada lapisan lambung yang disebabkan oleh mikroorganisme (paling sering disebabkan oleh bakteri H. pylori). Peradangan lambung yang terusmenerus terjadi mampu mengakibatkan kerusakan pada lapisan lambung, perdarahan, membentuk luka atau ulkus peptikum, dan dapat berakhir dengan rusaknya semua lapisan lambung sehingga menjadi bocor.

Penyebab Infeksi Lambung

H. pylori adalah organisme tersering yang menyebabkan infeksi lambung. Bakteri berbentuk spiral yang tumbuh didalam saluran pencernaan dan cenderung menyerang lapisan lambung. Biasanya, bakteri H. pylori tidak berbahaya, namun akan sangat berbahaya saat pertahanan tubuh melemah, bakteri tersebut akan tumbuh subur pada lambung dan menyebabkan infeksi lambung yang ditandai oleh terbentuknya ulkus pada lambung dan duodenum (usus dua belas jari).

Infeksi diduga menyebar melalui mulut satu orang ke orang lain. Dapat juga ditularkan melalui kotoran ke mulut. Tentu hal ini akibat dari kebersihan yang kurang, contoh kecilnya seperti tidak mencuci tangan sebelum makan. Bakteri ini juga bisa menyebar melalui kontak dengan makanan atau air yang terkontaminasi. Penyakit infeksi lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Gejala Infeksi Lambung

Pada tahap awal, infeksi lambung bisa memunculkan gejala maag seperti sakit perut, terlebih saat perut tidak terisi di malam hari atau rasa sakit yang tak tertahankan beberapa jam sesudah makan. Bila ternyata rasa nyeri pada ulu hati sangat kuat dan tak sembuh dengan pengobatan sederhana seperti itu, maka ada baiknya Anda temui dokter.

Sejumlah tanda dan gejala infeksi lambung lain yang mungkin berkaitan dengan infeksi H. pylori, termasuk :

  • Perut kembung
  • Bersendawa berlebihan
  • Tidak nafsu makan atau anoreksia
  • Rasa mual atau bahkan muntah
  • Menurunnya berat badan tanpa penyebab yang jelas

Tapi ini merupakan gejala umum yang juga dapat disebabkan oleh keadaan lain. Jadi, jika Anda mengalami gejala di atas tak kunjung mereda hingga beberapa minggu bahkan sesudah diobati, maka langkah yang paling tepat ialah memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab dan pengobatan dini sebelum tanda dan gejala infeksi lambung semakin parah dengan ditandai oleh muntah darah/muntah warna hitam serta buang air besar warna hitam

Bahaya Infeksi Lambung

Sudah dibahas sebelumnya bahwa infeksi lambung yang disebabkan oleh H. Pylori dapat memunculkan tukak lambung, tapi infeksi atau tukak lambung itu sendiri dapat mengakibatkan komplikasi yang serius. Termasuk :

  • Perdarahan internal saluran cerna, terjadi saat ulkus peptikum sangat dalam sehingga mengenai lapisan pembuluh darah. Ditandai dengan muntah darah dan BAB berwarna hitam
  • Obstruksi, berlangsung saat ulkus mempertahankan makanan untuk meninggalkan lambung
  • Perforasi, terjadi saat tukak lambung sampai menembus dinding lambung
  • Peritonitis ialah infeksi peritoneum atau selaput rongga perut yang dapat mematikan

Studi menungkap bahwa orang yang lambungnya terinfeksi bakteri H. pylori mempunyai peningkatan resiko kanker lambung.

Pengobatan Infeksi Lambung

Bila Anda terbukti mempunyai infeksi lambung yang disebabkan oleh H. pylori tapi tidak memunculkan masalah atau gejala apapun dan Anda juga tidak mempunyai resiko kanker lambung, maka pengobatan mungkin tidak akan dibutuhkan karena memang tidak akan memberi manfaat apapun.

Tapi jika infeksi lambung memunculkan gejala atau masalah di lambung, maka dibutuhkan pengobatan yang tepat. Pengobatan diupayakan mampu sembuhkan gejala peradangan lambung atau maag, tukak lambung, dan duodenum serta bisa kurangi resiko terkena kanker lambung. Berikut pengobatan infeksi lambung yang di maksud adalah:

Obat Infeksi Lambung

Penderita akan membutuhkan 2 kombinasi obat antibiotik yang berbeda, bersama-sama dengan obat lain yang berfungsi kurangi asam lambung. Ketiganya mempunysi efek sinergis dimana saat asam lambung berhasil diturunkan maka akan membantu antibiotik bekerja secara efektif.

Setelah melakukan pengobatan, selanjutnya dibutuhkan pemeriksaan ulang kembali untuk H. pylori, apakah masih menginfeksi atau sudah betul-betul dimatikan. Sebagian besar kasus, hanya perlu satu siklus pengobatan antibiotik untuk membasmi infeksi, tetapi ada juga yang memerlukan beberapa kali terapi dengan obat yang berbeda.

Perubahan Gaya hidup dan Makan

Belum ada bukti bahwa makanan dan gizi tertentu berperan dalam mencegah atau menyebabkan penyakit ulkus peptikum pada orang yang terinfeksi bakteri H. pylori. Tetapi alkohol, makanan pedas, dan merokok bisa memperparah ulkus peptikum atau infeksi lambung serta mencegah proses penyembuhan

Post by : Jelly Gamat QnC

Penyakit infeksi lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Save

Categorised in:

No comment for Penyakit infeksi lambung, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *