Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit Hipertiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Hipertiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(18 Views) Juni 12, 2017 10:49 am | Published by | No comment

Penyakit Hipertiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Hipertiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Penyakit hipertiroid merupakan suatu kondisi dimana kelenjar tiroid terlalu aktif sehingga menghasilkan hormon tiroid secara berlebih.

Penyakit Hipertiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Kelenjar tiroid yaitu organ yang berada dibagian depan leher yang menghasilkan hormon untuk mengontrol metabolisme, pernafasan, berat badan, sistem saraf, detak jantung, suhu tubuh dan banyak fungsi lainnya pada tubuh. Saat kelenjar tiroid terlalu aktif, maka proses tubuh menjadi semakin cepat.

  • Gejala Hipertiroid

Orang dengan hipertiroid biasanya mempunyai detak jantung yang lebih cepat, berat badan menurun dan tidak tahan panas karena gerah. Bukan hanya itu, orang dengan hipertiroid juga bisa mengalami peningkatan tekanan darah, tremor (gemetaran), gugup, berkeringat, gelisah, merasa mudah lapar, kesulitan berkonsentrasi, buang air besar lebih sering dan pada wanita mungkin mempunyai siklus haid yang tak lancar.

Kelenjar tiroid bisa tampak membesar atau sering disebut gondok. Bila penyebabnya penyakit graves, maka akan tampak pada mata penderita terlihat cukup menonjol atau melotot yang disebut exophthalmos.

Gejala hipertiroid lainnya yaitu :

  1. Kelelahan
  2. Rambut rontok
  3. Denyut jantung tak teratur
  4. Susah tidur
  5. Mual atau bahkan muntah
  6. Gatal
  7. Perkembangan payudara pada pria atau ginekomastia

Penyakit ini juga dapat menyebabkan fibrilasi atrium, aritmia berbahaya yang bisa sebabkan seseorang menjadi stroke dan bisa juga terjadi gagal jantung kongestif. Segeralah temui dokter jika Anda mengalami pusing, kehilangan kesadaranĀ  atau pingsan, sesak nafas, detak jantung cepat dan tidak teratur.

  • Penyebab Hipertiroid

Berbagai keadaan bisa menyebabkan hipertiroid. Penyakit yang sangat sering sebabkan hipertiroid ini yaitu penyakit graves atau penyakit autoimun, dimana tubuh membuat antibodi yang dikenal dengan sebutan Thyroid-Stimulating Immunoglobulin yang sebabkan kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid.

Hipertiroid juga dapat disebabkan oleh multinodular goiter (toxic goiter) atau gondok beracun yaitu berupa benjolan atau nodul pada kelenjar tiroid yang sebabkan tiroid menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah berlebih.

Bukan hanya itu, radang kelenjar tiroid yang disebut tiroiditis karena virus atau masalah sistem kekebalan tubuh juga dapat menyebabkan hipertiroid sementara. Sejumlah orang yang mengonsumsi terlalu banyak yodium juga bisa sebabkan kelenjar tiroid terlalu banyak memproduksi hormon tiroid.

  • Bahaya Hipertiroid

Bila Anda mengalami hipertiroid dan tidak ditangani dengan segera, Anda beresiko mengalami komplikasi yang berbahaya. Berikut merupakan beberapa jenis komplikasi yang mungkin akanĀ  terjadi :

  1. Oftalmopati Graves
  2. Keguguran dan eklampsia
  3. Hipotiroidisme
  4. Badai tiroid
  5. Gangguan jantung
  6. Osteoporosis atau tulang rapuh
  • Pengobatan Hipertiroid

Obat Hipertiroid

Obat anti-tiroid dan yodium radioaktif adalah andalan pengobatan hipertiroid. Obat anti-tiroid mencegah sintesis hormon tiroid dan yodium radioaktif secara efektif dengan menghancurkan sel-sel tiroid sehingga produksi hormon bisa ditekan.

Methimazole yaitu contoh obat hipertiroid. Akan tetapi, obat ini bisa mempunyai efek samping, seperti bisa menurunkan jumlah sel darah putih. Obat Beta-blocker mengontrol denyut nadi cepat, kecemasan, berkeringat dan tekanan darah.

Operasi

Terkadang, seluruh atau sebagian kelenjar tiroid mungkin harus di angkat dengan cara operasi. Saat kelenjar tiroid telah diangkat, maka pasien membutuhkan suplemen hormon tiroid guna mencegah hipotiroid.

Pengobatan penting dilakukan guna mencegah tiroid storm/tirotoksikosis serta komplikasi lainnya. tirotoksikosis yaitu bertambah parahnya gejala sebagai akibat dari pelepasan sejumlah hormon tiroid secara mendadak. Hal ini bisa terjadi akibat infeksi atau stres.

Tips Perawatan

Mengonsumsi sejumlah natrium, kalori dan kalsium yang tepat selama dan setelah pengobatan merupakan hal yang sangat penting. Diet dengan mengonsumsi banyak kalori bisa akibatkan naiknya berat badan.

Hipertiroid juga bisa sebabkan tulang menjadi keropos atau osteoporosis. Maka dari itu dibutuhkan suplemen vitamin D serta kalsium selama dan setelah pengobatan. Konsultasikan selalu dengan dokter.

Post by : jellygamatqnc.net

Penyakit Hipertiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Categorised in:

No comment for Penyakit Hipertiroid, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *