Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit Hepatitis A, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Hepatitis A, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(26 Views) Juni 6, 2017 1:19 pm | Published by | No comment

Penyakit Hepatitis A, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Hepatitis A, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Hepatitis A adalah penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis tipe A dan menyerang sel–sel hati manusia. Tiap tahunnya di Asia Tenggara, sekitar 400.000 orang/tahun dengan angka kematian mencapai 800 jiwa terserang kasus hepatitis A. Sebagian besar penderitanya adalah anak-anak.

Penyakit Hepatitis A, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

  • Tanda dan Gejala Hepatitis A

Tanda awal yang bisa muncul meliputi mual, muntah, demam, nyeri sendi dan otot serta diare. Pada saat organ hati mulai terserang, ada beberapa tanda lain yang dapat muncul, yaitu urin berwarna gelap, tinja/feses berwarna pucat, gatal–gatal dan sakit kuning. Bukan hanya itu, sekitar perut bagian kanan atas juga akan terasa nyeri terlebih saat ditekan.

Namun tidak semua penderita mengalami tanda dan gejala hepatitis A. Sebab itu, penyakit ini terkadang akan sulit untuk disadari. Satu dari sepuluh pengidap hepatitis A di bawah umur enam tahun yang mengalami sakit kuning. Sementara pada remaja dan orang dewasa, biasanya penyakit ini menyebabkan gejala yang lebih buruk dan 70% di antaranya mengalami sakit kuning.

Tidak seperti 2 jenis hepatitis lainnya yaitu hepatitis B dan hepatitis C, infeksi karena hepatitis A ini tidak memunculkan gangguan hati jangka panjang dan jarang berakibat fatal. Tetapi, hepatitis A bisa memunculkan tanda dan gejala kerusakan hati akut, di mana hal ini cukup berbahaya dan berpotensi mengancam keselamatan.

  • Penyebab Hepatitis A

Penyebab Hepatitis A ialah virus hepatitis A yang bisa menyebar dengan sangat mudah. Cara penyebaran utamanya yaitu melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi oleh tinja atau feses penderita penyakit hepatitis A. Beberapa faktor resiko yang bisa meningkatkan penyebaran virus ini mencakup :

  1. Sanitasi yang buruk
  2. Berbagi jarum suntik
  3. Bekerja di daerah yang berhubungan dengan kotoran, seperti selokan
  4. Kontak secara langsung dengan pengidap penyakit Hepatitis A
  5. Berhubungan seksual dengan penderita, terutama seks anal
  6. Pria yang berhubungan seksual dengan sesama jenis
  • Pengobatan Hepatitis A

Hepatitis A tidak mempunyai langkah penanganan secara khusus karena sistem kekebalan tubuh mampu menghilangkan virus dengan sendirinya.

Tetapi, mungkin dokter akan meresepkan obat untuk mengurangi gejala-gejala yang dirasakan penderitanya. Pengobatannya dengan cara mengkonsumsi obat pereda sakit, gatal, mual dan muntah sesuai dosis atau takaran. Organ hati juga sangat perlu beristirahat seperti misalnya dengan tidak mengkonsumsi minuman keras dan waspadalah terhadap obat-obat yang bisa berdampak pada hati.

Waktu yang diperlukan penderita untuk pulih total dari penyakit ini biasanya menghabiskan beberapa bulan. Penderita yang berhasil sembuh secara total akan mempunyai kekebalan tubuh terhadap penyakit Hepatitis A.

  • Risiko Komplikasi/Bahaya Hepatitis A

Secara umum, Infeksi hepatitis A tidak memunculkan penyakit hati kronis atau jangka panjang dan jarang berakibat fatal. Walau demikian, penyakit ini berpotensi sebabkan gagal hati terlebih pada mereka yang sudah mengidap penyakit hati sebelum terkena infeksi hepatitis A dan pengidap manula. Bukan hanya itu, pada sebagian penderita infeksi ini dapat kambuh/kembali lagi.

Seseorang yang terinfeksi hepatitis A umumnya bisa sembuh sendiri dan sembuh maksimal setelah 3–6 bulan, tapi bisa berbeda/bervariasi pada tiap individu. Hal ini dipengaruhi oleh parahnya keluhan dan daya tahan tubuh pengidapnya. Jika Anda menderita sakit hepatitis A dan mempunyai keluhan yang berat, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri pada dokter guna menghindari hepatitis A fulminan, kondisi ini bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Post by : jellygamatqnc.net

Penyakit Hepatitis A, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Categorised in:

No comment for Penyakit Hepatitis A, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *