Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit Hepatitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Hepatitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(24 Views) Juni 13, 2017 10:10 am | Published by | No comment

Penyakit Hepatitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Hepatitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Hepatitis ialah penyakit yang muncul karena adanya infeksi virus. Virus hepatitis ini akan menyerang organ penting yaitu hati.

Penyakit Hepatitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Kondisi ini dapat mengakibatkan pengidapnya mengalami penurunan fungsi hati dan penyakit ini tentu bisa menyerang siapa saja, karena ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hepatitis.

  • Jenis dan Penyebab Hepatitis

Hepatitis A

Awal mula munculnya hepatitis A yaitu adanya infeksi virus. Virus yang sebabkan hepatitis A ini mudah ditemukan pada makanan maupun minuman, dan biasanya ditemukan pada jenis makanan yang kurang higienis atau proses pembuatannya tidak memerhatikan dengan baik kebersihan bahan makanannya sehingga hal ini memicu munculnya hepatitis A. Penularan hepatitis A bisa dari jarum suntik, berhubungan seks, hubungan seks pria dengan pria atau sering berada dilingkungan kotor seperti selokan.

Hepatitis B

Hepatitis B sama dengan hepatitis A, yaitu disebabkan oleh infeksi virus. Namun cara penularannya berbeda, penularan hepatitis B dari kontak dengan darah pengidap hepatitis, karena dalam darah terkandung virusnya. Sebagai contoh, saat memakai jarum suntik pastikan jarum tersebut belum digunakan oleh orang lain.

Hepatitis C

Jenis ini lebih parah daripada hepatitis sebelumnya, sebab hepatitis C sudah berkembang didalam darah dan penularan penyakitnya juga sangat mudah yaitu dengan cara kontak secara langsung dengan pengidap hepatitis C. hampir serupa dengan penularan hepatitis B yaitu kontak dengan darah pengidap. media yang paling sering sebabkan hepatitis C adalah jarum suntik yang digunakan secara bersamaan. Hubungan seks juga bisa sebabkan hepatitis jenis ini.

  • Gejala Hepatitis

Ada beberapa tanda gejala penyakit hepatitis yang bisa Anda rasakan, di antaranya :

Gejala Hepatitis A

  1. Sakit kepala
  2. Diare
  3. Mual dan muntah
  4. Sakit kuning
  5. Kelelahan
  6. Kehilangan nafsu makan
  7. Sakit tenggorokan
  8. Urine berwarna gelap
  9. Nyeri otot dan sendi
  10. Tinja kuning pucat
  11. Pembengkakan pada hati

Gejala Hepatitis B

  1. Sakit kepala
  2. Tidak nafsu makan
  3. Berat badan menurun
  4. Mual bahkan muntah
  5. Flu
  6. Lelah
  7. Nyeri pada tubuh
  8. demam tinggi 38ºC atau lebih
  9. Nyeri perut
  10. Sakit kuning

Gejala Hepatitis C

  1. Demam
  2. Kelelahan
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Mual dan muntah
  5. Sakit perut
  6. Nyeri otot dan sendi
  7. Tinja berwarna abu–abu
  8. Sakit kuning
  • Bahaya Hepatitis

Hepatitis menjadi salah satu jenis penyakit yang membahayakan bila tidak segera ditangani. Penyakit yang menyerang liver atau hati ini akan makin berbahaya karena gejalanya yang tidak selalu muncul

Hepatitis mampu hancurkan kesehatan pengidapnya secara menyeluruh sebab racun tetap mengendap dalam darah dan bisa merusak atau mengganggu kinerja organ lain.

Akibat lainnya ialah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan pada darah menjadi tinggi serta pecahnya pembuluh darah.

  • Pengobatan Hepatitis

Hepatitis ada baiknya ditangani dengan cepat agar penderita tidak mengalami gangguan pada fungsi hati yang bisa semakin memburuk. Hal pertama yang akan dilakukan adalah tes darah, ini bertujuan untuk memastikan virus yang ada didalam darah. Penanganan hepatitis pada tahap awal mungkin tidak memerlukan rawat inap, dan biasanya dokter akan memberi obat untuk meringankan gejala hepatitis dan menghentikan infeksi yang terjadi pada hati.

Pemulihan akan jauh lebih cepat bila Anda lebih banyak istirahat dan dengan konsumsi asupan makanan sehat. sebab makin baik kekebalan tubuh maka akan makin cepat pula untuk pulih. Itulah sebabnya mengapa penting sekali Anda mengonsumsi makanan sehat yang didalamnya mengandung nutrisi penting untuk dikonsumsi oleh pengidap hepatitis.

Post by : jellygamatqnc.net

Penyakit Hepatitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Categorised in:

No comment for Penyakit Hepatitis, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *