Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Hemofilia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Hemofilia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(138 Views) Mei 13, 2017 10:31 am | Published by | No comment

Penyakit Hemofilia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Hemofilia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Hemofilia merupakan kondisi tubuh yang mengalami kekurangan protein. Protein ini sangat sangat lazim disebut salah satu faktor terjadinya pemebekuan atau faktor koagulasi. Sebenarnya penyakit ini adalah penyakit genetik atau keturunan yang langka. Penderita ini bisa mengalami pendarahan yang lebih lama dibandingkan orang yang normal.

Penyakit Hemofilia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Hemofilia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya. Hemofilia memiliki beberapa jenis, yaitu Hemofilia A dan B. Kedua jenis Hemofilia ini bisa menyebabkan pendarahan yang berkepanjangan. Luka yang terjadi pada penderita Hemofilia biasanya menjadi hal serius. Penyakit Hemofilia ini ialah penyakit yang diwariskan oleh keturunan, karena itu terkait dengan kromosom X, sehingga populer dengan penyakit seumur hidup.

Penyebab & Gejala Hemofilia

Telah disebutkan salah satu penyebab Hemofilia terkait halnya dengan kromosom X atau kelainan pada keturunan yang faktornya pembekuan darah. Salah satu yang menyebabkan Hemofilia A dan B ini ditularkan dari ayah ke anaknya. Hampir terjadi pada anak laki-laki dan diturunkan ibu pada anaknya melalui salah satu gen. Kebanyakan perempuan yang memiliki gen Hemofilia ini berperan sebagai pembawa saja dan tidak memberikan gejala-gejala lainnya.

Selain dari faktor keturunan, kemungkinan besar melalui mutasi gen spontan. Gen yang dapat menyebabkan Hemofilia C bisa ditularkan pada anak-anak oleh orang tua dan Hemofilia C dapat terjadi pada anak laki-laki dan perempuan.

Inilah salah satu akibat gen, antara lain :

  • Hemofilia A : Disebabkan oleh kurangnya faktor pembekuan 8
  • Hemofilia B : Disebabkan oleh kurangnya faktor pembekuan 9
  • Hemofilia C : Disebabkan oleh kurangnya faktor pembekuan 11

Hemofilia adalah suatu kelainan pada keadaan tubuh yang mengganggu sistem fungsi pembekuan darah. Hemofilia sendiri berasal dari Bahasa Yunani, yaitu Haima dan Philia. Pada umumnya seseorang yang memiliki kernormalan akan mengalami pembekuan darah dan luka bisa mengering dalam jangka waktu 1-15 hari. Berbeda dengan penderita Hemofilia, biasanya luka yang dimilikinya akan sulit mengering hingga berbulan-bulan. Hemofilia sendiri mempunyai beberapa penyebab yang utama, antara lain :

  • Faktor Keturunan
  • Kekurangan zat pembeku darah
  • Kekurangan protein

Gejala paling utama pada penderita Hemofilia adalah pendarahan yang kesulitan untuk berhenti. Gejala ini dapat ringan atau berat dengan bagaimana tingkat keparahannya suatu pembekuan darah. Penyakit Hemofilia ringan jumlah pembekuan akan mencapai 50%. Jenis ini biasanya akan merasakan gejala kecuali penderita mengalami kecelakaan sehingga menyebabkan luka. Sedangkan pada Hemofilia sedang, faktor pembekuan darah bisa mencapai 5%. Jenis Hemofilia ini mudah memar dan rentan mengalami pendarah pada sendi. Sendi yang umum terkena adalah lutut, siku dan pergelangan kaki.

Gejala awal Penyakit Hemofilia adalah kesemutan, nyeri yang cukup ringan, bengkak, dan panas. Selain itu, jenis Hemofilia berat, jenis penyakit ini memiliki kurang dari 1% pembekuan darah. Penderita biasanya mengalami pendarahan seperti mimisan, sendi, gusi berdarah dll. Hemofilia berat dapat menimbulkan suatu komplikasi seperti pendarahan yang serius, deformitas sendi dan pendarahan jaringan lunak.

Kelainan Hemofilia, memiliki ciri-ciri atau gejala yang khas, antara lain :

  • Mengalami bengkak pada tubuh
  • Luka yang sulit mengering
  • Sering mengalami pendarahan pada bagian tubuh seperti hidung.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya Penyakit Hemofilia pada seseorang. Dan pada dasarnya salah satu penyebab Penyakit Hemofilia bukanlah dari gaya hidup yang buruk, melainkan dari faktor keturunan atau genetik.

Bahaya & Pengobatan

Penyakit Hemofilia bisa dibilang kecacatan genetik darah dengan ketidakmampuan tubuh untuk menghentikannya. Penyakit kelainan darah ini bisa menyerang semua manusi di dunia dan tidak mengenal ras, namun di prediksi dapat dialami sejak dalam kandungan. Beberapa bahaya Hemofilia yang terjadi pada tubuh manusia, antara lain :

  • Gangguan sistem pendarahan dan permukaan kulit
  • Mengalami pembengkakan yang hebat disekitar persendian
  • Pendarahan hebat pada saluran pencernaan
  • Pendarah jaringan otak
  • Luka tidak bisa kering
  • Tubuh mengalami penurunan drastis

Itulah beberapa bahaya yang diberikan oleh Hemofilia pada tubuh manusia. Bagi kalian yang memiliki Hemofilia bisa melindungi tubuh dengan pakaian yang lengkap dalam melakukan aktivitas pekerjaan. Selain itu, penuhi asupan vitamin K secara teratur agar bisa membantu mempercepat proses pembekuan darah dan luka agar cepat kering.

Post by : jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit Hemofilia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *