Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit gula, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit gula, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(16 Views) Mei 4, 2017 3:10 pm | Published by | No comment

Penyakit gula, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit gula, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Penyakit gula atau lebih sering di kenal dengan penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak di derita oleh orang-orang di seluruh dunia. diabetes ini juga termasuk pada penyakit yang berbahaya sebab bisa menyebabkan kematian. Penyakit gula bisa berawal dari pola hidup yang buruk dan bisa juga dari faktor keturunan. Pola hidup yang buruk memang dapat memicu berbagai macam penyakit pada tubuh kita salah satunya diabetes ini.

Penyakit gula, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit gula sendiri dibagi menjadi dua yaitu gula kering dan gula basah. Kedua tipe penyakit ini sama saja, hanya yang membedakan adalah jika diabetes basah masih bisa memproduksi insulin dalam tubuh sehingga si penderita tidak perlu menyuntikan insulin setiap harinya kedalam tubuh. Sedangkan diabetes kering tidak bisa menghasilkan insulin secara langsung didalam tubuh. Sehingga diperlukan penyuntikkan insulin setiap harinya. Kedua penyakit ini sama saja berbahaya selain proses penyembuhannya lama dan juga perlu perawatan secara khusus agar penyakit sembuh dengan total.

Biaya pengobatan diabetes atau penyakit gula yang dapat menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Terkadang membuat orang dengan penderita diabetes membiarkan begitu saja penyakit yang dialaminya. Padahal jika tidak mendapatkan perlakuan secara khusus maka akan menyebabkan penyakit diabetes yang dialami semakin mempengaruhi sistem daya tahan tubuh. Cara mempercepat penyembuhan penyakit diabetes dapat dilakukan dengan penanganan yang tepat serta pengobatan yang teratur untuk mengurangi risiko terjadinya komplikasi. Pada setiap tahun jumlah penderita diabetes terus bertambah. Untuk itu kita harus segera mulai menjalani pola hidup sehat agar dapat terhindar dari penyakit diabetes ini.

Gejala Penyakit Gula

Gejala penyakit gula atau yang juga sering disebut dengan diabetes ini pada awalnya tidak terlihat seperti ciri atau gejala penyakit yang berat. Oleh karena itu masyarakat terkadang menyepelekan gejala yang mereka rasakan, sehingga mereka tidak mempedulikannya . Dan akhirnya tidak diobati atau segera ditangani, ketika anda merasakan suatu gejala yang tidak diketahui penyebabnya, mungkin ada baiknya anda periksakan ke dokter untuk mengetahui secara pasti  apa penyebab penyakitnya dan apa jenis penyakitnya.

Hal ini juga bertujuan untuk menghindari hal-hal buruk yang yang dapat terjadi pada diri anda dan tentunya sangat tidak anda inginkan. Misalnya seseorang sebenarnya sudah menderita penyakit gula sejak lama, namun penyakit tersebut baru diketahui ketika sudah sekian lama karena munculnya penyakit lain. Hal ini bisa terjadi dikarenakan penyakit gula terkadang juga bisa terdeteksi karena munculnya penyakit lain.

  • Penurunan berat badan.
  • Gangguan penglihatan.
  • Mudah lapar.
  • Mudah terinfeksi.
  • Tubuh terasa lemas.
  • Ada kotoran didalam urine.
  • Sering buang air kecil.

Itulah beberapa gejala yang biasa dirasakan oleh penderita penyakit gula atau diabetes. Jika anda pernah atau sedang merasakan gejala seperti gejala-gejala diabetes diatas, maka sangat disarankan agar anda segera mendatangi dokter atau pekerja medis lainnya untuk mengetahui gejala penyakit apa yang sedang anda alami. Jika anda positif menderita diabetes maka segera lakukan pengobatan sedini mungkin. Untuk mencegah sesuatu atau hal buruk yang akan terjadi kedepannya.

Penyebab Penyakit Gula

Penyakit gula darah ini mempunyai penyebabnya, penyebab penyakit gula dapat disebabkan karena beberapa faktor. Faktor penyebab penyakit gula sangat banyak, mulai dari hal kecil sampai hal besar. Faktor penyebab penyakit ini salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat memang akan menimbulkan banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Jika seseorang menjalani pola hidup yang buruk, maka risiko munculnya berbagai macam penyakit juga akan meningkat. Termasuk munculnya penyakit gula atau diabetes ini.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit gula atau diabetes:

1. Kurang tidur

Salah satu penyebab penyakit gula adalah kurang menjaga pola tidur. Manusia membutuhkan waktu tidur yang cukup sekitar 6-7 jam dalam 1 hari. Ketika kekurangan tidur maka metabolisme tubuh tidak akan berjalan dengan baik, kurang nya konsentrasi juga bisa terjadi pada seseorang yang kekurangan jam tidur. Selain meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes, kurang tidur juga bisa menyebabkan timbulnya lingkaran hitam pada kelopak mata, rambut rontok dan penuaan dini.

2. Banyak makan makanan manis

Makanan manis memang banyak disukai oleh semua kalangan dari mulai anak-anak hingga orang dewasa pun banyak yang menyukai makanan bercita rasa manis. Tetapi konsumsi makanan manis dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit diabetes. Untuk itu jika memang anda adalah seseorang yang menyukai makanan-makanan manis, sebaiknya mulai dari sekarang anda kurangi memakan makanan manis untuk mencegah risiko terjadinya penyakit diabetes.

3. Banyak makan makanan berlemak

Makanan berlemak atau pun makanan yang mengandung kadar kolesterol tinggi, merupakan makanan yang tidak sehat untuk di konsumsi. Karena makanan ini dapat meningkatkan risiko untuk terserang beberapa jenis penyakit termasuk penyakit diabetes atau penyakit gula. Mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi sangatlah tidak baik apalagi jika anda mengkonsumsi nya dalam jumlah berlebihan.

4. Merokok

Merokok memang merupakan hal yang sangat membahayakan bagi tubuh. Banyaknya zat-zat berbahaya yang terkandung didalam rokok ini dapat meningkatkan risiko untuk terserang berbagai macam penyakit. Merokok merupakan  kegiatan yang hanya akan merugikan diri sendiri saja, untuk itu agar terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya seperti diabetes, maka sebaiknya anda segera menjalankan gaya hidup sehat dengan tidak merokok.

5. Obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan memang sangat bermanfaat selama anda dalam kondisi sakit. Obat-obatan sangat diperlukan untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit yang sedang anda alami. Tetapi jika penyakit yang anda rasakan masih bisa diobati dengan cara beristirahat atau dengan sesuatu yang lain selain obat maka lakukanlah. Karena mengkonsumsi obat-obatan kimia terlalu sering juga tidak dianjurkan karena dapat merusak organ atau sel didalam tubuh. Obat-obatan kimia yang mengandung efek samping sangat di anjurkan untuk tidak dikonsumsi sembarangan tanpa resep dokter karena efek samping yang diberikan akan berdampak buruk pada tubuh dan memicu datang nya penyakit lain termasuk penyakit gula atau diabetes.

6. Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak di gemari apalagi di indonesia, kebiasaan ngopi atau minum kopi mungkin sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat terutama dikalangan anak muda jaman sekarang. Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh memang sangat banyak, tetapi jika di konsumsi secara berlebihan apa lagi yang sudah di campur dengan gula maka akan menyebabkan meningkatnya risiko terkena penyakit diabetes. Bukan hanya penyakit diabetes saja, tetapi konsumsi kopi secara berlebihan juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit insomnia.

Itulah beberapa penyebab yang dapat memicu terjadinya penyakit diabetes, selain penyebab diatas. Penyakit diabetes juga di sangkut pautkan dengan faktor penyakit keturunan. Menurut penelitian orang dengan riwayat keluarga memiliki atau mengalami penyakit diabetes, akan lebih berisiko terkena penyakit diabetes dibanding dengan orang biasanya. Tetapi faktor tersebut bisa dicegah dengan cara menjalankan gaya hidup sehat, karena dengan menjalankan gaya hidup sehat tidak hanya dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit gula saja. Tetapi dengan menjalankan gaya hidup sehat maka anda akan mendapatkan manfaat baik untuk kesehatan tubuh dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

Bahaya Penyakit Gula

Penyakit gula atau diabetes memberikan pengaruh yang sangat besar bagi tubuh. Akibatnya, tubuh mengalami komplikasi karena gangguan yang terjadi pada organ penting. Penyakit ini menyebabkan kerusakan pada jangka hidup penderita sehingga merasa prustasi.

Berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan penderita diabetes:

  • Cacat kaki.
  • Mengancam pada sistem memori otak.
  • Ancaman penyakit jantung.
  • Mengganggu sistem saraf mata.
  • Mudah terkena infeksi kulit.
  • Kerusakan pada jaringan ginjal.
  • Mengalami gangguan pendengaran.
  • Kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Penyakit gula atau diabetes ini merupakan pintu masuk berbagai macam penyakit pada tubuh. Seperti penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke dengan tingkat kematian 50-60%. Penyakit ini juga sering disebut dengan pembunuh diam-diam, karena gejalanya yang tidak bisa di frediksi seperti sakit kepala, banyak makan, kencing berlebihan sehingga penyakit ini kebanyakan tidak disadari oleh mereka yang menderita penyakit diabetes.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit gula, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *