Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Gondok, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Gondok, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(47 Views) Mei 5, 2017 3:46 pm | Published by | No comment

Penyakit Gondok, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Gondok, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Apa itu gondok? Gondok merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus akut yang menyebar dari orang ke orang lain melalui batuk atau bersin. Beberapa kemungkinan orang yang terkena penyakit gondok tidak memiliki gejala, namun mereka bisa menularkan virus ke orang lain. Gejala gondok meliputi berbagai demam, mengalami pembengkakan, dan nyeri pada kelenjar liur pipi dan bawah rahang. Biasanya gejala penyakit gondok muncul antara 15 sampai 25 hari setelah orang tersebut terkena virus gondok.

Penyakit Gondok, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Gondok, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya. Penyakit gondok ialah salah satu kondisi dimana terjadi pembengkakan kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah organ yang terletak dibawah jakun dan memiliki fungsi yang sangat penting. Pada saat kondisi normal kelenjar tiroid cenderung tidak disadari, akan tetapi terjadi pembengkakan, kelenjar tiroid dapat membentuk benjolan pada leher. Ukuran benjolan pada masing-masing orang sangatlah bervariasi.

Penyebab Dan Gejala Sakit Gondok

Tidak semua penderita mengalami gejala, akan tetapi terjadinya gejala dapat muncul pembengkakan pada leher. Bengkak dengan ukuran kecil tidak akan menimbulkan keluahan apapun. Namun, bengkak tersebut dapat mempengaruhi pernapasan serta menyebabkan penderita sulit menelan makanan. Gejala lain yang terjadi, kemungkinan mencapai terjadinya pembengkakan, perubahan suara (serak), batuk serta sulit bernapas dan menelan. Jika gejala diatas pernah anda rasakan, terutama pada penderita yang mengalami pembengkakan yang terus menerus membesar sebaiknya segera periksakan diri ke doketer atau medis.

Sebelum ke pengobatan penyakit gondok (kelenjar tiroid) anda perlu mengetahui penyebab penyakit gondok, agar pengobatannya tepat sesuai penyakit. Seperti yang sudah dibahas, kelenjar tiroid adalah jenis kelenjar yang berfungsi untuk menghasilkan hormon dan membantu proses kimiawi dalam tubuh. Kelenjar tersebut berada pada leher dan lebih tepatnya dibawah jakun.

Pembengkakan pada kelenjar tiroid terbagi menjadi dua jenis benjolan, meliputi benjolan difud (biasa) dan benjolan kasar. Penyebab umum sakit gondok yaitu akibat kekrangan iodin. Iodin ini sangat dibutuhkan sekali oleh tubuh dengan memiliki fungsi menghasilkan iodin. Dan ada juga pemicu lainnya adalah rokok. Penyebab sakit gondok terkadang sulit ditemukan karena sangat beragam sekali.

Akan tetapi faktor pemicu penyakit ini diantaranya, adalah :

  • Hipertiroidisme dan hipotirodisme. Penyakit yang dapat terjadi karena kelenjar tiroid berlebihan atau mengalami penurunan. Kedua ini sangat memicu terjadinya pembengkakan pada kelenjar tiroid.
  • Yodium. Yodium sangat dibutuhkan sekali dalam memproduksi hormon tiroid. Dan zat yang satu ini mudah ditemukan di dalam ikan, rumput laut, biji-bijian serta susu sapi. Tidak adanya yodium, maka kelenjar tiroid bisa menurun dan mengalami pembengkakan.
  • Perokok aktif. Rokok mengandung asap yang dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh dalam penyerapan zat yodium.
  • Perubahan hormon saat pubertas, kehamilan dan monopause
  • Terjadi peradangan kelenjar tiroid akibat virus infeksi, bakteri, dll

Risiko sakit gondok dapat menyerang siapa saja, namun inilah beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit ini. Usia diatas 41 tahun, wanita rentan mengalami gangguan tiroid, keturunan, konsumsi obat-obatan, wanita pada saat hamil dan monopause.

Langkah Pengobatan Sakit Gondok

Sakit gondok dapat ditangani dengan beberapa cara penentuan. Langkah pengobatan ini tergantung pada jenis ukuran benjolan, penyebab terjadinya dan gejala yang dirasakan oleh penderita. Benjolan yang masih kecil umumnya tidak langsung ditangan oleh dokter. Namun pada saat benjolan membesar sehingga mengganggu kondisi pada kesehatan tubuh, inilah langkah pengobatan yang bisa dilakukan oleh anda, meliputi : obat penurun hormon tiroid, melakukan terapi hormon, terapi yodium radioaktif dan operasi.

Bahaya gondong bisa menyebabkan komplikasi, terutama pada orang dewasa dan komplikasi ini meliputi.

  • Pembengkakan testis
  • Terjadi radang otak
  • Radang meningitis
  • Radang ovarium
  • Payudara
  • Kehilangan penglihatan
  • Mengalami penurunan kesadaran
  • Osteoporosis
  • Menyebabkan penyakit limfoma
  • Mengalami kematian jaringan, pendarahan dan timbul rasa nyeri
  • Kesulitan bernapas sehingga menimbulkan penekanan pita suara (trakea)

Post by : jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit Gondok, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *