Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit Glaukoma, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Glaukoma, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(19 Views) Juni 11, 2017 10:00 am | Published by | No comment

Penyakit Glaukoma, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit Glaukoma, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Glaukoma ialah salah satu jenis gangguan penglihatan yang ditandai oleh rusaknya saraf optik yang biasa diakibatkan oleh tekanan didalam mata.

Penyakit Glaukoma, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Menurut WHO, penyakit glaukoma ialah penyebab kebutaan kedua terbesar diseluruh dunia setelah katarak. Di Indonesia, menurut hasil data yang didapat oleh Kementrian Kesehatan, prevalensi pengidap glaukoma tahun 2007 mencapai 4‚6 per 1000 penduduk.

  • Penyebab glaukoma

Meningkatnya tekanan didalam mata (tekanan intraokular) merupakan penyebab utama dari penyakit ini, baik karena produksi cairan mata secara berlebihan ataupun karena terhambatnya saluran pembuangan cairan tersebut.

Tekanan tersebut mampu membuat kerusakan pada serabut saraf retina/jaringan saraf yang melapisi bagian belakang mata dan saraf optik yang menhubungkan mata dengan otak. Sampai saat ini, belum ada bukti jelas mengapa produksi cairan mata dapat berlebihan atau mengapa saluran pembuangannya dapat tersumbat.

  • Gejala glaukoma

Tanda dan gejala glaukoma bisa berupa :

  1. Sakit pada mata
  2. Sakit kepala atau pusing
  3. Melihat bayangan lingkaran di sekeliling cahaya
  4. Mata memerah
  5. Mual bahkan muntah
  6. Mata berkabut (terutama pada bayi)
  7. Penglihatan yang semakin menyempit sehingga tidak bisa melihat objek sama sekali
  • Pengobatan glaukoma

Penting sekali bagi anda untuk segera periksakan diri pada dokter bila mengalami penurunan daya lihat yang mungkin saja karena penyakit glaukoma. Kerusakan mata yang diakibatkan oleh glaukoma tak bisa diobati ataupun diperbaiki kembali. Akan tetapi, tujuan dari pengobatan glaukoma ialah untuk meringankan tekanan intraokular pada mata serta mencegah meluasnya kerusakan yang terjadi pada mata.

Bahaya Glaukomma Jika Tidak Diobati!!! Jika tidak ditangani glaukoma bisa sebabkan kebutaan dan memang glaukoma ini kerap disebut sebagai “pencuri penglihatan” Sebab jarang dirasakan oleh pasiennya hingga benar–benar merusak. Maka dari itu, glaukoma menjadi penyebab kebutaan kedua terbanyak setelah katarak.

Umumnya, glaukoma dapat ditangani dengan :

√ Obat tetes mata

Obat tetes mata pada umumnya kerap menjadi bentuk penanganan pertama untuk penyakit glaukoma yang dianjurkan oleh dokter. Obat tetes ini baik untuk memperlancar pembuangan cairan mata atau kurangi produksinya.

√ Obat-obatan glaukoma yang diminum

Untuk memperlengkap kerja obat tetes atau bila obat tetes kurang efektif digunakan, ada kemungkinan dokter akan meresepkan obat glaukoma yang diminum. Salah satunya yaitu carbonic anhydrase inhibitor. Efek samping penggunaan obat ini yaitu sakit perut, sering buang air kecil, jari tangan atau kaki kesemutan, depresi, batu ginjal.

√ Terapi laser

Dalam kasus glaukoma sudut tertutup, terapi laser bertujuan untuk membuka penyumbatan aqueous humour. Sementara dalam kasus glaukoma sudut terbuka, terapi laser bertujuan untuk melancarkan pengaliran cairan tersebut.

√ Prosedur operasi

Jenis–jenis operasi glaukoma bila diurutkan menurut penerapannya secara umum :

  1. Trabeculectomy. Ini adalah jenis operasi glaukoma yang sangat umum. Tujuan dari operasi ini ialah untuk melancarkan aliran aqueous humour dengan membuang sebagian dari trabecular meshwork
  2. Aqueous shunt implant. Prosedur operasi ini bertujuan untuk melancarkan aliran aqueous humour dengan cara memasang alat kecil seperti selang pada mata
  3. Viscocanalostomy. Dengan menjalani prosedur operasi ini dokter akan membuang beberapa atau sebagian lapisan luar berwarna putih yang menutupi bola mata (sclera) untuk tingkatkan pembuangan aqueous humour
  4. Sclerectomy dalam. Operasi ini dijalankan untuk memperlebar trabecular meshwork melalui pemasangan alat untuk memperlebar trabecular meshwork.

Post by ; jellygamatqnc.net

Penyakit Glaukoma, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Categorised in:

No comment for Penyakit Glaukoma, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *