Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Diabetes, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Penyakit Diabetes, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

(48 Views) April 28, 2017 2:32 pm | Published by | No comment

Penyakit Diabetes, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Penyakit Diabetes, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya – Diabetes adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena tingginya tingkat kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam tubuh diperoleh dari berbagai macam jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi secara rutin. Sebenarnya tubuh dapat menjalankan sistem yang akan membuat tubuh bisa mengatur kadar gula dalam darah. Sistem ini tidak lepas dari insulin sebagai sebuah hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pankreas.

Penyakit Diabetes, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Namun beberapa penderita memiliki ketidakmampuan untuk menghasilkan insulin sehingga tingkat kadar gula dalam darah terus meningkat dan memperburuk pada sistem kinerja tubuh. Salah satu cara yang paling penting dilakukan oleh penderita diabetes adalah menjaga agar kadar gula dalam darah tetap normal.

Penyebab, gejala, dan bahayanya  memberikan pengaruh yang sangat besar untuk tubuh. Hal ini ditandai dengan berbagai penyakit lain yang timbul pada penderita diabetes yang tidak mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Akibat dari semua itu, tubuh bisa mengalami komplikasi karena gangguan yang terjadi pada beberapa organ tubuh yang sangat penting. Kadar gula yang berlebihan dalam darah bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah dan sulit untuk melakukan berbagai aktivitas secara normal.

Penyebab diabetes melitus

  • Faktor Keturunan

Salah satu penyakit yang di sebabkan oleh genetik atau keturunan, seperti penyebab, gejala, dan bahayanya diabetes melitus ini, sangat sulit melakukan pengobatannya. Kondisi inilah yang setiap keluarga harus selalu menjaga gaya hidup sehat dengan terjaminnya kesehatan kondisi tubuh dengan baik dan benar. Sehat itu memang paling utama dan dambaan setiap orang yang harus di terapkan. Penyakit diabetes, penyebab, gejala, dan bahayanya memiliki beberapa tipe, seperti jenisnya ada yang basah juga ada yang kering. Penyakit diabetes sudah parah dapat membuat anggota tubuh menjalankan amputansi yang sudah sampai menggerogotinya pada bagian kakinya.

  • Obesitas atau berat badan berlebihan

Obesitas adalah tubuh yang berat badannya mengalami kenaikan hingga drastis dari berbagai jenis penyebab. Konsumsi makanan yang mengandung minyak dan berlemak, kurangnya olahraga dan tidak suka minum air putih itulah sebab kendala mengapa obesitas atau kelebihan berat badan dapat terjadi. Hal ini dapat terjadi bukan pada orang dewasa saja tapi anak anak pun bisa mengalaminya. Salah satu cara untuk mengatasi hal seperti ini ialah mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan seperti inilah yang bagus dan memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin dan serat yang seimbang. Salah satu yang umum terjadi penyebab diabetes melitus adalah disebabkan oleh beratnya badan yang melebihi kapasitas dari ukuran normalnya.

  • Sering Merokok

Sudah populer sekali karena konsumsi atau menghisap rokok bahkan sudah menjadi perokok aktif, berbagai jenis penyakit slalu menyerang pada kesehatan seseorang. Tidak sedikit, efek sering merokok menyebabkan penyakit diabetes melitus muncul dan sekarang anak – anak pun sudah banyak yang menggilai rokok. Penyebab dari kebiasaan yang tidak sehat, yaitu merokok dapat menimbulkan penyakit diabetes melitus, penyakit hipertensi, sesak nafas, jantung, kanker paru paru dan bronkitis. Jadi untuk kalian yang sudah menjadi perokok aktif atau perokok pasif, segeralah untuk menguranginya, atau bisa menjauhkannya dan menggantinya dengan makanan yang lain.

  • Konsumsi Makanan manis

Kandungan gula yang terdapat pada makanan manis ini sangatlah tinggi kadarnya, sehingga memberikan efek buruk pada penderita diabetes. memang semua orang sangat menyukai makanan yang manis-manis, namun jika keserigan mengkonsumsinya, maka hal buruk dapat terjadi.

  • Minuman beralkohol

Dalam kandungan minuman beralkohol terdapat alkohol itu dan alkohol itu ada yang tinggi, sedang dan biasa. Namun bagi orang yang tidak terbiasa minum alkohol akan membuat kepala menjadi pusing dan muntah-muntah. Tapi ada baiknya juga, bagaimana jika minuman ini jangan di konsumsi karena penyebab dari penyakit diabetes melitus dan penyebab ginjal yang rusak bisa dari minuman beralkohol.

Penyakit diabetes adalah penyakit yang sudah umum terjadi dan menakutkan. Penyakit diabetes seringkali diabaikan karena dianggap penyakit yang berasal dari keluarga atau keturunan. Padahal hal ini bukanlah semata-mata dari faktor keturunan, bisa saja dari konsumsi makanan yang tidak sehat pada kesehariannya. Dua jenis tipe pada penyakit diabetes ini dikenal sebagai suatu penyakit yang menimbulkan tanda atau ciri-ciri yang sama.

Beberapa gejala dari penyakit  ialah :

  • Merasa lapar
  • Tubuh sering mengalami lemah
  • Sering buang air kecil
  • Merasa haus
  • Permukaan kulit terasa gatal
  • Penglihatan mata menjadi kabur
  • Terjadi infeksi yang mengerikan pada kaki dan tangan
  • Infeksi pada organ intim
  • Tubuh menjadi mati rasa
  • Berat badan turun drastis
  • Sering mual
  • Bau mulut
  • Luka akan sulit disembuhkan
  • Sakit kepala

Bahaya Penyakit Diabetes Yang Sering Terjadi Pada Kalangan Masyarakat Sekarang, antara lain :

Timbul serangan Jantung

Ancaman penyakit jantung akan terus mengincar penderita diabetes ialah penyempitan pembuluh darah, stroke, serangan jantung, penyakit arteri dan kondisi lain.

Kerusakan pada penglihatan Mata

Kebutaan, kerusakan pada kornea dan lensa mata adalah salah satu komplikasi yang paling sering terjadi pada penderita diabetes. Hal ini disebabkan kadar gula darah yang terlalu tinggi telah mengganggu sistem saraf pusat.

Kerusakan Organ Ginjal

Ginjal pada manusia memiliki fungsi yang sangat penting. Karena ginjal mengandung jutaan pembuluh darah yang dapat menyaring darah dalam tubuh manusia. Ketika kadar gula dalam darah terlalu tinggi maka bisa menyebabkan kerusakan jaringan yang berfungsi sebagai saringan kecil.

Kerusakan bagian Kaki

Kerusakan bagian kaki sangat umum terjadi pada penderita penyakit diabetes, sehingga pada kerusakan tersebut dominan melakukan cara dengan amputasi. Amputasi adalah salah satu cara penderita diabetes yang kerap sekali dilakuka. Kerusakan sistem saraf akibat diabetes yang terjadi pada bagian kaki dapat menyebabkan komplikasi rusaknya pada bagian kaki.

Infeksi Pada permukaan Kulit

Infeksi pada bagian permukaan kulit merupakan kasus sering terjadi pada penderita diabetes. Infeksi kulit ini disebabkan oleh jamur, virus yang hidup pada luka dibagian kaki. Penderita diabetes rentan sekali luka dan luka tersebut sangat sulit untuk disembuhkan dengan cara cepat, sehingga infeksi yang terjadi ini menjadi ancaman yang sangat serius.

Post by : jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit Diabetes, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *