Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit batu ginjal, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Penyakit batu ginjal, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

(45 Views) April 29, 2017 2:04 pm | Published by | No comment

Penyakit batu ginjal, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Penyakit batu ginjal, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya – Penyakit ginjal merupakan suatu penyakit yang di akibatkan dari endapan pada ginjal yang berubah menjadi kristal yang mengeras. Endapan tersebut, berasal dari sisa limbah di dalam darah yang di saring oleh ginjal. Kemudian mengendap dan mengeras membentuk kristal seiring berjalannya waktu. Pada sebagian kasus, penyakit batu ginjal banyak di derita oleh orang yang berusia sekitar 30-60 tahun. Jumlah penderita batu ginjal pada pria lebih banyak dari pada wanita yang hanya berjumlah 10%.

Penyakit batu ginjal, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Endapan batu ginjal yang terjadi, bisa disebabkan karena faktor makanan atau masalah kesehatan lainya. Batu ginjal dibagi menjadi beberapa macam, yaitu batu asam urat, batu kalsium, batu sistin dan batu struvit. Gejala batu ginjal biasanya tidak akan dirasakan oleh penderita jika ukuran batu ginjal masih sangat kecil. Batu ginjal yang masih berukuran kecil bahkan bisa keluar melalui ureter dengan mudah.

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Gejala batu ginjal baru akan terasa pada saat ukuran batu ginjal telah membesar dan tertahan di dalam ginjal. Baru ginjal bisa melewati ureter dan menyebabkan infeksi. Ureter adalah saluran yang dapat menyambungkan ginjal dengan kandung kemih. Bentuk ureter ini menyerupai tabung yang memiliki sifat sensitif, ketika ada batu ginjal berukuran besar melewati ureter. Maka batu ginjal itu akan memberi gesekan dan berisiko melukai dinding ureter yang menyebabkan terjadinya kencing disertai darah dan jika batu ginjal itu tersangkut di ureter maka akan mengganggu aliran urine dari ginjal.

Berikut ini adalah gejala yang akan di rasakan oleh penderita batu ginjal:

  1. Nyeri pada perut bagian samping yang menetap.
  2. Nyeri punggung bagian bawah.
  3. Nyeri pinggang .
  4. Nyeri selangkangan.
  5. Nyeri testis ( pada pria ).
  6. Mual di sertai muntah.
  7. Gelisah.
  8. Meningkatnya frekuensi buang air kecil.
  9. Merasa sakit pada saat buang air kecil.
  10. Sulit beristirahat.
  11. Warna urine keruh dan beraroma tidak sedap.

Selain gejala diatas, batu ginjal yang tersangkut pada ureter dapat menghambat lancar nya aliran urine, dan akan menyebabkan penumpukan. Penumpukan yang terjadi akan menyebabkan datangnya bakteri yang akan membuat ginjal menjadi infeksi. Apabila infeksi ginjal sudah terjadi, maka penderita akan merasakan gejala seperti:

  • Urine berwarna keruh di sebabkan karena pendarahan akibat infeksinya saluran ureter.
  • Demam.
  • Diare.
  • Badan terasa lemas.
  • Tubuh menggigil.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Ginjal secara alami akan membersihkan darah dalam setiap harinya. Dengan menyaring zat-zat limbah yang terkandung didalam darah selanjutnya di buang dalam bentuk urine. Namun terkadang karena terlalu banyak nya zat dibanding cairan yang berfungsi sebagai pelarut maka zat-zat limbah tadi sering tidak terbuang sepenuhnya dan mengendap dalam ginjal. Endapan batu ini juga bisa di sebabkan karena makanan atau masalah kesehatan lainnya.

berikut adalah jenis-jenis batu ginjal dan penyebabnya:

  • Batu Asam urat: Batu ini sebabkan karena terlalu seringnya mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar purin yang tinggi.
  • Batu Sistin: Batu ginjal sistin merupakan salah satu jenis batu ginjal yang sangat jarang ditemukan. Batu ini terbentuk disebabkan oleh terlalu banyaknya asam amino sistin yang dikeluarkan oleh ginjal.
  • Batu Kalsium: Jenis batu ginjal ini merupakan jenis batu ginjal yang sering di alami oleh penderita batu ginjal. Batu kalisum ini disebabkan oleh tingginya kadar kalsium didalam urine. Masalah ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan.
  • Batu Struvit: Batu ginjal jenis ini merupakan batu ginjal yang dapat membentuk dan membesar dengan cepat. Akibat utama terbentuknya batu ginjal ini disebabkan oleh infeksi kandung kemih yang telah berangsur lama.

Selain disebabkan oleh makanan, batu ginjal juga bisa terjadi karena disebabkan oleh gangguan kesehatan seperti:

  1. Mengalami obesitas.
  2. Efek samping mengkonsumsi obat-obatan.
  3. Kurang minum air putih.
  4. Efek samping operasi terhadap organ pencernaan.
  5. Riwayat kesehatan keluarga, dll.

Itulah sebagian dari penyebab penyakit batu ginjal terjadi. Melakukan pencegahan merupakan awal yang baik, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu jaga selalu kondisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, serta hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

Bahaya Penyakit Batu Ginjal

Berikut ini adalah bahaya yang bisa saja terjadi pada semua orang yang menderita penyakit batu ginjal:

  • Penyumbatan Saluran Kemih.
  • Kerusakan Ginjal.
  • Sakit Setelah Perawatan.
  • Batu Ginjal Kambuh.

Penyakit batu ginjal merupakan suatu penyakit yang membutuhkan penanganan yang tepat. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit batu ginjal ini. Mulai dari mengkonsumsi obat-obatan dan melakukan operasi jika memang batu ginjal yang di alami sudah semakin parah. Jika tidak di tangani dengan cepat dan tepat, penyakit batu ginjal ini akan sangat membahayakan kondisi kesehatan anda.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit batu ginjal, Penyebab, Gejala, dan Bahayanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *