Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » Penyakit ayan, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit ayan, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(33 Views) Mei 21, 2017 9:00 am | Published by | No comment

Penyakit ayan, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit ayan, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Ayan atau dalam istilah kedokterannya disebut epilepsi adalah gangguan sistem saraf otak sehingga mengakibatkan kejang/periode perilaku dan sensasi yang tak biasa, atau terkadang membuat penderitanya kehilangan kesadaran.

Penyakit ayan, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Gejala Ayan

Gejala utama dari gangguan ini ialah kejang. Kejang ini bisa bersifat lokal ataupun menyeluruh, yang disertai atau tanpa disertai dengan hilang kesadaran. Sebelum serangan kejang terjadi, beberapa penderita bisa mengalami sensasi ‘aura’ yaitu gambaran singkat seperti halusinasi yang muncul sebagai tanda akan datangnya kejang.

Penyebab Ayan

Penyebab pasti dari ayan hingga saat ini belum diketahui. Akan tetapi pada beberapa keadaan bisa dipicu oleh kerusakan pada sel otak, cidera kepala, cacat lahir, tumor, meningitis, stroke, konsumsi alkohol dan obat terlarang.

Ayan hingga sekarang belum bisa disembuhkan secara sempurna. Tetapi penyakit ini masih bisa dikontrol melalui obat-obatan yang telah diresepkan dokter. Sehingga penderitanya tetap bisa beraktifitas sehari-hari dengan baik.

Bahaya Ayan

Bahaya bisa muncul jika ayan tidak dikontrol dengan baik. Beberapa bahaya yang bisa dimunculkan antara lain :

  • Jika gejala kejang dirasakan muncul ketika berkendara, maka hal ini bisa memicu kecelakaan lalu lintas.
  • Jika gejala ayan muncul ketika berenang, penderita bisa saja tenggelam terlebih saat tidak ada orang lain disekitarnya.
  • Jika gejala muncul di tempat tinggi maka bisa berpotensi mengalami jatuh.
  • Pada beberapa orang, ayan bisa berkembang menjadi kejang yang terus-menerus sehingga akan mengganggu perkembangan otak secara permanen atau bisa menyebabkan kematian.
  • Masalah pada kesehatan psikis juga dapat muncul. Di mana penderita bisa saja bunuh diri akibat depresi dengan kondisi penyakitnya atau disebabkan oleh efek samping penggunaan obat antiepilepsi.

Dalam kasus ini, peran keluarga atau orang-orang terdekat sangatlah penting. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, ayan bisa memunculkan komplikasi berupa status epileptikus. Status epileptikus yaitu keadaan saat penderita ayan mengalami kejang selama lebih dari 5 menit/serangkaian kejang pendek.

Penderita status epileptikus biasanya akan berada dalam kondisi yang tidak benar benar sadar saat serangkaian kejang pendek terjadi. Status epileptikus bisa sebabkan kerusakan otak secara permanen, dan bahkan kematian.

Komplikasi lain yang juga jarang terjadi yaitu kematian mendadak. Sampai saat ini, penyebab kematian mendadak akibat ayan masih belum bisa diketahui dengan pasti. Sejumlah ahli menjelaskan bahwa hal tersebut berhubungan dengan keadaan jantung dan pernafasan penderita.

Pengobatan Ayan

Sampai saat ini memang belum ada obat atau langkah cara yang bisa sembuhkan penyakit ayan ini sepenuhnya. Meski demikian, obat antiepilepsi atau OAE bisa mencegah terjadinya kejang. Sehingga penderita bisa menjalankan aktifitas sehari-hari secara normal dengan mudah dan aman.

Selain obat obatan, penanganan ayan juga perlu ditunjang dengan gaya hidup yang sehat, seperti olahraga secara teratur, tidak konsumsi alkohol secara berlebihan, dan melakukan diet khusus.

Post by : jellygamatqnc.net

Penyakit ayan, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Categorised in:

No comment for Penyakit ayan, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *