Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit Asam Urat, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Penyakit Asam Urat, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

(68 Views) Mei 2, 2017 10:50 am | Published by | No comment

Penyakit Asam Urat, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Penyakit Asam Urat, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya – Asam urat menjadi salah satu primadona penyakit yang paling banyak terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Asam urat adalah kondisi dimana terjadi penumpukan jenis asam urat di dalam tubuh. Tubuh yang sering terkena asam urat ialah pada kaki, jempol kaki dll.

Penyakit Asam Urat, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Gejala asam urat biasanya ditandai oleh pembengkakan pada sendi lutut, jari-jari tangan dan kaki dan disetai dengan adanya rasa nyeri. Terbentuknya pemecahan zat purin sehingga menumpuk yang terkandung dalam tubuh merupakan penyebab terjadi asam urat. Pembentukan dan penumpukan zat-zat purin dapat terjadi selama bertahun-tahun dan beberapa penumpukan tersebut akan keluar dari tulang kemudian terjadi lapisan pada bagian sendi sering mengalami radang dan menyakitkan. Ketika gejala tersebut terjadi, maka anda mengalami asam urat.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyebab asam urat adalah kandungan senyawa yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengurai zat purin, sehingga tubuh tidak dapat mencerna. Selain itu meningkatnya zat purin dapat menyebabkan kenaikan kadar asam urat di dalam tubuh. Adapun faktor pemicu asam urat ialah makanan yang mengandung zat asam urat. Makanan tersebut banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari, seperti udang laut, sarden, kepiting, cumi-cumi, daging dll.

Selain makanan, pola hidup yang tidak sehat dapat berisiko penumpukan asam urat di dalam darah, seperti mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung gula, minuman beralkohol dll. Risiko pengguna obat-obatan tertentu juga dapat terkena asam urat seperti obat niacin, aspirin, sislosporin dan obat-obatan kemoterapi. Terjadinya komplikasi jika asam urat dialami oleh orang yang menderita penyakit diabetes, ginjal, hipertensi, obesitas atau kelebihan berat badan, psoriasism dan kadar kolesterol tinggi.

Untuk itu, berikut ini ciri-ciri asam urat yang perlu anda ketahui.

  • Sendi kaki merasa nyeri

Umum sekali terjadi sendi-sendi akan merasakan nyeri dan timbul rasa tidak nyaman. Banyak orang tua yang sering mengeluh dengan gejala yang satu ini, karena sendi dapat terasa panas dan lemah jika di gerakan.

  • Sakit pada jempol kaki

Gejala ini biasanya terjadi pada malam hari dan rasa sakit ini menimbulkan ketidaknyamanan pada jempol kaki. Hal ini, terkadang membuat penderita tidak bisa tidur, susah menggerakan jempol kaki dan mudah emosi.

  • Merasa kaki terbakar

Perasaat tersebut diakibatkan oleh panasnya ketika kadar asam urat sangat tinggi dalam darah kemudian menyebar ke bagian tertentu.

  • Jaringan sendi mengalami kaku

Sendi sudah mengalami kaku harus mendapatkan perawatan yang cukup baik, karena sendi yang sudah mati rasa dapat berpotensi kelumpuhan terhadap penderita.

  • Persendian membengkak

Pembekakan yang terjadi diakibatkan oleh menumpuknya asam urat terbawa pada area sendi. Dan gejala bengkak pada sendi biasanya terjadi setelah kambuh asam urat.

  • Kemerahan pada sendi

Rasa panas yang ditimbulakan bisa menyebabkan sendi terlihat kemerahan. Sendi bengkak, sendi menjadi kakau, dan kemerahan pada sendi memang menjadi salah satu indikasi yang sangat tinggi dalam tubuh.

Itulah beberapa ciri-ciri gejala asam urat tinggi dan biasanya muncul sewaktu-waktu. Namun gejala ini dapat muncul atau sering terjadi pada malam hari dengan waktu 1-2 minggu. Setelah itu gejala yang ditimbulkan tersebut bisa hilang sendirinya juga bisa dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin.

Bahaya asam urat tinggi bagi tubuh merupakan penyapkit yang umum menyerang bagian-bagian persendian. Dan beberapa faktor yang menyebabkan asam urat terjadi adalah gaya hidup, faktor keturunan, dan jenis kelamin. Setelah mengetahui faktor yang dapat menimbulkan asam urat, maka anda harus mengetahui bahaya dari asam urat.

Bahaya Asam Urat Bagi Tubuh

  • Sakit parah pada persendian
  • Ginjal kesulitan dalam membuang kandungan asam lemak (Asidosis Metabolik)
  • Menimbulkan penyakit batu ginjal
  • Gagal ginjal
  • Penyakit jantung koroner

Dengan mengetahui bahaya tersebut perlu anda memperhatikan pola makan dan gaya hidup yang sehat agar bisa terhindar dari masalah-masalah penyakit asam urat ini.

Post by : jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit Asam Urat, Penyebab, Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *