Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Gejala Penyakit A-Z » Penyakit anemia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit anemia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

(143 Views) Mei 2, 2017 9:56 am | Published by | No comment

Penyakit anemia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Penyakit anemia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya – Anemia atau kekurangan darah, merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah (hemoglobin) protein pembawa oksigen dalam sel darah merah berada di bawah kondisi normal. Sel darah merah merupakan sel darah yang mengandung hemoglobin. Yang berperan sangat penting dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh tubuh.

Penyakit anemia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Akibat dari anemia atau kekurangan darah adalah, sistem aliran darah akan terganggu dan tubuh akan kekurangan energi untuk menghasilkan energi. Maka dari itu tidak heran jika gejala anemia yang muncul adalah rasa lemas, pucat, gelisah dan terkadang di sertai dengan sesak nafas. Warna pucat di bagian-bagian tubuh seperti kelopak mata dan lidah juga merupakan salah satu gejala dari kekurangan darah.

Penyebab penyakit anemia atau kekurangan darah secara umum adalah:

  • Dikarenakan kurangnya konsumsi zat besi.
  • Pendarahan.
  • Peradangan usus.
  • Kekurangan vitamin B12.
  • Genetik.
  • Gangguan sumsum tulang.
  • Kekurangan asam folat.

Berikut ini, merupakan tanda gejala yang akan timbul ketika anda mengalami penyakit anemia. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sakit kepala: Sakit kepala merupakan gejala umum yang sering terjadi pada penderita anemia. Pasalnya, penderita anemia akan kekurangan asupan oksigen untuk otaknya sehingga kondisi ini membuat tubuh merasakan sakit di area kepala.
  2. Denyut jantung tidak teratur: Istilah lain dari denyut jantung tidak teratur adalah palpitasi. Ketika tubuh mengalami kekurangan oksigen maka denyut jantung akan meningkat atau memiliki denyut jantung yang abnormal.
  3. Sering mual: Penderita anemia atau kekurangan darah akan sering merasakan mual.
  4. Sesak napas: Jumlah darah yang rendah, dapat menurunkan darat oksigen pada tubuh. Ini merupakan penyebab terjadinya sesak napas.
  5. Kelopak mata pucat: Salah satu hal yang sangat mudah untuk mendeteksi penyakit anemia adalah dengan melihat tanda-tanda kelopak mata yang memucat.
  6. Menurunnya kekebalan tubuh: Ketika energi dalam tubuh anda berkurang dikarenakan kekurangan oksigen, maka secara otomatis sistem imun tubuh pun akan ikut menurun. Sehingga anda akan lebih mudah terserang berbagai macam penyakit.
  7. Kelelahan: Jika anda mengalami gejala kelelahan dalam beberapa minggu atau bulan ini, maka anda harus segera memeriksanya. Sebab hal itu kemungkinan terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah.
  8. Wajah pucat: Jika anda mengalami penyakit anemia maka, anda akan memiliki wajah yang pucat.
  9. Rambut rontok: Rambut rontok bisa saja terjadi pada orang yang menderitanya, sebab kulit kepala tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup ari tubuh.
  10. Ujung jari pucat: Gejala yang terakhir adalah, ujung jaring yang pucat ketika di tekan.

Jika anda mengalami sebagian gejala di atas. Maka anda harus segera melakukan pemeriksaan, agar ketika anda dinyatakan positif menderita anemia maka anda bisa melakukan pengobatan sejak dini. Karena jika tidak ditangani dengan segera maka akan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh. Tubuh manusia membutuhkan sangat membutuhkan suplai oksigen untuk membantu proses kerja organ tubuh agar berjalan dengan maksimal. Tetapi jika terjadi gangguan seperti anemia yang berkepanjangan, akan sangat membahayakan kesehatan anda.

Penyebab Penyakit Anemia

Anemia atau kekurangan darah terjadi ketika tubuh memproduksi sel darah merah yang terlalu sedikit. Kehilangan terlalu banyak sel darah merah atau mematikan sel darah merah lebih banyak daripada menggantinya dengan sel darah merah yang baru. Anemia di bagi menjadi beberapa jenis, kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, dua diantaranya adalah karena konsumsi makanan atau minuman yang tidak sesuai dan faktor kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit anemia dan faktor penyebabnya:

  • Sickle cell anemia: Penyebab anemia jenis ini adalah terjadinya kecacatan hemoglobin, yang membuat sel darah merah terbentuk seperti bulan sabit.
  • Anemias associated with bone marrow disease: Penyebab anemia jenis ini adalah terjadinya kondisi seperti leukemia dan myelodysplasia dapat menyebabkan anemia yang menyebabkan produksi darah di sumsum tulang belakang berkurang.
  • Iron deficiency anemia: Kekurangan zat besi didalam tubuh.
  • Vitamin deficiency anemia: Kurangnya asupan makanan yang bernutrisi dan mengandung folat, Vitamin B12 untuk menghasilkan sel darah merah yang cukup.
  • Anemia of chronic disease: Disebabkan oleh penyakit kronis tertentu, contohnya kanker dan HIV/AIDS.
  • Hemolytic anemias: Kondisi dimana sel darah merah hancur lebih cepat dan sumsum tulang belakang tidak tidak mampu untuk mengimbangi atau menggantinya dengan sel darah merah yang baru.
  • Aplastic anemia: Kondisi ini disebabkan oleh tidak mampu nya sumsum tulang belakang untuk memproduksi ketiga jenis sel darah.

Itulah beberapa jenis penyakit anemia dan faktor penyebabnya, namun ada pula faktor umum penyebab anemia lainnya.

Berikut ini adalah faktor umum penyebab penyakit anemia atau kekurangan darah:

  1. Kurangnya Zat Besi.
  2. Pecahnya Pembuluh Darah.
  3. Ambeien.
  4. Kekurangan Nutrisi.
  5. Penyakit Tertentu.
  6. Polip Di Saluran Pencernaan.
  7. Kelainan Sumsum Tulang Belakang.
  8. Kurangnya Protein Hewani.
  9. Diet Ketat.
  10. Obat Tertentu.
  11. Donor Darah.
  12. Infeksi.
  13. Alkoholrisme.
  14. Penyakit Ginjal.
  15. Pengobatan Kanker.
  16. Bentuk Sel Darah Merah.
  17. Tubuh Tidak Bisa Menyerap Zat Besi.
  18. Pembentukan Sel Darah Merah Berkurang.
  19. Umur Eritrosit Pendek.
  20. Pendarahan.
  21. Kelainan Antibodi.
  22. Menstruasi.
  23. Melahirkan.
  24. Operasi.
  25. Mimisan.

Bahaya Penyakit Anemia

Akibat dari terganggu nya kinerja sel darah merah, maka akan menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Padahal oksigen adalah sesuatu yang sangat penting bagi tubuh untuk menghasilkan energi. Maka akibat yang akan terjadi pada penderita anemia adalah sering merasa lemas, bahkan terkadang tidak bisa melakukan aktivitas seperti orang normal pada umumnya.

Penyakit anemia memang di sebabkan oleh beberapa faktor. Menjaga asupan makanan agar tubuh tidak merasa kekurangan energi merupakan langkah awal untuk mencegah penyakit anemia ini terjadi. Penyakit anemia bukanlah penyakit yang bisa di biarkan begitu saja, penyakit ini harus benar-benar menerima penanganan yang tepat. Sebab apabila di biarkan begitu saja maka kondisi penderita anemia akan semakin memburuk dengan semakin berkurangnya sel darah merah di dalam tubuh. Bahkan penyakit ini akan sangat membahayakan nyawa seseorang jika tidak di berikan penanganan dengan cepat dan tepat.

Post by: jellygamatqnc.net

Categorised in:

No comment for Penyakit anemia, Penyebab, Gejala, Bahaya Dan Pengobatannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *