Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Artikel Kesehatan » 8 Gejala Dari Penyakit Paru Paru Basah

8 Gejala Dari Penyakit Paru Paru Basah

(406 Views) April 12, 2017 11:31 am | Published by | No comment

8 Gejala Dari Penyakit Paru Paru Basah,- Paru paru basah adalah istilah awam yang menggambarkan adanya penyakit atau masalah pada paru paru, dan menurut istilah kedokteran paru paru basah adalah pneumonia. Hal ini disebabkan adanya infeksi pada salah satu atau kedua paru paru. Infeksi dapat ditimbulkan oleh bakteri, jamur atau virus.

Gejala paru paru basah dimulai dari yang ringan hingga berat bahkan dapat mematikan juga ada. Biasanya, tingkat keparahan paru paru basah tergantung pada penyebab atau jenis organisme yang menimbulkan infeksi, kondisi kesehatan, serta usia penderita.

8 Gejala Dari Penyakit Paru Paru Basah

Pada umumnya, gejala paru paru basah akan timbul oleh bakteri yang berkembang dengan cepat, berikut gejalanya seperti:

  1. Demam dan menggigil.
  2. Nyeri otot.
  3. Sakit dada.
  4. Mual dan muntah.
  5. Batuk kering.
  6. Detak jantung yang cepat.
  7. Napas cepat.
  8. Kesulitan saat bernapas.

Berikut ini merupakan beberapa gejala paru paru basah yang mungkin menunjukan kondisi darurat yang membutuhkan tindakan medis, seperti:

  • Batuk berdahak yang disertai dengan darah.
  • Demam Tinggi.
  • Detak jantung tidak normal, terlalu cepat.
  • Sesak napas.
  • Mengalami perubahan pada kondisi warna kulit sehingga bisa menjadi kebiruan disebabkan karena kekurangan oksigen.

Jenis serta penyebab paru paru basah

Ada lima jenis utama paru paru basah, berikut berdasarkan pengelompokan penyebabnya:

  • Pneumonia Bakteri

Paru paru basah yang disebabkan bakteri bisa menyerang siapa saja baik tua maupun muda. Penyakit ini bisa timbul begitu saja atau terlebih dahulu diawali oleh penyakit flu yang serius. Pada umumnya, yang paling sering menyebabkan pneumonia bakteri adalah Streptococcus pneumoniae. Bakteri lain yang menyebabkannya juga bisa oleh Legionella pneumophila atau Chlamydophila pneumonia.

  • Mycoplasma Pneumonia

Mycoplasma bukan merupakan bakteri atau virus, namun organisme ini mempunyai tanda-tanda umum keduanya. Umumnya, mycoplasma dapat menyebabkan kasus paru paru basah yang ringan.

  • Pneumonia Virus

Sebagian besar kasus yang timbul akibat paru paru basah disebabkan oleh virus pernapasan. Biasanya, pneumonia jenis ini tidak menimbulkan hal yang serius dan berlangsung dalam jangka waktu yang tidak lama. Tetapi, virus flu juga bisa menyebabkan peradangan pada paru paru menjadi fatal. Hal ini tentu berbahaya, terlebih jika menyerang pada wanita hamil atau seseorang yang memiliki permasalahan pada paru paru atau jantungnya.

  • Jenis Paru Paru Basah Lainnya

Ada banyak jenis pneumonia lainnya yang dapat memengaruhi individu dengan sistem daya tahan yang lemah. PCP atau Pneumocystis carinii pneumonia dan TBC umumnya kerap kali menyerang orang dengan AIDS. Bahkan, PCP dapat merupakan salah satu ciri-ciri awal pada penyakit AIDS.

Pengobatan Paru Paru Basah

Jenis pengobatan yang diterapkan untuk mengobati paru paru basah bergantung pada jenisnya serta berat atau ringannya penyakit. Kebanyakan kasus, paru paru basah bisa diobati dengan perawatan di rumah.

Meskipun dapat melakukan perawatan di rumah dengan mengonsumsi obat yang telah diresepkan, tetap saja memerlukan pemeriksaan rongsen dada guna memastikan berhasil atau tidaknya pneumonia diobati.

  • Mengobati paru paru basah bakteri

Pengobatan paru paru basah yang disebabkan oleh bakteri dapat menggunakan antibiotik, obat ini harus di minum sesuai aturan dokter. Apabila pemakaian antibiotik dihentikan sebelum waktu yang telah ditentukan, maka paru paru basah dapat dengan mudah kambuh kembali. Jadi, harus tetap sabar, sebab kebanyakan orang akan berangsur membaik setelah satu hingga tiga hari pengobatan.

  • Mengobati paru paru basah virus

Antibiotik tidak akan berfungsi apabila virus yang menyebabkannya. Gunakan antivirus untuk membantu mengobati paru paru basah virus. Setelah melakukan pengobatan, gejala akan membaik. Biasanya setelah 1-3 minggu.

Itulah sedikit tentang 8 Gejala Dari Penyakit Paru Paru Basah. Sebetulnya penyakit ini dapat dicegah, salah satunya dengan menjalankan vaksinasi terhadap bakteri serta virus penyebab paru-paru basah dan terlebih terapkan gaya hidup sehat, salah satunya berhenti merokok. Sekian, semoga bermanfaat.

Categorised in:

No comment for 8 Gejala Dari Penyakit Paru Paru Basah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Via WhatsApp